Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Olahan Durian yang Menjadi Favorit Banyak Orang

List Artikel
24 Mei 2016 | 0 Komentar

Durian merupakan salah satu buah yang banyak digemari masyarakat Indonesia. Meski tampak luarnya sedikit mengerikan, namun mengenai rasa tidak perlu diperdebatkan lagi kelezatannya. Seiring dengan berkembangnya inovasi di dunia kuliner, durian banyak diolah menjadi aneka macam makanan mulai dari pancake, serabi, dodol, dan lain-lain. Jika kamu tidak bisa menikmati daging buah durian dengan cara memakannya langsung atau ingin mencicip hal baru, kamu bisa mencoba lima olahan durian berikut ini:



1. Surabi Durian



Sumber:  pergikuliner.com


Surabi merupakan kue tradisional Indonesia yang sering kamu temui pada jajanan pasar. Rasanya sangat khas karena dimasak dengan menggunakan tungku arang. Surabi pun bisa dipadukan dengan durian. Biasanya surabi yang telah matang disiram dengan kuah durian yang kental dan beraroma. Perpaduan rasa gurih dari santan kelapa yang ada pada surabi dan manisnya kuah durian mampu memberikan perpaduan rasa yang lezat.



2. Pancake Durian



Sumber:  pergikuliner.com


Pancake durian awalnya merupakan kuliner khas Medan yang sekarang sudah banyak dijajakan secara online dalam bentuk beku. Pancake durian merupakan perpaduan dari kulit kue dadar yang diisi dengan olahan daging buah durian dengan campuran cream. Rasanya yang manis dan legit mampu membuat banyak orang ingin ketagihan.



3. Sop Durian



Sumber: pergikuliner.com


Sop durian terbuat dari daging buah durian yang ditambahkan gula, susu, es batu serta aneka macam topping seperti kelapa muda serut, nata de coco, parutan keju, dan lain sebagainya. Berbeda dengan olahan durian yang lainnya, sop durian biasanya menjadi alternatif bagi orang yang tidak terlalu suka durian namun ingin mencobanya.



4. Lempok Durian



Sumber: lempokdurian.com


Ingin cemilan dengan bahan dasar durian? Lempok durian jadi pilihan yang pas buat kamu. Lempok durian atau yang biasa disebut dengan dodol durian memiliki rasa yang sangat manis dengan tekstur yang lembut serta legit. Lempok durian banyak ditemui di pulau Kalimantan sehingga banyak yang menjadikan lempok durian di sana sebagai oleh-oleh.



5. Tempoyak Durian



Sumber: rennyambar.files.wordpress.com


Tempoyak durian merupakan salah satu olahan daging durian yang difermentasikan sehingga memiliki rasa asam. Berbeda dengan empat olahan durian dengan citarasa manis di atas yang sering dijadikan camilan, tempoyak durian ini biasa dikonsumsi sebagai lauk saat menyantap nasi. Beberapa daerah di Indonesia malah mencampur tempoyak durian dengan sambal agar menambah rasanya menjadi asam pedas.


Sop Duren 88

Foto Sop Duren 88
Foto Sop Duren 88
Foto Sop Duren 88

Sop Durian 188

Foto Sop Durian 188
Foto Sop Durian 188
Foto Sop Durian 188

Es Durian Iko Gantinyo

Foto Es Durian Iko Gantinyo

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?