Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Olahan Ayam yang Jadi Favorit di Restoran Padang

List Artikel
6 Agustus 2022 | 0 Komentar

Olahan ayam menjadi salah satu pilihan lauk yang paling banyak dipesan saat makan di restoran Padang. Pasalnya, ada banyak olahan ayam yang bisa kamu pilih sehingga tidak membuat kita merasa cepat bosan. Selain itu, harga olahan ayam juga terbilang lebih murah jika dibandingkan dengan olahan daging sapi di restoran Padang seperti dendeng balado atau gulai cincang daging sapi. Nasi Padang sendiri adalah sebutan untuk kuliner Padang yang menyajikan nasi beserta dengan aneka lauk pauknya. Selain lauk pauk berupa daging ayam, biasanya nasi Padang ini akan diberi siraman kuah santan, daun singkong yang direbus, sayur nangka, serta sambal cabe hijau. Dari sekian banyaknya olahan ayam yang ada di restoran Padang, ada lima yang menjadi favorit dan paling banyak dipesan, yaitu:

 

1. Ayam Pop



Sumber: Kompas.com


Olahan ayam yang pertama adalah ayam pop. Ayam pop sebenarnya tidak memiliki tampilan yang menarik jika dibandingkan olahan ayam lainnya. Ayam ini memiliki tampilan warna putih pucat sehingga seringkali dijuluki dengan nama ayam putih. Tapi untuk rasanya, ayam pop ini punya rasa gurih asin yang sangat menggoda. Pasalnya ayam pop dimasak dengan menggunakan air kelapa asli dan tambahan aneka bumbu rempah lainnya. Untuk proses memasaknya juga terbilang cukup lama karena ayam akan dimasak hingga tekstur dagingnya empuk. Tidak semua restoran Padang menyajikan ayam pop. Hanya restoran Padang asli saja yang menyajikannya.

 

2. Ayam Gulai



Sumber: Kompas.com


Selain ayam pop, ada ayam gulai yang juga menjadi favorit para pelanggan di restoran Padang. Ayam gulai merupakan ayam yang dimasak dengan bumbu gulai sehingga rasanya menjadi lebih creamy dengan aroma rempah yang cukup kuat. Gulai ayam di restoran Padang cenderung memiliki tampilan warna yang orange kemerahan. Untuk rasanya sendiri, ayam gulai terbilang sedikit pedas sehingga cocok untuk dijadikan sebagai lauk pada nasi Padang.

 

3. Ayam Bakar Padang



Sumber: Resepkekinian.com


Olahan ayam yang laris manis di restoran Padang adalah ayam bakar Padang. Ayam bakar Padang memiliki ciri khas yang berbeda jika dibandingkan ayam bakar Indonesia lainnya. Hal ini dikarenakan dalam ayam bakar Padang dibumbui dengan bumbu dasar kuning  yang dicampur dengan cabai giling sehingga saat dibakar tampilannya akan menjadi kuning agak orange. Selain itu rasa dari ayam bakar Padang ini juga sedikit pedas. Berbeda dengan ayam bakar Indonesia lainnya yang cenderung punya rasa manis.

 

4. Ayam Balado



Sumber: Akamaized.net


Selanjutnya ada ayam balado yang tidak hanya populer di restoran Padang tapi juga beberapa rumah makan yang ada di Indonesia. Ayam balado merupakan olahan ayam yang dimasak dengan cara diungkep terlebih dahulu dengan aneka rempah, baru kemudian digoreng hingga matang dan garing bagian luarnya. Setelah itu ayam akan dicampur dengan bumbu balado sehingga rasanya menjadi pedas. Ayam balado akan sangat lezat jika disantap menggunakan nasi putih hangat.

 

5. Ayam Goreng



Sumber: Pergikuliner.com


Olahan ayam terakhir yang menjadi favorit di restoran Padang adalah ayam goreng. Ayam goreng Padang merupakan ayam goreng yang sebelumnya sudah dimasak dengan bumbu ungkep terlebih dahulu. Barulah kemudian ayam digoreng hingga teksturnya menjadi garing dan renyah. Ayam goreng sangat cocok untuk kamu yang suka dengan lauk garing saat menyantap nasi Padang.

 

Itulah beberapa olahan ayam yang jadi favorit di restoran Padang. Kamu sendiri lebih suka mengonsumsi olahan ayam yang mana saat membeli nasi Padang?


Buat kamu yang ingin menyantap nasi Padang, di bawah ini ada beberapa rekomendasi restoran Padang dengan rasa enak yang bisa didatangi.

Sepiring Padang

Foto Sepiring Padang
Foto Sepiring Padang
Foto Sepiring Padang

RM Pagi Sore

Foto RM Pagi Sore
Foto RM Pagi Sore
Foto RM Pagi Sore

Padang Merdeka

Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka

RM Sinar Minang

Foto RM Sinar Minang
Foto RM Sinar Minang
Foto RM Sinar Minang

RM Bopet Mini

Foto RM Bopet Mini
Foto RM Bopet Mini
Foto RM Bopet Mini

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?