Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Olahan Gurame Khas Indonesia yang Enak Disantap Pakai Nasi

List Artikel
29 Maret 2020 | 0 Komentar

Ikan menjadi salah satu sumber protein hewani terbaik yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisimu. Di Indonesia, ikan terbagi menjadi dua golongan, yakni ikan air tawar dan ikan air laut. Untuk ikan air tawar harganya lebih murah, tapi kandungan gizinya tak kalah dari ikan laut. Salah satu jenis ikan air tawar yang sangat difavoritkan oleh masyarakat Indonesia adalah ikan gurame. Ikan ini memiliki tampilan bentuk luar yang berwarna abu-abu kehitaman dengan ukuran yang bisa dikatakan cukup besar sehingga per ekornya bisa dimakan untuk 2 orang. Dagingnya tebal dan teksturnya sangat lembut setelah dimasak. Dari sekian banyak olahan gurame, ada lima yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, yaitu:

 

1. Gurame Asam Manis



Sumber : Dapurumami.com


Olahan gurame yang paling banyak kita jumpai di restoran adalah gurame asam manis. Olahan gurame memiliki cita rasa yang asam dan manis sehingga membuat kita nagih untuk menyantapnya. Untuk membuatnya, ada dua cara yang bisa dilakukan, yakni memfillet daging ikan gurame atau membiarkannya untuk digoreng utuh begitu saja. Nantinya jika sudah digoreng hingga matang dan garing, gurame akan disiram dengan saus asam manis yang biasanya dibuat dari campuran tomat, cabai, wortel, daun bawang dan lain sebagainya.

 

2. Pecak Gurame



Sumber : Resepkoki.id


Masih dengan olahan gurame yang awalnya digoreng hingga garing dan renyah lalu ditumis bersama dengan bumbu pecak yang terdiri dari banyak rempah seperti bawang merah, bawang putih, jahe, kencur, temu kunci, cabai rawit merah, cabai merah keriting, kemiri, sereh,  daun jeruk, tomat, asam jawa dan lain sebagainya. Kuliner asal Betawi ini punya aroma yang sangat wangi karena banyak rempah yang digunakan. Sementara untuk cita rasanya, kamu tak boleh meragukannya karena memang enak banget dimakan dengan nasi putih.

 

3. Pesmol Gurame



Sumber : Masakanpraktisrumahan.com


Berikutnya ada pesmol gurame yang berasal dari Jawa Barat. Sekilas kuliner ini memang mirip dengan gulai karena warnanya yang kuning agak keorangenan. Tapi pesmol dan gulai punya bumbu rempah yang sangat jauh berbeda. Ditambah lagi tidak ada penggunaan santan pada pesmol sehingga rasanya lebih segar. Pesmol juga tidak memiliki banyak kuah dan selalu ada cabai rawit utuh yang disertakan sehingga cita rasanya jadi lebih pedas.

 

4. Gurame Bumbu Rujak



Sumber : Resepkoki.id


Mendengar namanya saja pasti kamu sudah bisa membayangkan seperti apa cita rasanya. Gurame bumbu rujak sebenarnya adalah gurame goreng yang kemudian dimasak lagi dengan cara ditumis bersama bumbu rujak. Nah, bumbu rujak inilah yang menjadikan cita rasanya berbeda dan unik. Bumbu rujak untuk gurame dibuat dari bahan dasar bawang merah, bawang putih, kemiri, kencur, jahe, kunyit, cabai merah, garam, serai, lengkuas, daun salam, asam jawa, gula merah dan daun jeruk. Perpaduan cita rasanya asam, pedas dan gurih.

 

5.  Sop Ikan Gurame



Sumber : Sifu.unileversolutions.com


Terakhir ada sop ikan gurame yang cara pengolahannya direbus. Berhubung ikan gurame ini punya daging yang cukup tebal dengan duri yang sedikit, maka tak heran kalau ikan ini juga bisa dijadikan sop. Tapi pertama-tama ikan gurame harus difillet terlebih dahulu. Barulah nantinya ikan direbus bersama dengan aneka bumbu rempah. Cita rasanya sangat segar dan aromanya wangi karena ada campuran tomat dan kemangi.

 

Itulah beberapa olahan gurame khas Indonesia yang paling enak disantap dengan nasi. Kalau jadi ngiler setelah membaca artikel ini, kamu bisa langsung datang ke salah satu tempat di bawah ini aja!

Ikan Bakar Cianjur

Foto Ikan Bakar Cianjur
Foto Ikan Bakar Cianjur
Foto Ikan Bakar Cianjur

Spice Bakso Ikan

Foto Spice Bakso Ikan
Foto Spice Bakso Ikan
Foto Spice Bakso Ikan

Radja Gurame

Foto Radja Gurame
Foto Radja Gurame
Foto Radja Gurame

Restaurant Sarang Oci

Foto Restaurant Sarang Oci
Foto Restaurant Sarang Oci
Foto Restaurant Sarang Oci

SF6 Seafood

Foto SF6 Seafood
Foto SF6 Seafood
Foto SF6 Seafood

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?