Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Mitos Tentang Makanan Beku, Jangan Langsung Percaya Dulu!

List Artikel
22 Maret 2019 | 0 Komentar
Membekukan makanan menjadi salah satu cara yang dilakukan orang untuk mengawetkan makanan. Biasanya makanan yang diawetkan bisa bertahan selama berminggu-minggu hingga berbulan-bulan lamanya. Makanan yang diawetkan bisa berupa sayuran dan buah-buahan. Namun di balik manfaat dari metode membekukan makanan ini, ternyata beredar banyak mitos mengenai makanan beku. Daripada kita menduga-duga terus, lebih baik kamu mengetahui kebenarannya di bawah ini!


 Sumber : Economictimes.indiatimes.com

1. Makanan Beku Kurang Sehat
Mitos pertama yang paling banyak dibicarakan oleh masyarakat tentang makanan beku adalah tidak sehat dan tidak baik untuk tubuh. Anggapan tersebut sebenarnya tidak benar karena proses pembekuan pada makanan justru bisa membuat nutrisi dan gizi bisa lebih terjaga daripada makanan yang tidak dibekukan. Tapi anggapan makanan beku kurang sehat dikarenakan kebanyakan makanan beku adalah makanan olahan seperti bakso, sosis, hingga nugget. Sebenarnya jika makanan beku tersebut adalah jenis sayuran dan buah-buahan, maka nilai gizinya sudah pasti lebih terjamin.
 
2. Makanan Beku Tinggi Kadar Garam
Mitos kedua tentang makanan beku adalah tingginya kadar garam yang dimiliki. Kalau mitos yang satu ini memang benar adanya karena jika dilihat dari segi ilmiah, makanan yang dibekukan biasanya ditambahkan garam di dalamnya. Hal ini membuat molekul air menjadi hilang dan makanan tidak mudah teroksidasi. Tapi tidak semua makanan yang dibekukan mengandung garam yang tinggi. Biasanya hanya jenis ikan serta makanan laut saja yang diberi tambahan garam saat dibekukan.
 
3. Makanan Beku Bisa Cair dengan Disiram Air Panas
Ada anggapan kalau makanan beku bisa dengan mudah cair jika dituang atau disiram dengan air panas. Hal ini kebanyakan dilakukan orang-orang yang tidak sabar menunggu makanan beku mencair. Sebenarnya hal ini tidak boleh kamu lakukan karena menyiram air panas pada makanan beku bisa menjadikan makanan tersebut tidak bisa matang seutuhnya dan terjadi kerusakan pada tekstur makanan. Lebih baik jika kamu ingin mencairkan makanan beku, pindahkan dulu pada freezer ke bagian lemari es semalam sebelumnya supaya suhu makanan beku bisa menurun perlahan.
 
4. Makanan Beku yang Dibeli Harus Segera Dimasukkan dalam Freezer
Siapa di antara kamu yang membeli makanan beku kemudian langsung dimasukkan ke dalam freezer setelah sampai di rumah? Kita cenderung memiliki kebiasaan tersebut dan menganggap kalau makanan beku yang tidak segera dimasukkan ke dalam freezer bisa cepat basi. Sebaiknya kamu mengeluarkan makanan beku yang dibeli terlebih dahulu dan mengganti kemasannya karena kemasan yang ada di supermarket biasanya menyisakan udara yang membuat kualitas makanan menurun.
 
5. Makanan Beku Punya Masa Kadaluarsa
Ketika membeli makanan beku, kita pasti akan menemukan tanggal kadaluarsa yang ada pada kemasannya. Tapi kamu tak perlu khawatir karena makanan beku yang sudah memasuki masa kadaluarsa masih tetap bisa dikonsumsi. Pasalnya dalam makanan beku, bakteri tidak akan berkembang dan meningkat jika disimpan dalam freezer. Tapi bukan berarti kamu bisa menyimpannya hingga bertahun-tahun ya! Meski tidak basi, tapi tekstur dan citarasa makanan pasti akan mengalami penurunan.

Nah, itu dia kelima mitos tentang makanan beku. Semoga setelah membaca artikel ini, kamu tidak keliru lagi ya! Bagi kamu penggemar makanan beku namun terlalu malas untuk memasak dan mengolahnya sendiri, kamu bisa langsung datang saja ya ke salah satu tempat makan di bawah ini!

Bakso Mas Kumis

Foto Bakso Mas Kumis
Foto Bakso Mas Kumis
Foto Bakso Mas Kumis

Spice Bakso Ikan

Foto Spice Bakso Ikan
Foto Spice Bakso Ikan
Foto Spice Bakso Ikan

Bakso Aan

Foto Bakso Aan
Foto Bakso Aan
Foto Bakso Aan

Paulaner Brauhaus

Foto Paulaner Brauhaus
Foto Paulaner Brauhaus

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?