Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Minuman Khas Jawa Barat yang Cocok Diseruput di Segala Suasana

List Artikel
9 Februari 2017 | 0 Komentar

Jawa Barat tak hanya terkenal akan makanan serta sambalnya yang khas loh guys, tapi juga minuman tradisionalnya yang sudah populer di seluruh Indonesia. Secara garis besar, minuman khas Jawa Barat terbagi menjadi dua yakni yang minuman yang dingin dan minuman yang hangat. Minuman dingin cocok diseruput saat siang hari yang terik sementara minuman hangat cocok diseruput saat malam hari untuk menghangatkan tubuh di tengah udara kota Bandung yang cukup dingin. Ingin kenalan lebih lanjut dengan minuman khas Jawa Barat ini? Cek listnya ya guys!

 

1. Es Goyobod


Sumber: pergikuliner.com

Es goyobod merupakan minuman es khas Jawa Barat yang biasa dijual di gerobak pedagang kaki lima pinggir jalan. Es goyobod terdiri dari goyobod yang terbuat dari tepung hunkwe yang memiliki tekstur kenyal dengan citarasa gurih karena dicampur dengan santan, gula pasir, dan kelapa muda. Selain goyobod, es ini ditambahkan potongan alpukat, kolang-kaling, dan tape singkong sehingga citarasanya jadi lebih mantap.

 

2. Es Oyen


Sumber: pergikuliner.com

Es oyen ini sudah ada di Jawa Barat sejak tahun 1954 dan masih ada hingga sekarang. Es oyen terdiri dari buah-buahan seperti jagung, alpukat, kelapa muda dan pacar cina dengan ditambahkan es serut dan susu kental manis agar citarasanya lebih manis lagi. Tak hanya di Jawa Barat, kamu juga bisa menemukan es oyen di beberapa kota besar di Indonesia seperti Jakarta.

 

3. Es Cendol


Sumber: pergikuliner.com

Siapa tak tahu es cendol khas Jawa Barat yang satu ini. Cendol terbuat dari tepung beras yang diberi pewarna alami yakni daun suji lalu dibentuk menggunakan cetakan khusus sehingga berbentuk butiran panjang. Es cendol disajikan dengan santan cair, potongan nangka, es serut, serta siraman saus gula merah.

 

4. Bajigur


Sumber: noble-house.tk

Jika ketiga minuman di atas cocok diseruput saat siang hari, maka bajigur sangat cocok diseruput saat malam hari untuk menghangatkan badan. Bajigur terbuat dari bahan utama gula merah aren dan santan lalu ditambahkan jahe, bubuk vanili, dan sedikit garam. Makanan yang paling cocok dihidangkan dengan bajigur adalah pisang rebus, ubi rebus, serta kacang rebus.

 

5. Bandrek


Sumber: flickr.com

Satu lagi minuman khas Jawa Barat yang cocok diseruput untuk menghangatkan badan, yakni bandrek. Bandrek terbuat dari aneka rempah-rempah seperti sereh, merica, pandan, jahe, dan gula merah. Buat penambah stamina tubuh, bandrek terkadang diberi telur ayam kampung mentah dan susu. 

Es Goyobod

Foto Es Goyobod

Pondol - Pondok Es Cendol

Foto Pondol - Pondok Es Cendol
Foto Pondol - Pondok Es Cendol

Pa Oyen

Foto Pa Oyen

Sinar Garut Sami Rasa

Foto Sinar Garut Sami Rasa

Pa Oyen 18 Sukajadi

Foto Pa Oyen 18 Sukajadi
Foto Pa Oyen 18 Sukajadi

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?