Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Olahan Daging Kemasan Terpopuler di Indonesia

List Artikel
26 Juni 2018 | 0 Komentar

Bagi masyarakat perkotaan yang selalu dipadatkan dengan banyaknya aktivitas sehari-hari, menyantap makanan yang praktis dan tidak membutuhkan waktu lama untuk memasaknya adalah menjadi hal yang sering dilakukan. Selain junk food atau makanan cepat saji, ada makanan olahan dalam kemasan yang juga difavoritkan. Tak hanya mudah dan cepat diolah saja, makanan olahan dalam kemasan memiliki kelebihan awet dan tahan lama sehingga banyak orang yang selalu menyetoknya di rumah. Sebagian besar makanan olahan kemasan ini berbahan dasar daging, baik itu daging ayam atau daging sapi. Ingin tahu ada olahan daging kemasan apa saja yang populer di Indonesia? Yuk, kita lihat!


1. Nugget


Sumber: merdeka.com


Di urutan pertama ada nugget yang merupakan olahan daging giling yang dikukus dan dicetak terlebih dahulu sebelum dibaluri dengan telur dan tepung panir. Jenis daging yang biasa digunakan untuk nugget ini bisa berupa daging sapi, daging ayam, hingga daging ikan. Biasanya daging giling tersebut ada yang dicampurkan dengan sayur-sayuran seperti wortel untuk menambah asupan serat dan gizi di dalamnya. Nugget paling sering difavoritkan oleh anak-anak. 


2. Sosis



Sumber: pergikuliner.com


Lalu ada sosis yang berasal dari Jerman. Sama sepertu nugget, sosis juga bisa dibuat dari daging ayam atau sapi yang digiling. Setelah digiling dan diberi bumbu, sosis kemudian dicetak memanjang dengan cara dimasukkan ke dalam plastik atau usus sapi yang sudah dibersihkan terlebih dahulu. Jika di luar negeri sosis lebih banyak disantap dalam bentuk sosis bakar, di Indonesia sosis justru lebih sering kamu jumpai pada kuliner nasi goreng atau mie goreng sebagai bahan pelengkapnya.


3. Bakso


Sumber: pergikuliner.com


Di urutan ketiga ada bakso yang sudah tak asing lagi dilidahmu. Bakso merupakan kuliner kaki lima khas Indonesia yang paling mudah didapat. Saking populernya, bakso kemudian dijadikan sebagai makanan kemasan yang bisa kamu simpan di lemari es dan disantap saat sedang kelaparan di rumah. Bakso bisa dimasak menjadi kuliner berkuah, digoreng, dibakar, ditumis, atau dijadikan tambahan pada nasi goreng atau mie goreng seperti sosis.


4. Kornet


Sumber:tokopedia


Kornet merupakan olahan daging sapi giling yang diawetkan dalam bentuk kalengan. Sebelum dikalengkan, daging sudah terlebih dahulu dicampur dengan air garam sehingga bisa awet. Daging kornet bisa dijadikan campuran untuk berbagai macam kuliner seperti mie instan, nasi goreng, isian sandwich, atau bisa juga ditumis bersama dengan sayuran. Berhubung daging kornet sudah diberi air garam, tak heran jika cita rasanya cenderung asin. Jadi kalau menggunakan daging kornet ini, kamu tak perlu menambahkan banyak garam lagi.


5. Abon

Sumber: resepkoko.co.id


Terakhir ada abon yang juga merupakan olahan daging kemasan, tapi dalam bentuk kering dan sudah matang. Umumnya abon terbuat dari daging sapi, tapi ada juga yang menggunakan daging ikan sebagai bahan bakunya. Cara memasak abon ini membutuhkan waktu yang cukup lama karena daging harus dimasak hingga kadar airnya kering. Abon memiliki warna yang kecoklatan dengan tekstur yang berserat dan ringan. Abon paling enak disantap bersama dengan nasi putih atau dijadikan isian lemper atau lontong.


Nah! Itu dia lima olahan daging kemasan yang cukup populer di Indonesia. Sekarang waktunya kamu cicipin aneka olahan daging lainnya di bawah ini yuk!

AB Steakhouse by Chef Akira Back

Foto AB Steakhouse by Chef Akira Back
Foto AB Steakhouse by Chef Akira Back
Foto AB Steakhouse by Chef Akira Back

Street Steak

Foto Street Steak
Foto Street Steak
Foto Street Steak

Altitude Grill

Foto Altitude Grill
Foto Altitude Grill

Bakso Aan

Foto Bakso Aan
Foto Bakso Aan
Foto Bakso Aan

Paulaner Brauhaus

Foto Paulaner Brauhaus
Foto Paulaner Brauhaus
Foto Paulaner Brauhaus

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?