Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Pertolongan Pertama Jika Kamu Terlanjur Keracunan Makanan

List Artikel
28 Maret 2018 | 0 Komentar

Bagi para pecinta kuliner, mencicip aneka menu kuliner yang berasal dari berbagai tempat menjadi suatu aktivitas yang tak bisa ditinggalkan. Baik itu kuliner di restoran, kafe, kaki lima, hingga pasar tradisional pun tak akan luput didatangi. Tapi terkadang kita lupa kalau kuliner yang kita santap ini bisa jadi kurang bersih atau terbuat dari bahan-bahan yang kurang fresh sehingga bisa menyebabkan keracunan. Ciri-ciri yang bisa kamu perhatikan kalau kamu keracunan makanan adalah perut yang mual, kepala pusing, hingga muntah-muntah. Lalu kalau sudah terlanjur keracunan, kita harus berbuat apa? PergiKuliner punya lima cara pertolongan pertama yang harus kamu lakukan ketika sudah terlanjur keracunan makanan, yaitu:

 

1. Air Kelapa

Sumber: stylecraze.com


Air kelapa memiliki banyak khasiat untuk tubuh. Tak hanya bisa menghilangkan dehidrasi, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi tekanan darah tinggi, dan mengontrol diabetes, tapi juga bisa menetralkan racun yang ada pada tubuh, terutama gejala keracunan akibat kloramfenikol. Jenis kelapa hijau dinilai lebih memiliki khasiat untuk dapat menetralkan racun dibanding jenis kelapa muda atau kelapa lainnya. Saat keracunan, kamu bisa meminumnya langsung tanpa harus dicampur dengan apapun.

 

2. Air Lemon

Sumber: pergikuliner.com


Selain air kelapa, ada air lemon yang bisa berguna untuk melawan racun. Kandungan vitamin C yang sangat tinggi pada lemon bisa membantu melawan jamur, bakteri, serta virus yang terdapat dalam makanan. Campur satu hingga dua sendok teh air lemon dan campur dengan air putih hangat lalu aduk hingga rata dan minum dengan segera. Jika rasanya terlalu asam, tambahkan sedikit saja madu pada air lemon.

 

3. Susu Murni


Sumber: pergikuliner.com


Tak banyak orang yang tahu kalau susu juga bisa menetralkan racun pada tubuh. Banyak orang yang menghindari meminum susu serta minuman yang kental seperti smoothie saat keracunan makanan. Padahal susu berfungsi sebagai penetralisir. Hanya saja, tak semua susu bisa menetralkan racun. Hanya susu murni yang tanpa bahan kimia dan pemanis saja yang bisa menetralkan racun. Tapi saat ini sudah banyak kafe-kafe yang menyajikan susu murni dalam menu minuman mereka.

 

4. Bawang Putih

Sumber: draxe.com


Bukan tanpa sebab kalau kuliner yang difermentasikan selalu diberi tambahan bawang putih. Contohnya saja kimchi asal Korea Selatan. Penggunaan bawang putih ini ternyata bisa mencegah pertumbuhan bakteri dan racun. Tak hanya pada makanan, tapi juga pada tubuh kamu. Jadi ketika kamu merasa kalau sudah keracunan makanan, segera ambil bawang putih, lalu kunyah dan telan untuk mendapatkan segera efeknya.

 

5. Air Putih

Sumber: pergikuliner.com


Jika kamu tak mau repot, maka kamu bisa meminum air putih dua hingga tiga gelas untuk mengeluarkan dan membersihkan racun dari dalam tubuh. Air putih yang digunakan lebih baik air putih hangat karena bisa memberikan efek menenangkan perut yang mual dan mencegah agar kamu terhindar dari dehidrasi saat muntah-muntah. Lebih bagus lagi jika kamu mencapur air hangat tersebut dengan satu sendok makan perasan lemon.

 

Sekarang kamu sudah tahu kan bagaimana caranya mengatasi keracunan makanan? Nah! Sekarang waktunya kamu menikmati beberapa minuman segar di bawah ini!

Re.Juve

Foto Re.Juve
Foto Re.Juve

The Good Stuff

Foto The Good Stuff
Foto The Good Stuff
Foto The Good Stuff

Milk Me

Foto Milk Me

Mom Milk

Foto Mom Milk

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?