Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Olahan Salmon Ala Jepang yang Enak dan Bikin Nagih

List Artikel
22 Januari 2021 | 0 Komentar

Ikan salmon menjadi salah satu sumber protein hewani yang punya segudang manfaat bagi kesehatan dan kecerdasan otak. Dalam ikan salmon terkandung beberapa nutrisi sepertiasam lemak omega-3, vitamin D, vitamin B12, fosfor, dan masih banyak lagi. Ikan ini terbilang sangat populer dan disukai banyak orang karena segudang manfaatnya, tak hanya bagi orang dewasa tapi juga anak-anak. Berbicara tentang ikan salmon, ada salah satu negara di dunia yang terkenal akan olahan ikan salmonnya yakni Jepang. Seperti yang kita ketahui, ikan salmon di Jepang memang sangat terkenal karena selain mudah didapat, ada banyak sekali olahan salmon ala Jepang dengan cita rasanya bikin nagih seperti yang ada di bawah ini!


1. Salmon Nigiri



Sumber: Pergikuliner.com


Olahan salmon ala Jepang yang citarasanya bikin nagih dan paling banyak dicari adalah salmon nigiri. Salmon nigiri adalah salah satu jenis sushi klasik yang memadukan nasi dengan irisan ikan salmon mentah. Kuliner ini punya nama lain yakni edomaesushi. Salmon nigiri ini sangat populer sehingga kamu bisa menjumpainya di seluruh restoran atau tempat makan sushi. Untuk menikmatinya, kamu bisa mencelupkan sedikit kecap asin atau menyantapnya dengan sedikit wasabi atau acar jahe.


2. Salmon Aburi



Sumber: Pergikuliner.com


Jika tak suka menyantap ikan salmon mentah, kamu bisa mencicip salmon aburi yang juga sama-sama termasuk dalam kategori sushi klasik. Salmon aburi iniadalah jenis sushi matang sehingga buat kamu yang tidak suka ikan salmon mentah, maka salmon aburi bisa menjadi pilihan yang tepat. Salmon aburi sebenarnya tak jauh berbeda dengan salmon nigiri karena hanya membutuhkan nasi dan irisan salmon. Hanya saja, sebelun disajikan, irisan salmon akan dibakar dengan cara menyemprotkan api menggunakan tourch sehingga daging salmon akan berubah warna dan matang. Untuk menyantap salmon aburi ini, kamu bisa memadukannya dengan mayonaise atau disantap begitu saja.


3. Salmon Temaki Sushi



Sumber: Justonecookbook.com


Masih dengan olahan salmon ala Jepang yang cita rasanya bikin nagih. Ada salmon temakisushi yang tampilannya memang terlihat unik karena tak sama dengan tampilan sushi kebanyakan. Salmon temakisushi adalah jenis sushi yang tampilannya unik karena berbentuk seperti corong atau cone eskrim. Bahan utamanya sudah pasti irisan salmon mentah yang nantinya akan dibalut dengan nori atau rumput laut membentuk seperti corong. Selain nori, ada isian nasi, mentimun, dan lain sebagainya.


4. Teriyaki Salmon



Sumber: Cookingclassy.com


Bosan dengan salmon yang dijadikan sushi? Ada teriyaki salmon yang menjadi salah satu olahan salmon ala Jepang dengan cita rasa bikin nagih. Teriyaki salmon ini punya perpaduan rasa gurih, asin, dan manis karena dimasak dengan bumbu teriyaki yang khas. Teksturnya sangat lembut dan ketika dimakan bisa lumer dimulut. Biasanya teriyaki salmon dihidangkan dalam potongan besar bersama dengan nasi putih atau kentang goreng seperti ala penyajian steak.


5. Salmon Japanese Tea Rice



Sumber: Justonecookbook.com


Olahan salmon ala Jepang yang terakhir adalah salmon Japanese tea rice. Di Indonesia kuliner ini memang belum begitu terkenal. Tapi di  negara asalnya, kuliner yang dijuluki dengan nama ochazuke ini banyak diburu karena keunikan citarasanya. Salmon Japanese tea rice merupakan kuliner yang menggabungkan ikan salmon, nasi, dan seduhan teh. Cara membuatnya, ikan salmon yang sudah dibumbui dipanggang hingga matang lalu diiris dan ditata di atas nasi putih kemudian disiram dengan teh hijau. Cita rasanya gurih asin dan menyegarkan.


Itu dia lima olahan salmon ala Jepang yang enak dan bisa bikin nagih. Dari lima olahan salmon di atas, kamu suka yang mana nih teman kuliner? Atau mungkin diantara kamu ada yang belum pernah nyobain aneka olahan salmon ala Jepang ? Jangan sedih, PergiKuliner sudah siapkan tempat rekomendasinya di bawah ini, simak ya!

Sushi Hiro

Foto Sushi Hiro
Foto Sushi Hiro
Foto Sushi Hiro

Nama Sushi by Sushi Masa

Foto Nama Sushi by Sushi Masa
Foto Nama Sushi by Sushi Masa
Foto Nama Sushi by Sushi Masa

Genki Sushi

Foto Genki Sushi
Foto Genki Sushi
Foto Genki Sushi

Back Office Bistro

Foto Back Office Bistro
Foto Back Office Bistro
Foto Back Office Bistro

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?