Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Minuman Lezat Pengganti Kopi Selama Puasa Penderita Maag

List Artikel
14 Mei 2020 | 0 Komentar

Kopi menjadi salah satu minuman yang banyak digemari oleh banyak orang. Bukan hanya di Indonesia bahkan hingga penjuru dunia.  Karena rasanya yang enak, kopi memang bisa membuat siapapun yang meminumnya ketagihan. Bagi orang yang menderita penyakit maag, minum kopi selama berpuasa memang sangat tidak dianjurkan karena dikhawatirkan bisa meningkatkan asam lambung. Jika asam lambung sudah naik, perut akan menjadi begah dan kembung sehingga badan menjadi tidak enak selama berpuasa. Sebenarnya ada beberapa minuman lain yang bisa menggantikan fungsi kopi selama berpuasa, apa saja? Kita lihat di bawah ini yuk!


1. Matcha



Sumber : Pergikuliner.com


Pertama ada matcha yang merupakan teh hijau asal Jepang. Kenapa matcha bisa menggantikan fungsi kopi selama berpuasa? Matcha ternyata punya kandungan kafein di dalamnya, meski hanya sedikit. Kandungan kafein dalam matcha bisa membuat tubuh yang butuh kafein menjadi terobati. Selain ada kandungan kafeinnya, matcha juga punya kandungan antioksidan yang sangat tinggi sehingga bagus dikonsumsi saat puasa. Matcha bisa diminum dalam keadaan hangat atau dingin.


2. Cokelat Hangat



Sumber : Pergikuliner.com


Mengonsumsi cokelat hangat saat puasa juga bisa dijadikan opsi minuman pengganti kopi. Kebanyakan orang mengonsumsi kopi untuk menghilangkan rasa kantuk. Cokelat panas juga bisa memberikan efek menghilangkan rasa kantuk. Pasalnya dalam cokelat panas mengandung theobromine yang dapat meningkatkan energi dan juga vitamin B12 yang dapat membantu meningkatkan fungsi otak. Cokelat hangat akan terasa lebih nikmat jika dibuat kental.


3. Teh Hitam



Sumber : Pergikuliner.com


Selanjutnya ada teh hitam yang  juga bisa dijadikan sebagai minuman pengganti kopi selama berpuasa. Jika dibandingkan kedua minuman di atas, teh hitan punya kandungan kafein yang lebih tinggi. Tapi kalau dibandingkan dengan kopi jauh lebih rendah kafeinnya. Teh hitam bisa dinikmati dengan madu untuk mempermanis rasanya. Selain ada kandungan kafeinnya sehingga efeknya seperti minum kopi, teh hitam juga punya antioksidan tinggi.


4. Air Kelapa



Sumber : Pergikuliner.com


Air kelapa memang lebih sering dijumpai pada saat bulan Ramadhan karena cocok untuk dijadikan sebagai takjil berbuka. Air kelapa ternyata tak hanya cocok untuk takjil saja, tapi juga cocok untuk dijadikan sebagai pengganti kopi. Kopi diminum untuk membuat tubuh lebih segar dan terjaga. Air kelapa juga fungsi seperti itu sehingga cocok untuk dijadikan pengganti kopi. Jika bosan dengan air kelapa yang itu-itu saja, kamu bisa mengolahnya menjadi es teler, es buah, hingga es kelapa jeruk.


5. Jus Delima



Sumber : Fimela.com


Terakhir ada jus delima yang terdengar asing jika dijadikan sebagai minuman saat bulan Ramadhan. Jus delima adalah salah satu minuman pengganti kopi selama bulan puasa karena minuman ini aman bagi lambung. Jus delima dibuat dari buah delima sehingga kaya akan antioksidan serta berbagai nutrisi di dalamnya. Selain itu, jus delima juga bisa memberikan kamu efek semangat dan meningkatkan konsentrasi.

 

Itulah beberapa rekomendasi minuman lezat yang bisa menjadi pengganti kopi selama puasa Ramadhan. Dari kelimanya ini, kamu ingin minum yang mana nih saat buka puasa nanti?

Tropicale Juice Bar

Foto Tropicale Juice Bar
Foto Tropicale Juice Bar
Foto Tropicale Juice Bar

Lewis & Carroll Tea

Foto Lewis & Carroll Tea
Foto Lewis & Carroll Tea
Foto Lewis & Carroll Tea

Re.Juve

Foto Re.Juve
Foto Re.Juve
Foto Re.Juve

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?