Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Pancake Khas Indonesia yang Rasanya Tradisional Banget

List Artikel
20 Maret 2020 | 0 Komentar

Pancake menjadi salah satu kuliner yang bisa dijadikan sebagai menu sarapan maupun dessert. Pancake dibuat dengan tiga bahan campuran utama, yakni tepung, telur, dan susu yang kemudian dimasak di atas panfry lalu disajikan beragam topping, mulai dari buah-buahan segar, madu, es krim, hingga lelehan cokelat. Pancake memang merupakan kuliner barat, tapi di Indonesia ternyata kita juga punya kuliner yang bisa dikatakan mirip dengan pancake karena sama-sama berbentuk bulat pipih dengan cara pembuatan yang di-panfry atau dipanggang di atas wajan dan punya tekstur kenyal dan lembut. Perbedaannya adalah pancake ala Indonesia ini punya cita rasa tradisional karena memang dibuat dengan bahan yang berbeda. Ingin tahu ada pancake khas Indonesia apa saja yang bisa kamu icip? Cek langsung di bawah ini aja!

 

1. Surabi



Sumber : Pergikuliner.com


Yang pertama ada surabi yang cita rasanya gurih karena di dalamnya terdapat campuran santan yang dipadu dengan tepung beras. Surabi ini sebenarnya terbagi menjadi dua golongan, yakni surabi Bandung dan surabi Solo. Perbedaan keduanya adalah surabi Bandung punya bentuk yang lebih tebal, sedangkan surabi Solo lebih tipis dan disajikan dalam bentuk gulungan yang dibalut daun pisang. Keduanya ini disajikan dengan siraman saus gula merah dan santan.

 

2. Carabikang



Sumber : Resepkuekomplit.com


Dari tampilannya, carabikang memang punya bentuk yang sangat cantik karena menyerupai bunga yang sedang merekah. Teksturnya juga berongga dan lembut saat kamu gigit. Carabikang punya banyak varian warna yang menentukan cita rasanya. Ada warna cokelat, merah, hingga hijau. Pancake ala Indonesia ini dibuat dari bahan dasar tepung beras yang dipadu dengan gula sehingga cita rasanya cenderung manis. Kue ini banyak dijumpai di pasar tradisional maupun toko kue karena sering dijadikan snack box atau hantaran.

 

3. Kue Cucur



Sumber : Resepkoki.id 


Kue cucur menjadi kue ketiga asal Indonesia yang mirip dengan pancake. Ciri khas dari kue ini adalah warnanya yang cokelat karena ada campuran gula merah di dalamnya. Cita rasanya agak kenyal karena bahan dasarnya tepung beras. Kue ini kebanyakan disajikan dalam keadaan hangat karena langsung dibuat di tempat. Ada satu perbedaan kue cucur dibanding pancake khas Indonesia lainnya, yakni cara memasaknya yang digoreng, bukan panfry sehingga teksturnya lebih garing pada bagian pinggirannya.

 

4. Kue Lumpur



Sumber : Resepkoki.id


Selanjutnya ada kue lumpur yang paling sering wara-wiri di snack box karena jajanan tradisional ini banyak penggemarnya. Kue lumpur dibuat dari bahan dasar tepung, kentang, santan, dan telur. Teksturnya sangat lembut tapi padat karena ada campuran kentang di dalamnya. Biasanya kue lumpur diberi isian kelapa muda parut atau kismis di atasnya untuk mempercantik tampilan. Berhubung kue lumpur adalah kue basah, maka kamu tak bisa menyimpannya terlalu lama.

 

5. Apem Panggang



Sumber : Resepkoki.id


Terakhir ada apem panggang yang dari bentuknya sekilas mirip kue lumpur. Hanya saja kue lumpur warnanya kekuningan, sedangkan apem panggang warnanya putih kecoklatan. Apem panggang dibuat dari campuran tepung beras, tepung terigu, tape singkong, gula pasir, santan, vanili dan mentega. Teksturnya cukup padat tapi sedikit berongga karena ada campuran ragi di dalamnya. Sedangkan untuk cita rasanya gurih manis.

 

Ada banyak bukan jajanan khas Indonesia yang mirip dengan pancake. Agar kuliner-kuliner tersebut tidak punah, kita harus sering-sering membeli dan menyantapnya ya! Jika kamu jadi kepingin menyantap cemilan setelah membaca artikel ini, kamu bisa mampir dulu aja ya ke beberapa tempat di bawah ini!

Rokue Snack

Foto Rokue Snack
Foto Rokue Snack
Foto Rokue Snack

Bakery Monami

Foto Bakery Monami
Foto Bakery Monami
Foto Bakery Monami

Dandy Co Bakery & Cafe

Foto Dandy Co Bakery & Cafe
Foto Dandy Co Bakery & Cafe
Foto Dandy Co Bakery & Cafe

Strawberry Pastel Ufo

Foto Strawberry Pastel Ufo
Foto Strawberry Pastel Ufo
Foto Strawberry Pastel Ufo

Pastel Istimewa Ma'Cik

Foto Pastel Istimewa Ma'Cik
Foto Pastel Istimewa Ma'Cik
Foto Pastel Istimewa Ma'Cik

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?