Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Pelengkap Nasi Goreng Indonesia yang Bikin Rasanya Semakin Enak

List Artikel
8 Oktober 2020 | 0 Komentar

Siapa yang tidak kenal dengan nasi goreng? Bukan hanya di Indonesia saja, makanan satu ini sudah sangat mendunia. Berbeda negara, berbeda juga rasa dan topping yang diberikan. Membahas sedikit tentang sejarah nasi goreng, sebenarnya nasi goreng bukan berasal dari Indonesia loh, teman kuliner. Tetapi makanan satu ini berasal dari Tiongkok. Filosofi adanya nasi goreng pun sangat menarik, yaitu kebiasaan orang Tionghoa yang tidak suka menyantap nasi dingin tetapi juga tidak boleh membuang sisa makanan. Banyaknya orang Tionghoa yang bermigrasi ke negara lain membuat resep nasi goreng tersebar ke seluruh dunia, termasuk Indonesia.
Jika dilihat banyak sekali perbedaan nasi goreng Indonesia dengan nasi goreng khas Tiongkok. Salah satu yang mencolok adalah penggunaan kecap pada nasi goreng khas Indonesia yang tidak ada di nasi goreng khas negara lainnya. Bumbu yang dipergunakan pada nasi goreng khas Indonesia juga sangat khas, umumnya berupa bawang merah, bawang putih, cabai yang digiling atau diulek halus, dan beberapa tambahan lainnya. Selain itu, untuk membuat rasa nasi goreng menjadi lebih lezat, diberilah beberapa topping yang dapat menambah cita rasanya. Lalu, apa saja pelengkap nasi goreng khas Indonesia? Ini dia pembahasannya!


1. Bawang Goreng



Sumber: Akurat.co


Bahan pelengkap nasi goreng Indonesia yang pertama adalah bawang goreng. Bawang goreng dibuat dari irisan bawang merah yang digoreng hingga garing. Tekstur bawang goreng sangat renyah dengan aroma yang wangi. Aroma wangi dari bawang goreng ini bisa membuat sajian nasi goreng lebih menggoda. Selain bawang merah, kamu juga bisa menggunakan bawang putih untuk dijadikan sebagai bawang goreng.


2. Telur Ceplok atau Dadar



Sumber: Kompas.com


Selain bawang goreng, pelengkap nasi goreng Indonesia kedua adalah telur goreng, bisa berupa telur dadar atau telur ceplok. Telur biasanya memang dicampur menjadi satu dengan nasi pada saat membuat nasi goreng. Tapi meski demikian, telur dadar atau telur ceplok selalu menjadi opsi pilihan banyak orang untuk menikmati sajian nasi goreng agar lebih lezat. Penambahan telur goreng bisa memperkaya cita rasa nasi goreng menjadi lebih enak saat disantap.


3. Acar Mentimun dan Wortel



Sumber: Resepkoki.id


Kalau pelengkap nasi goreng Indonesia lainnya adalah acar. Acar mentimun dan wortel kerap kali disajikan bersama dengan nasi goreng. Penambahan pelengkap acar mentimun dan wortel pada nasi goreng ini bukanlah tanpa alasan. Acar memiliki cita rasa asam yang menyegarkan sehingga cocok disantap dengan nasi goreng yang berminyak. Dengan menyantap acar, maka kamu tidak mudah eneg. Selain acar mentimun dan wortel, biasanya juga ada irisan mentimun segar dan tomat.


4. Kerupuk



Sumber: Bukalapak.com


Kerupuk juga menjadi pelengkap nasi goreng Indonesia yang wajib ada. Kerupuk memiliki tektur renyah dengan rasa yang gurih sehingga bisa meningkatkan nafsu makan. Jenis kerupuk yang digunakan sebagai pelengkap nasi goreng ini berbeda-beda. Ada yang menggunakan kerupuk warna-warni, kerupuk merah, kerupuk bawang, kerupuk udang, hingga emping. Perbedaan jenis kerupuk yang digunakan juga bisa mempengaruhi citarasa nasi goreng karena beda jenis kerupuk, maka cita rasanya akan berbeda pula.


5. Sate



Sumber: Pergikuliner.com


Terakhir ada sate yang saat ini seringkali disajikan sebagai pelengkap nasi goreng Indonesia. Sate yang digunakan bisa berupa sate ayam, sate kambing, sate lilit, hingga sate ati ampela. Dengan menambahkan sate, tak hanya menjadikan cita rasa nasi goreng jadi lebih lezat, tapi juga memperkaya asupan protein untuk tubuh.


Itu dia 5 pelengkap nasi goreng Indonesia yang bikin rasanya semakin enak. Teman kuliner bisa mencoba menambahkan salah satu dari kelima pelengkap di atas dalam sajian nasi goreng kamu ya. Selain bisa membuatnya sendiri, nasi goreng juga sudah banyak dan mudah ditemukan di tempat-tempat makan loh. Seperti tempat makan yang ada di bawah ini!

Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

Foto Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih
Foto Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

Hasea Eatery

Foto Hasea Eatery
Foto Hasea Eatery
Foto Hasea Eatery

Makassar Seafood Pelangi

Foto Makassar Seafood Pelangi

Rawon Bar

Foto Rawon Bar
Foto Rawon Bar

Solaria

Foto Solaria

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?