Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Negara Ini Juga Punya Olahan Sop Buntut yang Enak

List Artikel
2 November 2018 | 0 Komentar

Sop buntut merupakan masakan khas Indonesia yang berbahan dasar buntut sapi. Rasanya sangat gurih karena bagian buntut sapi ini bisa menciptakan kuah yang lezat. Daging yang terdapat pada sop buntut ini terasa sangat lumer di mulut ketika kamu lepas dari tulangnya. Tak heran kalau sop buntut bisa membuat banyak orang tergila-gila karena kelezatannya. Tapi tahukah kamu kalau ternyata kuliner sop buntut tidak hanya ada di Indonesia, tapi juga ada di lima negara ini. Coba lihat yuk!


1. Kkori Gomtang dari Korea Selatan



Sumber : Fromkoreawithlove.wordpress.com


Kkori gomtang merupakan sop buntut ala Korea Selatan yang memiliki kuah bening berwarna putih. Meski kuahnya bening, tapi cita rasa yang dihasilkan sangat lezat karena buntut dimasak dalam jangka waktu yang sangat lama. Bahan-bahan tambahan yang dimasukkan ke dalam kkori gomtang adalah lobak, bawang daun, lada hitam, dan bawang putih.


2. Niu Wei Tang dari China



Sumber : Omnivorescookbook.com


Jika dilihat sekilas, sop buntut dari China ini memang mirip dengan sop buntut ala Indonesia. Hal ini dikarenakan isian sayuran yang digunakan sama dengan sop buntut Indonesia, yakni menggunakan wortel, kentang, kubis, tomat, serta jamur. Sop buntut dari China memiliki nama niu wei tang. Di negara asalnya niu wei tang paling diburu ketika sedang terserang flu atau sedang dalam tahapan masa penyembuhan.


3. Pho Duoi Bo dari Vietnam



Sumber : Angsarap.net


Sudah bukan rahasia lagi kalau Vietnam terkenal akan kuliner phonya yang memiliki cita rasa gurih dan menyegarkan. Pho memiliki beragam jenis, mulai dari yang berisi irisan daging sapi atau pho bo dan ada juga yang berisi buntut sapi atau yang dikenal dengan nama pho duoi bo. Kuahnya yang dimasak dalam waktu yang lama membuat pho duoi bo memiliki cita rasa yang sangat gurih.


4. Kare-kare dari Filipina



Sumber : Kawalingpinoy.com


Mendengar namanya pasti yang terbayang olehmu adalah kare khas Jepang atau kare asal India. Kamu salah teman PergiKuliner karena kare-kare yang berasal dari Filipina merupakan kuliner sop buntut khas Filipina. Kare-kare ini memiliki kuah kaldu yang kecoklatan mirip gulai karena menggunakan kacang tanah. Selain buntut sapi, ada bahan-bahan tambahan lainnya seperti kubis, terong, okra, asparagus, dan lain sebagainya.


5. Jamaica Oxtail Stew dari Jamaika



Sumber : Foodsogoodmall.com


Bagi masyarakat Jamaika, buntut sapi termasuk bahan makanan yang banyak dikonsumsi. Oleh karena itu, olahannya juga beragam jenisnya. Salah satu olahan buntut sapi khas Jamaika adalah Jamaica oxtail stew yang sangat mirip dengan sop buntut Indonesia, tetapi memiliki cita rasa yang berbeda karena ada penambahan kacang-kacangan dan labu kuning di dalamnya.

 

Nah itu dia sop buntut khas negara-negara lainnya. Lezat-lezat bukan? Kalau kamu jadi ingin makan sop buntut juga, apalagi cuaca yang lagi mendukung banget, kamu bisa langsung datengin beberapa tempat makannya di bawah ini!

Rice Walk

Foto Rice Walk

Chop Buntut Cak Yo

Foto Chop Buntut Cak Yo
Foto Chop Buntut Cak Yo
Foto Chop Buntut Cak Yo

Dapur Solo

Foto Dapur Solo

Lurik Coffee & Kitchen

Foto Lurik Coffee & Kitchen

Omah Sendok

Foto Omah Sendok
Foto Omah Sendok

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?