Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Olahan Kacang Khas Indonesia yang Cocok untuk Cemilan

List Artikel
18 Juni 2019 | 0 Komentar
Kacang memiliki banyak ragam dalam pengolahan makanan. Mulai dari olahan kue hingga sebagai topping makanan penutup atau dessert. Kacang yang biasanya kita kenal sebagai cemilan ringan, yaitu kacang goreng original, kacang goreng telur, dan juga kacang atom. Tidak hanya itu saja, ternyata kacang bisa diolah menjadi sebuah camilan yang ternyata digemari oleh masyarakat Indonesia. Terlebih lagi, olahan yang dijadikan cemilan tersebut juga dicari dan diburu untuk dijadikan sebagai oleh-oleh ketika berkunjung ke setiap daerah di Indonesia. Akan tetapi, cemilan-cemilan itu bisa juga kamu olah dan buat sendiri di rumah, karena bahan bakunya yang sangat mudah didapat. Apa saja ya olahan-olahan kacang khas Indonesia yang cocok untuk dijadikan sebagai cemilan? PergiKuliner akan memberi tahu kamu olahan kacang yang ada di bawah ini:

Geti Wijen Kacang


Sumber : Vivahotelkediri.com

Olahan kacang khas Indonesia yang pertama adalah geti wijen kacang yang berasal dari kawasan pulau Jawa, yaitu Trenggalek, Tulungagung, dan sekitarnya. Cemilan ini sangat terkenal dan populer di kalangan masyarakat karena sangat cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh bagi wisatawan dan juga camilan ringan untuk disajikan di rumah. Geti wijen kacang tentu saja terbuat dari bahan dasar kacang tanah yang dicincang kasar dan ditambahkan biji wijen dan kacang merah, lalu dibentuk persegi panjang. Tekstur yang dimiliki geti wijen kacang pastinya renyah dan legit, begitu pula rasanya yang manis dan gurih.

Halua Kacang


Sumber : Manadopostonline.com

Berikutnya ada halua kacang, camilan yang berasal dari pulau Morotai. Biasanya halua kacang memiliki tempat tersendiri bagi para penduduk pulau Morotai, yaitu selalu hadir di setiap acara besar, seperti acara pernikahan dan tahlilan. Camilan ini berasal dari olahan kacang kenari cincang yang dicampur dengan gula merah dan diberi serutan singkong. Pastinya cita rasa yang dimiliki perpaduan manis, asin, dan gurih serta bertekstur renyah. Bila kamu sedang berkunjung ke pulau Morotai, olahan kacang yang satu ini cocok untuk kamu jadikan sebagai oleh-oleh camilan.

Enting Jahe Kacang


Sumber : Cookpad.com

Cemilan yang satu ini juga tidak kalah enaknya, karena sangat populer dan begitu digemari oleh para pecinta cemilan khususnya masyarakat pulau Jawa. Cita rasanya juga tak kalah unik, karena enting jahe kacang mempunyai perpaduan cita rasa manis, gurih, dan pedas yang berasal dari penggunaan salah satu jenis rempah khas Indonesia, yaitu jahe. Tidak hanya jahe saja, cemilan ini terbuat dari bahan utama kacang tanah dan campuran gula merah. Jadi, ketika memakan enting jahe kacang ini akan menimbulkan rasa hangat pada tenggorokan dan juga bisa menghangatkan badan.

Ampyang Kacang


Sumber : Sajiansedap.grid.id

Gula kacang atau yang lebih dikenal dengan nama ampyang ini merupakan olahan kacang yang sangat populer sebagai cemilan khas daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Cemilan manis ini sering diburu oleh para wisatawan yang sedang berkunjung ke daerah tersebut. Membuat olahan kacang yang satu ini cukup mudah, yaitu mencampur kacang tanah utuh yang disangrai dengan gula merah yang sudah dicairkan lalu diletakkan di atas loyang dan membiarkannya hingga dingin. Renyahnya kacang dan manis legitnya gula merah ini sangat disukai sampai-sampai tidak ingin berhenti memakannya.

Rempeyek Kacang


Sumber : Idntimes.com

Olahan kacang yang terakhir kali ini pastinya kamu sudah tidak asing lagi karena kepopulerannya, dan sudah banyak sekali yang menjualnya di mana saja. Rempeyek memang olahan kacang khas Indonesia, yang sering dijumpai sebagai menu pendamping nasi, salah satunya nasi pecel yang terkenal di kawasan pulau Jawa khusunya Jawa Timur. Tidak hanya menjadi pendamping nasi saja, rempeyek juga cocok untuk kamu jadikan cemilan lho. Cara membuatnya juga bisa kamu lakukan di rumah, campurkan tepung beras dengan air dan tepung sagu atau kanji, lalu telur dan santan kental. Bila sudah tercampur adonannya, tambahkan kacang dan irisan halus daun jeruk kemudian goreng tipis-tipis. Jenis kacang yang digunakan bisa berupa kacang tanah, kacang hijau, atau kacang kedelai. Rasanya sangat gurih dan bertekstur crunchy, sehingga kamu tidak mau berhenti memakannya.
 
Itulah olahan kacang khas Indonesia yang cocok untuk dijadikan cemilan. Kamu suka yang mana? Nah, jika kamu belum tahu mau ngemil apa, beberapa cemilan di bawah ini bisa kamu jadikan alternatif ya!

Potato Corner

Foto Potato Corner

Hi Fries

Foto Hi Fries

Montato

Foto Montato
Foto Montato
Foto Montato

Beets and Bouts

Foto Beets and Bouts
Foto Beets and Bouts
Foto Beets and Bouts

Sang Pisang

Foto Sang Pisang
Foto Sang Pisang
Foto Sang Pisang

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?