Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Minuman yang Harus Dihindari Saat Berbuka Puasa

List Artikel
17 Mei 2020 | 0 Komentar
Bulan puasa telah tiba, biasanya ketika bulan puasa datang maka ada banyak sekali jajanan, makanan, serta minuman yang mulai bermunculan. Selama ini kita diharuskan berbuka dengan minuman yang manis, tapi ternyata tidak semua minuman bisa kamu konsumsi untuk berbuka puasa. Karena ketika berbuka, maka perut kamu masih dalam keadaan kosong sehingga menjadi lebih sensitif terhadap minuman atau makanan yang masuk. Supaya tidak salah minum, ada baiknya kamu menghindari beberapa minuman yang ada di bawah ini untuk berbuka puasa:

 

1. Minuman Bersoda


Sumber : Alodokter.com


Sepertinya kamu sudah tahu kalau minuman bersoda tidak disarankan untuk berbuka puasa. Hal ini dikarenakan minuman ini mengandung soda yang tidak bagus untuk tubuh dan juga bisa membuatmu merasa cepat haus. Ditambah lagi jika kamu memiliki penyakit asam lambung. Jika minuman bersoda diminum saat perut kosong, maka lambung akan terasa sangat perih dan akan mengakibatkan perut kembung.

 

2. Susu Full Cream



Sumber : Fimela.com


Susu merupakan minuman yang menyehatkan. Tapi jika kamu konsumsi untuk berbuka puasa, maka susu tidak lagi menjadi minuman menyehatkan. Susu yang diminum oleh orang yang berpuasa bisa menyebabkan kamu mual, karena kondisi perut sedang kosong. Jika ingin minum susu, waktu yang paling tepat adalah meminumnya setelah shalat tarawih atau sekitar jam 20.00 sampai 21.00. Dengan begitu perut sudah terisi oleh makanan.

 

3. Kopi


Sumber : Pergikuliner.com


Minuman selanjutnya adalah kopi. Kopi memiliki kandungan kafein yang cukup tinggi sehingga jika diminum untuk berbuka puasa maka lambung akan terasa nyeri dan kembung karena perut dalam keadaan kosong. Ditambah lagi, kopi justru bisa membuat kamu merasa lebih lapar. Sama seperti susu, lebih baik kopi diminum setelah shalat tarawih. Kamu bisa mencampur minuman kopi dengan es batu atau susu suapaya rasanya lebih segar dan kaya.
 

4. Teh Panas


Sumber: Pergikuliner.com


Ada banyak sekali orang yang berbuka puasa dengan teh manis. Baik itu dalam keadaan dingin maupun panas. Teh juga memiliki kandungan kafein, meski tidak setinggi kopi. Tapi tetap saja teh tidak dianjurkan untuk berbuka puasa. Terutama teh yang terlalu panas atau teh yang terlalu dingin. Pasalnya, lambung akan terkejut oleh suhu yang terlalu dingin atau terlalu panas sehingga bisa membuat perut bermasalah.

 

5. Yoghurt


Sumber : Pergikuliner.com


Terakhir ada yoghurt yang merupakan minuman fermentasi dari susu. Berhubung masih termasuk olahan susu, maka sudah pasti yoghurt tidak disarankan untuk berbuka puasa karena meskipun menyegarkan, yoghurt justru bisa membuat perut menjadi mual, ditambah lagi cita rasa yoghurt yang asam bisa membuat perut kosong kamu menjadi perih. Jika ingin menyantap yoghurt, kamu bisa memilih dua waktu ini, yaitu setelah shalat tarawih dan sebelum sahur.

Nah, itulah beberapa minuman yang sebaiknya dihindari saat berbuka puasa, sekarang kamu sudah tahu kan? Jika perutmu sudah terisi makanan, barulah kamu bisa menikmati aneka minuman tersebut. Dan sebagai pengganti minuman-minuman di atas, bagaimana kalau kamu memilih minuman-minuman sehat di bawah ini sebagai menu buka puasa kamu?

Tropicale Juice Bar

Foto Tropicale Juice Bar
Foto Tropicale Juice Bar
Foto Tropicale Juice Bar

PUSH Juice

Foto PUSH Juice
Foto PUSH Juice
Foto PUSH Juice

SUMOO Milk Bar

Foto SUMOO Milk Bar
Foto SUMOO Milk Bar
Foto SUMOO Milk Bar

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?