Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Negara dengan Kebiasaan Makan Sehat

List Artikel
10 Agustus 2018 | 0 Komentar

Pola hidup sehat saat ini memang sedang marak dibicarakan oleh masyarakat Indonesia. Pasalnya tingginya kadar stress, baik itu karena pekerjaan maupun karena urusan lainnya. Pola hidup sehat tak hanya dilakukan dengan rutin berolahraga setiap harinya, tapi juga dengan kebiasaan makan sehat karena makanan yang kita makan pasti akan mempengaruhi kesehatan kita di kemudian hari. Seperti yang kamu ketahui, ada beberapa negara yang memiliki pola makan sehat sehingga kebanyakan masyarakatnya memiliki umur yang cukup panjang dibanding negara-negara lainnya. Nah, kamu bisa mencontoh negara-negara di bawah ini yang punya kebiasaan makan sehat. Yuk, kita lihat bersama!


1. Jepang


Sumber : Pergikuliner.com


Masyarakat Jepang dikenal memiliki umur yang cukup panjang. Rata-rata masyarakatnya memiliki umur hingga 90 tahun, bahkan ada juga yang berusia 100 tahun. Masyarakat Jepang rata-rata menganut prinsip "hara hachi bunme" yang memiliki arti berhenti makan sebelum kenyang. Inilah yang membuat masyarakat Jepang jarang yang menderita obesitas. Ditambah lagi, masyarakat Jepang terbiasa menyajikan makanan di piring-piring kecil dalam porsi yang juga sedikit sehingga menimbulkan kebiasaan untuk makan lebih sedikit. Meski disajikan dalam porsi yang sedikit, tapi isi dari makanan mereka sangat kaya gizi seperti harus ada sayuran dan juga ikan segar dalam setiap sajian makan. Kebiasaan makan sehat ala orang Jepang bisa kamu lihat di restoran Jepang yang menyajikan sushi. Pasti porsinya sedikit kan?


2. Korea Selatan


Sumber : Pergikuliner.com


Kalau negara yang mendapat julukan sebagai Negeri Ginseng ini memang tak perlu kamu pertanyakan lagi kebiasaan makannya karena kebanyakan makanan Korea diolah dengan cara dikukus, direbus, dibakar, dan ditumis. Mereka jarang sekali menggoreng makanan. Jika menggoreng makanan, mereka akan menggunakan minyak wijen atau minyak canola yang sehat. Masyarakat Korea juga gemar menyantap kimchi yang merupakan kuliner fermentasi yang bagus untuk pencernaan dan metabolisme tubuh. Kimchi yang terbuat dari sayuran ini memiliki banyak jenisnya dan tak pernah absen di atas meja makan. Kalau kamu pergi ke restoran Korea autentik di Jakarta, pasti kamu akan menemukan menu yang disajikan secara direbus atau dikukus lebih banyak dibandingkan dengan digoreng. Contoh sup tahu atau sup kimchi.

 

3. China


Sumber : Pergikuliner.com


Masih di kawasan Asia Timur, China juga termasuk negara yang memiliki kebiasaan makan sehat. Pasalnya, mereka sangat sering menggunakan sayuran dan juga tahu yang berbahan dasar kedelai. Makanan-makanannya pun dimasak dengan bumbu utama bawang putih yang bisa mengontrol kadar gula dalam darah, mencegah penyumbatan darah, hingga mencegah hipertensi. Selain itu, masyarakat China juga lebih sering mengukus makanan dan cemilan mereka. Kamu bisa melihatnya dari kuliner khas China yang terkenal seperti bakpau, dimsum, hingga ikan kukus.

 

4. Perancis


Sumber : Pergikuliner.com


Beralih ke negara Eropa. Ada Perancis yang ternyata juga memiliki kebiasaan makan sehat yang patut kamu tiru. Meski terkenal akan dessert manis dan pastrynya yang sangat menggoda, negara ini memiliki kebiasaan mengunyah makanan dengan perlahan. Mereka tidak akan terburu-buru ketika sedang menyantap makanan. Rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk makan adalah sekitar 20-30 menit. Dengan makan secara pelan, pencernaan bisa mencerna dengan baik makanan yang masuk dan bisa diserap dengan baik oleh tubuh. Selain itu, otak bisa mengirimkan sinyal kenyang yang lebih mudah agar tidak makan terlalu banyak.


5. Yunani


Sumber : Kawaiibeautyjapan.com


Terakhir adalah negara Yunani yang terkenal akan diet mediteranianya. Masyarakat Yunani diketahui sangat suka menyantap buah, sayuran, biji-bijian, dan juga yoghurt yang sangat bagus untuk pencernaan. Dalam satu hari, konsumsi sayuran bisa mencapai tiga kali, baik itu diolah menjadi salad, atau diolah dengan minyak zaitun. Ketika kamu memesan kopi atau dessert manis, mereka pasti akan memberikan segelas air putih yang berguna untuk mencegah konsumsi makanan manis yang berlebihan. Ada lagi nih yang unik dari kebiasaan makan masyarakat Yunani, yakni mereka kerap kali menambahkan perasan jeruk lemon saat menyantap makanan gurih apapun, baik itu dalam olahan sayuran atau daging. Lemon berfungsi untuk menambah vitamin C yang bagus untuk kulit dan kekebalan tubuh.


Gimana teman PergiKuliner? Sudah tau kan rahasia kebiasaan makan sehat dari kelima negara di atas? Kalau kamu kepingin mengikuti jejak makan sehat ala kelima negara tersebut, kamu bisa kunjungi beberapa restoran di bawah ini!

Sushi Hiro

Foto Sushi Hiro
Foto Sushi Hiro
Foto Sushi Hiro

WAKI Japanese BBQ Dining

Foto WAKI Japanese BBQ Dining
Foto WAKI Japanese BBQ Dining
Foto WAKI Japanese BBQ Dining

Imperial Kitchen & Dimsum

Foto Imperial Kitchen & Dimsum
Foto Imperial Kitchen & Dimsum
Foto Imperial Kitchen & Dimsum

Masizzim

Foto Masizzim
Foto Masizzim
Foto Masizzim

Fedwell

Foto Fedwell
Foto Fedwell
Foto Fedwell

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?