Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Olahan Hati Sapi yang Cocok Disantap dengan Nasi Putih

List Artikel
19 Mei 2020 | 0 Komentar


\Bagi masyarakat Indonesia, sapi menjadi sumber protein hewani mewah yang semua bagiannya bisa digunakan untuk diolah menjadi beragan kuliner lezat. Mulai dari bagian daging, kulit, tulang, buntut, paru, usus, hingga hati. Hati sapi memiliki ukuran yang cukup besar dengan tekstur yang padat dan agak kenyal tapi tetap lembut setelah dimasak. Hati sapi tak hanya nikmat disantap, tetapi juga punya kadar nutrisi yang sangat tinggi. Beberapa di antaranya adalah zat besi, vitamin A, vitamin B12, vitamin B6, dan masih banyak lagi. Ada beragam olahan hati sapi tradisional khas Indonesia, tapi yang paling populer dan banyak dicari adalah lima kuliner ini, yaitu:


1. Sambal Goreng Hati Sapi


Sumber: Resepkoki.id


Olahan hati sapi yang pertama adalah sambal goreng hati sapi. Beberapa di antara kamu pasti ada yang lebih sering menjumpainya dalam lauk nasi kuning,nasi kotak, hingga ketupat lebaran. Tapi selain itu, sambal goreng hati sapi juga cocok disantap sebagai makanan rumahan. Sambal goreng hati sapi memiliki citarasa yang cukup pedas sehingga cocok buat kamu penyuka pedas. Biasanya sambal goreng hati sapi ini ditambahkan kentang goreng di dalamnya.


2. Tongseng Hati Sapi



Sumber: Womantalk.com


Tongseng biasanya menggunakan daging sapi atau kambing yang melekat pada tulang seperti iga, tapi ternyata ada juga yang menggunakan hati sapi. Tongseng hati sapi ini memiliki tekstur yang sangat lembut tapi kekenyalannya masih terasa. Sedangkan untuk rasanya cenderung gurih dan asin serta ada sedikit rasa manis karena di dalamnya terdapat campuran kecap. Selain kecap ada bumbu lain seperti bawang merah, bawang putih, merica, dan lain sebagainya. Tongseng biasa disajikan atau dijual bersama dengan sate kambing.


3. Sate Padang



Sumber: Pergikuliner.com


Sate Padang menggunakan bahan utama lidah sapi, tapi beberapa ada juga yang menambahkan hati sapi di dalamnya. Sate Padang yang menggunakan hati sapi akan memiliki tekstur yang lebih kaya lagi. Sate Padang biasanya memiliki citarasa yang gurih dan pedas. Kamu bisa menyantapnya begitu saja. Tapi bisa juga disantap dengan tambahan ketupat atau lontong dan juga keripik singkong balado untuk memperkaya tekstur dan rasanya.





4. Rendang Hati Sapi


Sumber: Bukalapak.com


Siapa bilang rendang hanya bisa dimasak dengan bahan utama daging sapi atau kerbau saja, tetapi juga bisa menggunakan hati sapi. Cara membuatnya tak jauh berbeda dengan rendang biasa. Hanya saja untuk hati sapi, kamu perlu merebusnya terlebih dahulu dengan jahe agar aroma anyirnya hilang. Setelah itu, barulah hati sapi dimasak bersama dengan bumbu rendang. Untuk memasak rendang hati sapi ini tak butuh waktu lama seperti memasak rendang daging.




5. Krengseng Hati Sapi



Sumber: Cookpad.com


Terakhir ada krengseng hati sapi yang juga cocok disantap dengan nasi putih. Krengseng merupakan kuliner khas Jawa Timur. Kuliner ini bisa dibuat dengan menggunakan daging maupun hati sapi. Untuk bumbu rempah yang digunakan adalah bawang merah, bawang putih, cabai rawit, kecap manis, petis, merica, dan garam. Cita rasa dari krengseng hati sapi ini cenderung manis dengan sensasi pedas di mulut.


Itulah beberapa olahan hati sapi yang cocok disantap dengan nasi putih hangat. Dari kelimanya, mana yang pernah kamu coba dan jadi favorit kamu nih, teman Pergikuliner?

Sepiring Padang

Foto Sepiring Padang
Foto Sepiring Padang
Foto Sepiring Padang

RM Pagi Sore

Foto RM Pagi Sore
Foto RM Pagi Sore

Sate Padang Pak Yunus

Foto Sate Padang Pak Yunus
Foto Sate Padang Pak Yunus

RM Bopet Mini

Foto RM Bopet Mini
Foto RM Bopet Mini
Foto RM Bopet Mini

Soto Betawi H. Mamat

Foto Soto Betawi H. Mamat
Foto Soto Betawi H. Mamat
Foto Soto Betawi H. Mamat

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?