Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Olahan Ampela Ayam dari Seluruh Dunia

List Artikel
25 Oktober 2020 | 0 Komentar

Jeroan menjadi salah satu bagian ayam yang sangat kontroversial karena beberapa orang ada yang suka dan ada juga yang tidak menyukainya. Ada beberapa jenis jeroan ayam dan ampela ayam merupakan salah satunya. Ampela ayam memiliki tekstur yang kenyal saat sudah dimasak. Untuk memasak ampela ayam ini, kamu harus membersihkannya hingga bersih karena jika tidak, maka rasanya jadi agak pahit dan baunya anyir. Di Indonesia, ampela ayam bisa dimasak menjadi beragam olahan, mulai dari dijadikan sebagai sate untuk makanan pendamping bubur ayam hingga diolah bersama dengan ati ayam menjadi sambal goreng ati ampela. Tapi tahukah kamu kalau ternyata olahan ampela ayam tak hanya ada di Indonesia? Rupanya beberapa negara di dunia juga punya olahan ampela ayam yang tidak kalah lezatnya dengan olahan ati ampela khas Indonesia. Dari mana saja dan apa saja olahan ampela ayam di dunia? Cek ulasannya di bawah ini!

 

1. Sunagimo Yakitori dari Jepang



Sumber: Tokyo-memories.com


Olahan ampela ayam dari seluruh dunia yang pertama adalah sunagimo yakitori dari Jepang. Sunagimo yakitori adalah sate ampela ayam yang biasanya seringkali disantap sebagai camilan maupun teman minum sake atau bir. Untuk membuatnya sangat mudah, setelah ampela ayam dicuci hingga bersih, kamu cukup membumbuinya dengan kecap asin atau garam saja kemudian membakarnya hingga matang.Citarasanya tidak terlalu berbumbu karena akan disantap dengan bir atau sake.


2. Ddaktongjib Bbokeum dari Korea



Sumber: Pinimg.com


Ddaktongjib bbokeum adalah olahan ampela ayam yang asalnya dari Korea Selatan, khususnya dari kota Daegu. Ddaktongjib bbokeum ini dibuat dari bahan dasar ampela ayam yang direbus bersama dengan rempah terlebih dahulu hingga aromanya wangi lalu setelah matang diiris-iris dan ditumis bersama dengan bawang bombay, daun bawang, bawang putih, cabai, minyak wijen, dan kecap asin. Sama seperti sunagimo yakitori, ddaktongjib bbokeum ini juga seringkali disantap sebagai teman minum bir atau soju.


3. Southern Fried Gizzard dari Amerika



 Sumber: Twoandknife.wordpress.com


Dari negara Asia, kita beralih ke Amerika. Ternyata di Amerika ini ada olahan ampela ayam yang punya cita rasa lezat. Jika melihat dari tampilannya sekilas, kamu pasti tak akan menyangka kalau kuliner ini dibuat dari ampela ayam. Southern fried gizzard atau ampela ayam goreng merupakan olahan jeroan krispi asal Amerika yang pastinya punya tekstur sangat garing dan renyah di luar tapi punya tekstur kenyal di bagian dalamnya. Untuk membuatnya, caranya tak jauh berbeda dengan cara membuat fried chicken biasa.


4. Gizdodo dari Nigeria



Sumber: Nosakfamili.com


Buat yang suka kuliner pedas, kamu bisa mencoba gizdodo yang asalnya dari Nigeria. Gizdodo adalah olahan ampela ayam dengan cita rasa pedas sehingga cocok disantap dengan nasi putih hangat. Untuk membuatnya, kamu harus membersihkan ampela ayam lalu memasaknya bersama dengan tomat, paprika, bubuk kari, bawang bombay, thyme, serta aneka rempah lainnya. Selain ampela ayam, di dalamnya juga terdapat isian lainnya seperti pisang.


5. Pangra Fry dari Nepal



Sumber: Instagram.comfoods.nepal


Terakhir ada pangra fry yang menjadi olahan ampela ayam dari Nepal. Saat kamu melihatnya sekilas, pangra fry ini mirip sekali dengan sambal goreng ati ampela karena memiliki warna yang orange kemerahan dengan tampilan yang sangat berempah. Pangra fry dibuat dari ampela ayam yang dimasak dengan bawang bombay, bawang putih, jinten, ketumbar, jahe, kunyit, cabai, dan aneka rempah lainnya. Cita rasa makanan satu ini agak pedas dengan aroma rempah yang sangat kuat.

 

Itulah beberapa olahan ampela ayam dari seluruh dunia yang bisa kamu konsumsi. Tentunya masih ada banyak lagi olahan ampela ayam di negara-negara lainnya. Buat kamu sendiri, lebih enak olahan ampela ayam dari seluruh dunia yang ada di atas atau masih enak olahan sambal goreng ati ampela punya Indonesia?
Selagi kamu baca artikel di atas, kamu juga bisa nih makan aneka makanan yang nggak kalah lezatnya di tempat-tempat rekomendasi Pergikuliner di bawah ini!

Sate Khas Senayan

Foto Sate Khas Senayan
Foto Sate Khas Senayan
Foto Sate Khas Senayan

Warung Korea Pop

Foto Warung Korea Pop
Foto Warung Korea Pop
Foto Warung Korea Pop

Goobne Chicken

Foto Goobne Chicken
Foto Goobne Chicken
Foto Goobne Chicken

Tori Yo

Foto Tori Yo
Foto Tori Yo
Foto Tori Yo

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?