Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Olahan Nasi Khas Vietnam Ini Rasanya Bisa Bikin Penasaran

List Artikel
29 Juni 2020 | 0 Komentar
Makanan Vietnam nampaknya sudah mulai familiar di lidah masyarakat Indonesia. Terbukti dari mulai banyaknya restoran Vietnam yang ada dan tak jarang juga bikin kita penasaran ingim mencicipinya. Bicara soal makanan Vietnam, negara ini ternyata punya olahan nasi yang cukup unik lho. Selain uni, membuatnya ternyata sangat mudah dan dijamin kmu pasti ingin coba. Yuk simak selengkapnya!

1. Com Nam


Sumber: Pastgo.vn

Com tam merupakan hidangan nasi khas Vietnam yang terbuat dari beras-beras yang patah, maka dari itu banyak pula  yang menyebutnya sebagai broken rice. Tekstur makanan ini lembut dilengkapi dengan potongan berbagai macam daging. Agar tampilan semakin menarik, biasanya com nam diberi tambahan biji wijen dan daging babi cincang karamel sebelum dihidangkan.

2. Xoi


Sumber: Pinterest.com

Xoi merupakan nasi ketan yang populer sebagai jajanan street food di Vietnam. Xoi terdiri dari dua jenis yakni yang gurih bernama xoi man dan yang manis disebut xoi ngot. Xoi man atau xoi gurih biasanya disajikan dengan topping berupa sosis, ayam atau daging ham. Sedangkan, xoi ngot atau xoi manis biasanya menggunakan buah-buahan seperti durian, mangga, kacang hijau dan lain sebagainya.

3. Com Lam


Sumber: Dienmayxanh.com

Tak mau kalah, Vietnam juga punya masakan olahan nasi yang dibakar dalam bambu persis seperti nasi bakar khas Indonesia. Hanya saja, yang membedakannya olahan nasi khas Vietnam ini menggunakan beras ketan yang dipadukan dengan daging babi atau ayam panggang, biji wijen dan kacang panggang. Rasanya unik dan bikin ketagihan.

4. Banh Chung


Sumber: Vncooking.com

Banh chung, konon katanya olahan nasi ini pertama kali dibuat oleh pangeran Vietnam. Dalam membuat olahan nasi ini biasanya menggunakan beras ketan dengan isian seperti daging babi dan kacang hijau. Kemudian diberi garam, lada, bawang dan saus ikan sebagai bumbu pelengkapnya. Biar terkesan estetik, biasanya banh chung akan disimpan di atas cetakan kayu berbentuk persegi setelah dimasak.

5. Banh Tet


Sumber: Foodiesafourletterword.com

Banh tet merupakan kue manis berbentuk silinder yang terbuat dari beras ketan dan digulung dengan daun pisang. Karena daun pisang inilah membuat aroma banh tet begitu wangi dan khas. Isian banh tet ada yang berupa kacang hijau ataupun daging babi. Bahannya cukup sederhana untuk dicoba di rumah dan kamu pun bisa menyesuaikan isian banh tet sesuai selera.

Gimana sudah bikin ngiler, bukan? Namun, bagi kamu yang tidak mengonsumsi daging babi, sebaiknya pastikan dahulu makanan tersebut boleh kamu konsumsi atau tidak. Atau, kamu bisa mengkreasikan isian olahan nasi ini dengan membuatnya sendiri di rumah. Sebab bahan-bahan dan cara pembuatannya sangat mudah.

Saigon Delight

Foto Saigon Delight
Foto Saigon Delight
Foto Saigon Delight

NamNam Noodle Bar

Foto NamNam Noodle Bar
Foto NamNam Noodle Bar
Foto NamNam Noodle Bar

Pho Street

Foto Pho Street
Foto Pho Street
Foto Pho Street

Madame Mai

Foto Madame Mai
Foto Madame Mai
Foto Madame Mai

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?