Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Negara yang Punya Tradisi Minum Teh Selain Jepang

List Artikel
20 Maret 2019 | 0 Komentar
Teh sudah menjadi minuman yang ada sejak zaman dulu dan masih digemari hingga sekarang. Teh dibuat dari daun tanaman Camillia Sinensis yang dikeringkan lalu diseduh dengan menggunakan air panas. Keberadaan teh yang masih bertahan hingga saat ini tak lepas dari masyarakat yang terus melestarikan minuman ini sehingga tidak punah. Di Jepang, teh sudah menjadi kebudayaan. Bahkan sampai ada tradisi minum teh yang digelar rutin setiap tahunnya. Teh yang digunakan di Jepang kebanyakan adalah jenis teh hijau yang proses pengeringan daunnya belum maksimal sehingga warna seduhannya menjadi hijau cenderung kekuningan. Tapi tahukah kamu kalau ternyata tidak hanya Jepang saja yang punya tradisi minum teh, ada lima negara yang punya tradisi minum paling terkenal di dunia, yaitu:

Sumber : Pergikuliner.com 

1. Inggris
Negara yang juga memiliki tradisi minum teh paling terkenal di dunia selain Jepang sudah pasti negara Inggris. Tradisi minum teh di Inggris dipercaya sudah ada sejak tahun 1840 dan masih terus dilakukan hingga sekarang. Pada saat itu jam makan siang di Inggris jatuh pada tengah hari sehingga jam makan malamnya bisa dimulai pada pukul 20.00. Supaya perut tidak terlalu lapar, maka diadakanlah acara minum teh di sore hari yang diselingi dengan makanan ringan seperti kue kering atau sandwich.

2. China

Negara China juga sangat terkenal akan tradisi minum tehnya. Teh dipercaya pertama kali ada sejak 5000 tahun yang lalu yakni pada saat zaman Kaisar Shen Nong. Penemuan minuman teh ini tidak disengaja karena pada saat kaisar sedang merebus air, ada beberapa daun kering yang jatuh ke dalam rebusannya dan pada saat diminum, rasanya sangat lezat sekali. Jika kamu berkunjung ke China, jangan sampai lupa datang ke museum teh yang ada di Hangzhou ya.

3. Maroko
Maroko bisa dikatakan memiliki kebiasaan yang hampir mirip dengan masyarakat Indonesia karena selalu menghidangkan minuman teh kepada tamunya yang datang ke rumah. Hanya saja teh yang dihidangkan bukanlah teh melati seperti yang ada di Indonesia tetapi teh hijau yang diberi daun mint dan gula sehingga cita rasanya manis dan segar. Tradisi minum teh di Maroko terlihat unik dari segi penyajiannya karena teh dituang dari atas seperti layaknya teh tarik.

4. Rusia
Rusia juga punya tradisi minum teh sendiri yang selalu dihidangkan kepada para tamunya. Masyarakat Rusia menyediakan teh dalam keadaan panas karena udara yang ada di sana sangat dingin sehingga meminum secangkir teh panas bisa menghangatkan tubuh mereka. Tradisi minum teh di Rusia dipercaya sudah ada sejak tahun 1880 dan teh seduhannya cenderung memiliki warna yang agak pekat. Biasanya teh di Rusia disajikan bersama dengan cemilan kue.

5. India

Terakhir ada tradisi minum teh dari India. Selain China, India dikenal sebagai pemasok teh terbesar di dunia. Teh India yang dikenal dengan nama chai memiliki cita rasa yang cukup kuat karena termasuk jenis teh hitam. Chai tidak hanya memiliki rasa teh yang kuat tapi juga aroma dan rasa rempah yang kuat karena di dalamnya ada bahan tambahan lainnya seperti kayu manis, jahe, pala, cengkeh, kapulaga dan lada. Jika kamu ke India, jangan lupa untuk mampir ke kota Munnar karena ada museum teh di sana.

Setelah mengetahui berbagai negara yang punya tradisi minum teh seperti di atas, apakah kamu jadi ingin menyeruput secangkir teh juga? Jika iya, kamu bisa langsung kunjungi beberapa tempat minum teh yang ada di bawah ini ya!

Lewis & Carroll Tea

Foto Lewis & Carroll Tea
Foto Lewis & Carroll Tea
Foto Lewis & Carroll Tea

TWG Tea Salon & Boutique

Foto TWG Tea Salon & Boutique
Foto TWG Tea Salon & Boutique

Peacock Lounge - Fairmont Jakarta

Foto Peacock Lounge - Fairmont Jakarta
Foto Peacock Lounge - Fairmont Jakarta
Foto Peacock Lounge - Fairmont Jakarta

Pantjoran Tea House

Foto Pantjoran Tea House

Tea Et Al

Foto Tea Et Al

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?