Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Minuman Tradisional Indonesia yang Mendunia dan Menjadi Favorit Banyak Orang

List Artikel
18 Oktober 2016 | 1 Komentar

Indonesia memiliki ragam suku, budaya, serta kuliner. Keberagaman ini ternyata membuat Indonesia berbeda dari negara lain. Contohnya saja minuman, kita punya banyak minuman tradisional Indonesia yang disukai oleh wisatawan mancanegara sehingga kepopulerannya mendunia, mulai dari minuman hangat hingga dingin. Dari sekian banyak minuman tersebut, ada beberapa yang sangat terkenal di antaranya yaitu:



1. Cendol


Sumber: pergikuliner.com


Cendol menjadi minuman pertama yang sudah mendunia. Ternyata tak hanya di Indonesia, cendol juga dijual di beberapa negara Eropa. Pembuatan cendol tergolong cukup unik karena adonan tepung beras yang dicampur dengan sari pandan berwarna hijau dan dibentuk dengan alat khusus. Cendol yang berasal dari Bandung ini disajikan secara dingin bersama dengan es serut, gula merah cair, dan santan. Rasanya yaitu gurih dan manis.



2. Sekoteng



Sumber: pergikuliner.com


Sekoteng yang berasal dari Jawa Tengah ini bisa dijadikan dalam keadaan hangat dan dingin. Sekoteng adalah minuman yang terbuat dari jahe yang dicampur dengan kacang hijau, pacar cina, kacang tanah, serta potongan roti, serta susu kental manis. Minuman ini kaya akan rasa dan tekstur yang bercampur menjadi satu sehingga sangat disukai para turis.



3. Bir Pletok


Sumber: pergikuliner.com


Kalau minuman yang satu ini kamu pasti sudah tahu kan? Bir pletok yang berasal dari Jakarta ini memiliki pengaruh dari budaya Belanda pada zaman dahulu. Tidak sesuai namanya, bir pletok sama sekali tidak mengandung alkohol sedikitpun. Minuman ini terbuat dari aneka rempah-rempah yang direbus menjadi satu seperti jahe, kapulaga, sereh, kayu manis, kayu secang, serta gula.



4. Es Teler



Sumber: pergikuliner.com


Di luar negeri, es teler dijuluki sebagai 'koktail' ala Indonesia. Asal dari es teler sebenarnya masih menjadi perbincangan karena banyak yang berdebat es campur berasal dari Jawa Barat atau Jawa Timur. Es teler terdiri dari kelapa muda, alpukat, serta potongan nangka yang disiram dengan kuah santan dan susu kental manis. Dinamakan es teler karena minuman ini akan membuat kamu teler alias ketagihan.



5. Es Doger



Sumber: wikipedia.com


Meski berasal dari Cirebon, tapi minuman ini lebih banyak kamu temukan di Bandung, Jakarta, Surabaya, serta kota-kota besar di Indonesia. Nama es doger merupakan singkatan dari es dorong gerobak. Dalam satu porsinya, es doger terdiri dari susu, daging kelapa, tape, ketan hitam, alpukat, cincau, atau pacar cina. 


Sinar Garut Sami Rasa

Foto Sinar Garut Sami Rasa

Es Teler Sumatera Aho

Foto Es Teler Sumatera Aho

Pondol - Pondok Es Cendol

Foto Pondol - Pondok Es Cendol
Foto Pondol - Pondok Es Cendol

Es Teler Sari Mulia Asri

Foto Es Teler Sari Mulia Asri

Topik artikel ini:
1 Komentar
[ ... ]
Foto user umum
tyrtyyytytty
fdyvgbgd@gmail.com | 03 Nov 2018 pk. 03:39 PM

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?