Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Olahan Makanan dengan Tepuk yang Bikin Nagih

List Artikel
9 Juli 2020 | 0 Komentar

Indonesia sangat terkenal dengan kulinernya, terutama gorengannya. Gorengan memang sangat populer dan banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia karena memiliki daya tarik tersendiri. Gorengan punya tekstur yang sangat garing dan renyah sehingga bisa meningkatkan nafsu makan. Gorengan bisa dibuat dari bahan apapun, mulai dari sayuran hingga protein. Secara umum, sebenarnya gorengan dapat dibagi menjadi dua golongan yakni gorengan tidak diberi adonan tepung dan gorengan yang diberi adonan tepung. Untuk gorengan yang diberi adonan tepung akan memiliki tekstur yang lebih garing dan renyah. Dari sekian banyaknya bahan makanan yang bisa digoreng, ada lima yang terasa jauh lebih enak jika digoreng dengan menggunakan tepung, yaitu:

 

1. Ayam



Sumber: Pergikuliner.com


Pertama ada ayam yang seperti kita ketahui memang sangat cocok dimasak dengan cara digoreng. Hanya saja, ayam akan terasa lebih enak kalau digoreng dengan tepung. Ayam goreng tepung memang sangat digemari karena cita rasanya yang lebih garing dan krenyesan dari tepung berbumbu tersebut akan membuat cita rasa ayam akan jadi lebih lezat. Tepung yang digunakan untuk menggoreng haruslah sudah dibumbui dengan bubuk bawang putih, merica, dan garam.  


2. Udang



Sumber: Tokopedia.net


Udang kalau digoreng begitu saja bisa membuat bagian dagingnya menyusut, tapi kalau digoreng dengan tepung, maka lapisan tepungnya bisa melapisi daging udang sehingga tetap moist.Udang goreng tepung atau yang lebih dikenal dengan nama tempura memang sangat populer. Meski aslinya berasal dari Jepang, tapi di Indonesia, tempura udang tak hanya bisa dijumpai di restoran Jepang karena kita bisa menemukannya dalam keadaan beku alias menjadi frozen food yang siap goreng.


3. Cumi



Sumber: Blog.primera52.co.id


Tak jauh berbeda dengan udang, salah satu seafood yang cocok digoreng dengan baluran tepung adalah cumi. Cumi goreng memiliki bentuk seperti cincin dengan tekstur bagian luar yang sangat garing dan bagian dalamnya kenyal. Adonan tepung yang digunakan untuk cumi goreng bisa menggunakan adonan tepung tempura. Cumi goreng tepung ini lebih sering dijumpai pada restoran seafood yang disajikan bersama dengan aneka saus.


4. Jamur



Sumber: Resepkoki.id


Berikutnya ada jamur yang menjadi salah satu sayuran bertekstur kenyal yang cocok diolah dengan menggunkan metode memasak apa saja, mulai dari ditumis, direbus, dipanggang, hingga digoreng. Meski cocok dengan metode memasak apa saja, tapi untuk jenis jamur yang cocok untuk digoreng adalah jamur tiram atau bisa juga jamur enoki. Jamur yang digoreng dengan tepung akan punya tekstur luar yang sangat garing dengan tekstur dalam yang kenyal lembut.


5. Tempe dan Tahu



Sumber: Cookpad.com


Terakhir ada tempe dan tahu. Tempe dan tahu memang dikenal sebagai salah satu bahan makanan yang enak digoreng. Tapi kalau digorengnya dengan tepung, maka citarasa dan teksturnya pasti akan lebih kaya lagi. Untuk tempe yang digoreng dengan tepung, bisa dijadikan sebagai keripik tempe (yang digoreng sangat garing), mendoan (yang digoreng setengah matang), dan tempe jilbab (yang digoreng garing biasa). Sedangkan untuk tahu yang digoreng tepung bisa menjadi tahu isi atau tahu jeletot yang di dalamnya diisi dengan sayuran.


Itulah beberapa makanan yang akan terasa lebih enak jika digoreng dengan menggunakan tepung. Dari kelimanya ini, manakah yang paling kamu suka?

Ayam Goreng Pemuda

Foto Ayam Goreng Pemuda
Foto Ayam Goreng Pemuda

Ayam Goreng Karawaci

Foto Ayam Goreng Karawaci
Foto Ayam Goreng Karawaci

Sandjaja & Seafood

Foto Sandjaja & Seafood
Foto Sandjaja & Seafood
Foto Sandjaja & Seafood

Tahu Kriuk Yes

Foto Tahu Kriuk Yes
Foto Tahu Kriuk Yes
Foto Tahu Kriuk Yes

Shihlin

Foto Shihlin
Foto Shihlin

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?