Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Nasi Campur Indonesia yang Rasanya Tradisional Banget

List Artikel
21 September 2016 | 0 Komentar

Nasi adalah makanan pokok masyarakat Indonesia. Belum kenyang namanya, jika belum menyantap nasi, istilah tersebut sudah sering dikatakan masyarakat Indonesia. Sebagian besar dari kamu tentunya sudah pernah menyantap nasi campur bukan? Nasi campur adalah kuliner yang bisa ditemui hampir di setiap daerah di Indonesia. Dinamakan nasi campur karena penyajiannya yang memiliki aneka jenis lauk pauk campur. Buat kamu yang penasaran dengan nasi campur, berikut ada lima nasi campur Indonesia yang rasanya tradisional banget. Yuk, simak ulasannya di bawah ini:


 

1. Nasi Jamblang


Sumber: hagemman.files.wordpress.com


Nasi jamblang merupakan kuliner khas Cirebon yang sudah ada sejak tahun 1970-an. Nasi jamblang disajikan dengan berbagai macam pilihan lauk seperti, sambal goreng, tempe, ikan asin, limpa, perkedel, sate kentang, sate telur, telur dadar, tahu, daging, semur hati, dan lainnya. Yang membuat nasi jamblang ini berbeda dengan nasi campur lainnya adalah penyajian yang menggunakan daun jati sebagai alas sehingga aromanya menjadi berbeda.

 


2. Nasi Ulam



Sumber: pergikuliner.com


Nasi ulam berasal dari Betawi. Menurut sejarah, nasi ulam sudah ada sejak tahun 1960-an. Nasi ulam terbuat dari nasi yang dicampur dengan rempah-rempah dan disajikan dengan aneka macam lauk. Jenis tambahan lauk yang biasanya digunakan adalah bihun goreng, dendeng sapi, telur dadar, perkedel, mentimun, dan daun kemangi. Nasi ulam terdiri dari dua jenis, yakni yang berkuah dan tak berkuah.



3. Nasi Bogana


Sumber: pergikuliner.com


Nasi bogana berasal dari Tegal, Jawa Timur. Nasi bogana yang memiliki nama lain nasi begana ini merupakan nasi bungkus campur yang disajikan dengan aneka macam lauk pauk. Ada lima lauk utama yang wajib ada pada nasi bogana, yakni opor ayam suwir, orek tempe, sambal goreng ati, tumis kacang panjang, dan telur rebus pindang. Perpaduan lima lauk tersebut membuat nasi bogana kaya akan rasa dan tekstur.



4. Nasi Liwet


Sumber: pergikuliner.com


Nasi liwet khas Solo, Jawa Tengah ini tak perlu diragukan lagi ketenarannya. Nasi liwet mempunyai rasa gurih karena dimasak dengan santan kelapa. Nasi liwet disajikan dengan aneka lauk seperti sayur labu siam, suwiran ayam, opor telur, serta areh alias semacam bubur gurih yang kental dari kelapa. Nasi liwet di daerah Solo dijual secara keliling dengan menggunakan bakul bambu yang mirip tukang jamu.



5. Nasi Gudeg


Sumber: pergikuliner.com


Pergi ke Jogja, tak lengkap jika tidak menyantap nasi gudeg yang menjadi ciri khas kota Jogja. Nasi gudeg merupakan ragam nasi campur yang rasanya manis pedas. Rasa manis didapatkan dari olahan gudeg nangka dan telur sementara rasa pedasnya didapat dari sambal goreng krecek. Selain kedua lauk tersebut masih ada tambahan ayam kampung goreng dan tahu tempe. 


Remboelan

Foto Remboelan
Foto Remboelan
Foto Remboelan

Dapur Solo

Foto Dapur Solo
Foto Dapur Solo
Foto Dapur Solo

Omah Sendok

Foto Omah Sendok
Foto Omah Sendok
Foto Omah Sendok

Bunga Rampai

Foto Bunga Rampai
Foto Bunga Rampai
Foto Bunga Rampai

Seribu Rasa

Foto Seribu Rasa

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?