Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Olahan Cabai Hijau yang Paling Populer di Indonesia

List Artikel
10 Februari 2020 | 0 Komentar

Siapa di antara kamu yang suka menyantap olahan cabai hijau? Indonesia memiliki dua warna cabai, yakni cabai merah dan cabai hijau. Sama seperti cabai merah, cabai hijau ini juga punya banyak manfaatnya bagi tubuh, seperti bisa menjadi sumber vitamin C, melancarkan peredaran darah, mempercepat metabolisme tubuh, mencegah resiko penyakit kanker, dan masih banyak lagi. Berbeda dengan cabai merah, cabai hijau ini tidak memiliki citarasa yang terlalu pedas sehingga citarasanya tidak terlalu nyelekit di lidah. Meski citarasanya tak sepedas cabai merah, tapi cabai hijau ini punya ciri khas citarasa yang berbeda dibanding cabai merah. Bagi kamu yang suka menyantap olahan cabai hijau, PergiKuliner punya lima olahan cabai hijau terpopuler di Indonesia, yaitu:

 

1. Dendeng Batokok



Sumber: id.tastemade.com


Pertama ada dendeng batokok yang asalnya dari Padang, Sumatera Barat. Seperti yang kita ketahui, dendeng ini merupakan olahan daging sapi yang diiris tipis kemudian dikeringkan hingga kadar airnya berkurang. Biasanya dendeng dibumbui dengan bumbu cabai merah yang dinamakan dengan dendeng balado. Sedangkan untuk dendeng batokok ini dibumbui dengan cabai hijau. Inilah yang membuat cita rasa dendeng balado dan dendeng batokok berbeda.

 

2. Ayam Penyet Cabai Ijo



Sumber : Batikkitchencirebon.com


Olahan cabai hijau kedua yang populer adalah ayam penyet cabai hijau. Sebelum dipadukan dengan cabai hijau, ayam sudah dibumbui dan diungkep terlebih dahulu. Biasanya bumbu ungkep yang digunakan adalah bumbu kuning. Setelah diungkep hingga bumbunya meresap, ayam digoreng hingga garing lalu dipenyet bersama dengan bumbu cabai hijau. Selain ayam penyet cabai hijau, burung puyuh penyet cabai hijau juga tak kalah populernya.

 

3. Ikan Asin Tumis Cabai Ijo



Sumber : Cookpad.com


Berbicara tentang ikan asin, pastinya yang terlintas dalam pikiranmu adalah sayur asem. Ikan asin memang selalu dikaitkan dengan sayur asem karena memang selalu menjadi lauknya. Selain cocok dijadikan pendamping sayur asem, ternyata ikan asin juga enak loh jika dipadukan dengan cabai hijau. Biasanya jenis ikan asin yang digunakan adalah ikan asin bulu ayam yang bentuknya tipis sehingga saat digoreng terasa sangat garing.

 

4. Sambal Teri Cabai Ijo



Sumber : Haniyakitchen.com


Selain ikan asin, teri juga cocok dipadukan dengan cabai hijau. Teri yang dipadukan dengan cabai hijau biasanya dijadikan sambal. Bahan yang digunakan selain teri yang sudah digoreng matang dan cabai hijau adalah bawang merah, bawang putih, terasi, garam, serta tomat hijau. Cita rasa dari sambal teri cabai hijau ini ada asin, gurih, dan asam di dalamnya. Sambal teri cabai hijau lebih cocok jika disantap bersama dengan nasi putih hangat.

 

5. Cumi Cabai Ijo



Sumber : Langsungenak.com


Terakhir ada cumi cabai ijo yang pastinya sangat disukai oleh para penggemar seafood. Cumi yang digunakan biasanya adalah cumi asin kecil. Tapi ada juga yang menggunakan cumi segar. Jika menggunakan cumi segar, sudah pasti kamu jangan memasaknya terlalu lama agar tekstur cuminya masih kenyal. Untuk bumbu yang digunakan ada bawang merah, bawang putih, cabai hijau, garam, lengkuas, daun jeruk, dan sereh.

 

Itulah aneka olahan cabai hijau yang bisa menggoyangkan lidahmu. Jika kamu penasaran ingin mencobanya, kamu bisa melipir ke salah satu tempat makan di bawah ini ya!

Master Nasi Pedas Bali

Foto Master Nasi Pedas Bali
Foto Master Nasi Pedas Bali

Daging Asap Sambal

Foto Daging Asap Sambal
Foto Daging Asap Sambal
Foto Daging Asap Sambal

Ayam Bebek Mafia

Foto Ayam Bebek Mafia
Foto Ayam Bebek Mafia
Foto Ayam Bebek Mafia

Warung Leko

Foto Warung Leko
Foto Warung Leko
Foto Warung Leko

Cabe Rempah

Foto Cabe Rempah
Foto Cabe Rempah
Foto Cabe Rempah

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?