Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Minuman Khas Turki yang Cita Rasanya Unik dan Tak Terlupakan

List Artikel
16 Februari 2020 | 0 Komentar

Turki menjadi salah satu negara yang punya kuliner khas dengan citarasa yang unik. Hal ini dikarenakan Turki adalah negara yang punya perpaduan antara Timur Tengah dan Eropa. Tentu saja antara kuliner Timur Tengah dan Eropa punya ciri khas yang berbeda. Dengan memadukan keduanya, Turki menjadi punya kuliner yang sangat populer di dunia, dari segi tampilan maupun cita rasanya. Sebut saja beberapa kuliner terkenal asal Turki yang bernama baklava dengan adonan puff pastrynya, lalu ada pide yang merupakan pizza khas Turki dengan bentuk memanjang, kofte yang disajikan dengan salad, dan masih banyak lagi. Tapi perlu kamu ketahui kalau ternyata tak hanya makanannya saja yang punya citarasa unik dan lezat, ada minuman-minuman khas Turki yang juga punya cita rasa unik. Coba langsung kita lihat saja yuk minuman khas Turki yang ada di bawah ini!

 

1. Turkish Tea



Sumber : Clcworld.com


Minuman khas Turki yang pertama adalah Turkish tea alias teh Turki. Di negara asalnya, Turkish tea ini dijuluki dengan nama cay. Meski termasuk dalam minuman teh, Turkish tea ini memiliki cita rasa yang berbeda dibanding teh kebanyakan. Turkish tea punya rasa manis alami meski tidak kamu tambahkan gula di dalamnya. Teksturnya juga sangat pekat. Turkish tea dibuat dengan cara direbus dalam pot tanah liat yang autentik khas Turki. Inilah yang menjadikan cita rasa dan teksturnya berbeda.

 

2. Salgam



Sumber : Thespruceeats.com


Salgam merupakan minuman asal Turki yang punya cita rasa unik yakni perpaduan antara rasa asam dan pedas. Citarasa yang unik ini dihasilkan dari bahan-bahan yang juga tak biasa untuk dijadikan sebuah minuman. Bahan utama salgam adalah wortel yang sudah diasinkan dan dibuat pedas lalu ditambahkan lobak yang sudah difermentasikan dengan bulgur. Bulgur sendiri adalah gandum kering. Minuman ini punya kandungan vitamin C yang sangat tinggi.

 

3. Sahlep



Sumber : Grandturkishbazaar.com


Ada lagi minuman khas Turki yang cita rasanya juga unik karena dibuat dari bahan dasar tepung umbi-umbian sehingga tekstur minuman ini terbilang cukup kental. Ditambah lagi, sahlep sekarang sudah banyak yang dimodifikasikan dengan cokelat. Minuman ini termasuk dalam salah satu minuman klasik khas Turki karena sudah ada sejak jaman masa Kerajaan Ottoman dan paling sering disajikan dalam keadaan panas pada musim dingin karena bisa menghangatkan tubuh.

 

4. Ayran



Sumber : Tempo.co


Selanjutnya ada ayran yang merupakan minuman khas Turki yang juga terdapat di beberapa negara sekitaran Mediterania. Ayran adalah minuman yang dibuat dari bahan utama yoghurt yang dicampur dengan air dan garam. Cita rasanya sudah pasti asam dan asin. Ayran lebih banyak dijumpai pada saat musim panas karena selalu disajikan dalam keadaan dingin.

 

5. Boza



Sumber : Pinimg.com


Terakhir ada boza yang merupakan minuman hasil fermentasi khas Turki yang dibuat dari bahan utama gandum putih yang difermentasikan. Boza dihidangkan bersama dengan kayu manis dan kacang chickpea. Cita rasanya asam, manis dan ada sedikit rasa gurih dari penambahan kacang chickpea di atasnya. Berbeda dengan ayran, boza disajikan dalam keadaan hangat sehingga lebih sering dijumpai pada musim gugur dan musim dingin.


Itulah beberapa minuman khas Turki yang cita rasanya terbilang cukup unik. Dari kelimanya, kamu lebih ingin mencicip yang mana? Jika ingin mencicipi aneka minuman manis lainnya bisa tinggal datang aja ya ke salah satu tempat yang ada di bawah ini!

Yatta Coffee

Foto Yatta Coffee
Foto Yatta Coffee
Foto Yatta Coffee

Bach Vietnam's Favourite Coffee

Foto Bach Vietnam's Favourite Coffee
Foto Bach Vietnam's Favourite Coffee
Foto Bach Vietnam's Favourite Coffee

Kamu Tea

Foto Kamu Tea
Foto Kamu Tea
Foto Kamu Tea

Tea Station

Foto Tea Station
Foto Tea Station
Foto Tea Station

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?