Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Olahan Telur Khas Jepang yang Sangat Populer di Indonesia

List Artikel
19 Maret 2023 | 0 Komentar

Jepang merupakan salah satu negara di benua Asia yang tak hanya terkenal akan kebudayaannya, tetapi juga karena makanannya. Jepang memiliki banyak sekali kuliner yang populer karena tampilan dan rasanya yang unik. Di antara banyaknya kuliner khas Jepang tersebut, ada beberapa kuliner yang dibuat dengan campuran atau bahan dasar telur. Telur merupakan sumber protein yang sering digunakan dalam beragam kuliner. Mulai dari dijadikan sebagai campuran, pelapis, pendamping, hingga bahan dasar suatu masakan. Di Jepang, penggunaan telur terbilang sangat sering. Rata-rata masyarakat Jepang menjadikannya sebagai menu sarapan, tapi ada juga yang menjadikan telur sebagai makan siang maupun makan malam. Di antara olahan telur khas Jepang, ada lima yang sangat populer di Indonesia, yaitu:

 

1. Tamagoyaki



Sumber: pergikuliner.com


Olahan telur khas Jepang yang pertama adalah tamagoyaki. Kuliner ini sangat populer dan bisa dijumpai hampir di setiap rumah makan Jepang di Indonesia. Tamagoyaki sebenarnya adalah telur dadar khas Jepang yang punya tampilan unik karena berbentuk seperti kotak panjang. Hal ini dikarenakan saat membuat tamagoyaki, adonan telur akan dituang secara berlapis sehingga membentuk seperti gulungan panjang. Sebelum disajikan, olahan telur khas Jepang ini akan dipotong setebal 2-3 cm. Tamagoyaki bisa disantap begitu saja atau dijadikan lauk untuk disantap bersama nasi putih hangat.

 

2. Omurice



Sumber: pergikuliner.com


Olahan telur khas Jepang yang kedua adalah omurice. Omurice merupakan kuliner yang memadukan nasi dan telur sebagai bahan utamanya. Kuliner ini dibuat dari bahan dasar telur yang diberi bumbu dan dikocok lalu dimasak hingga setengah matang supaya nantinya saat diletakkan di atas nasi, telur bisa dibelah dengan sempurna. Selain nasi, akan ada saus kental yang disiramkan di samping omurice untuk memperlezat rasanya.

 

3. Chawanmushi



Sumber: pergikuliner.com


Selanjutnya ada chawanmushi yang paling sering dijumpai di restoran ramen, udon, hingga restoran Jepang biasa. Chawanmushi biasa dihadirkan sebagai menu pembuka. Chawanmushi merupakan telur kukus khas Jepang. Kuliner ini dibuat dengan cara mengaduk telur lalu meletakkannya di dalam wadah mangkuk keramik tahan panas, baru kemudian dikukus hingga matang. Teksturnya sangat lembut dengan rasa yang cenderung tidak terlalu asin karena memang tidak menggunakan bumbu yang kuat.

 

4. Oyakodon



Sumber: pergikuliner.com


Selanjutnya ada oyakodon yang merupakan olahan telur khas Jepang. Oyakodon dibuat dari bahan dasar telur yang dikocok lalu diberi irisan ayam atau daging, dan kemudian dimasak dengan cara ditumis. Irisan daging yang digunakan bisa berupa daging katsu, yakiniku, atau teriyaki yang sudah dibumbui. Nantinya setelah dimasak hingga matang, telur yang diberi irisan daging tadi akan diletakkan di atas mangkuk yang berisi nasi putih hangat. Oyakodon ini sering dijadikan sebagai menu makan siang karena mudah untuk disantap.

 

5. Ajitsuke Tamago



Sumber: pergikuliner.com


Olahan telur khas Jepang yang terakhir adalah ajitsuke tamago. Kuliner ini mungkin yang paling sering dijumpai karena selalu disajikan bersama dengan ramen. Ajitsuke tamago merupakan telur yang dimasak setengah matang lalu disajikan di atas ramen atau udon. Cara penyajiannya adalah dengan membelah telur menjadi dua bagian. Meski terlihat sederhana, pembuatan ajitsuke tamago ini sangat sulit. Ajitsuke tamago dibuat dengan cara direbus bersama kecap asin dengan suhu tertentu sehingga bagian kuning telurnya bisa matang hingga ¾ saja. Dengan begitu, tekstur dari kuning telur menjadi lebih kental dan creamy.

 

Itulah beberapa olahan telur khas Jepang yang sangat populer di Indonesia. Manakah olahan telur khas Jepang yang sering kamu santap? Nah, buat yang suka banget menyantap kuliner Jepang, di bawah ini ada rekomendasi restoran Jepang yang bisa didatangi. Yuk, lihat!

 

Ishigamaya Hamburg

Foto Ishigamaya Hamburg
Foto Ishigamaya Hamburg
Foto Ishigamaya Hamburg

Abura Soba Yamatoten

Foto Abura Soba Yamatoten
Foto Abura Soba Yamatoten
Foto Abura Soba Yamatoten

Bariuma Ramen

Foto Bariuma Ramen
Foto Bariuma Ramen
Foto Bariuma Ramen

Coco Ichibanya

Foto Coco Ichibanya
Foto Coco Ichibanya
Foto Coco Ichibanya

Marugame Udon

Foto Marugame Udon
Foto Marugame Udon
Foto Marugame Udon

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?