Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Pilihan Saus untuk Seafood yang Paling Digemari

List Artikel
19 Oktober 2023 | 0 Komentar

Indonesia yang merupakan negara kepulauan memiliki perairan laut yang sangat luas. Tak heran kalau hasil lautnya sangatlah melimpah. Kita bisa menjumpai aneka seafood seperti ikan, udang, cumi, kerang, hingga kepiting dengan harga yang sangat terjangkau. Melimpahnya hasil laut juga membuat banyaknya tempat makan yang menjual makanan khusus seafood yang buka di Indonesia, mulai restoran dengan harga yang lumayan, rumah makan pinggir jalan, hingga warung tenda yang buka di malam hari. 


Ada banyak menu makanan yang dibuat dengan bahan dasar seafood. Tentunya dengan menggunakan bumbu serta pilihan saus yang berbeda-beda. Dari sekian banyaknya saus, ada lima pilihan saus untuk seafood yang paling digemari, yuk kita bahas sama-sama!

 

1. Saus Padang



Sumber: Pergikuliner.com


Pilihan saus untuk seafood yang pertama adalah saus Padang. Saus Padang dibuat dengan menggunakan bahan dasar bawang merah, bawang putih, bawang bombay, jahe, cabai merah, saus sambal, saus tomat, saus tiram, kecap manis, gula, garam, dan lada. Semua bumbu dimasukkan menjadi satu sebelum nantinya disiramkan ke atas olahan seafood. Hampir semua jenis seafood cocok dipadukan dengan saus Padang. Mulai dari ikan, udang, kerang, hingga cumi.


2. Saus Asam Manis



Sumber: Pergikuliner.com


Saus untuk seafood yang paling digemari adalah saus asam manis. Sesuai dengan namanya, saus ini memiliki perpaduan rasa asam dan manis ditambah dengan rasa gurih asin yang tidak terlalu dominan. Untuk mendapatkan rasa asam alami di dalam sausnya, biasanya digunakan irisan nanas atau tomat. Sedangkan untuk rasa manisnya cenderung menggunakan gula atau madu alami. Kebanyakan saus asam manis ini juga memiliki campuran rasa sedikit pedas saat disantap karena ada tambahan saus sambal di dalamnya.


3. Saus Telur Asin



Sumber: Resepkoki.id


Berikutnya ada saus telur asin yang sempat viral beberapa tahun yang lalu. Saus telur asin merupakan saus yang dibuat dari bahan dasar kuning telur asin. Untuk membuatnya, Teman Kuliner membutuhkan kuning telur asin yang sudah matang, bawang putih, susu atau krim kental, gula, garam, daun kari, dan mentega. Tekstur dari saus telur asin ini sangat creamy dengan perpaduan rasa legit, manis, dan gurih yang bercampur menjadi satu. Saus telur asin sering digunakan untuk olahan cumi dan udang.


4. Saus Tauco



Sumber: Pikiran-rakyat.com


Saus tauco menjadi saus khas Indonesia yang sering digunakan dalam olahan seafood. Saus tauco ini dibuat dari bahan dasar tauco yang dicampur dengan bawang merah, bawang putih, cabai merah, garam, gula pasir, dan perasan jeruk nipis. Tauco sendiri termasuk bumbu masakan yang terbuat dari biji kedelai yang direbus lalu dihaluskan dan difermentasikan dalam jangka waktu tertentu sehingga aroma dan rasanya menjadi sangat khas sekali. Saus tauco bisa digunakan untuk beragam olahan seafood seperti udang, cumi, hingga kepiting.


5. Saus Mentega



Sumber: Resepkekinian.com


Terakhir ada saus mentega yang juga sangat digemari dan sangat populer. Saus ini dibuat dengan bahan dasar mentega yang cukup banyak lalu dicampur dengan bawang putih, kecap inggris, gula pasir, saus tiram, dan sedikit garam. Saus mentega ini memiliki tekstur yang sangat creamy dengan rasa cenderung gurih asin. Biasanya saus mentega dicampurkan dengan udang atau cumi yang telah digoreng tepung hingga garing.

 

Bagaimana menurut kamu mengenai aneka pilihan saus untuk seafood yang ada di atas? Manakah yang selalu menjadi favorit kamu. Untuk mengetahuinya, yuk makan seafood enak di tempat makan seafood rekomendasi PergiKuliner di bawah ini!

Haiseafood

Foto Haiseafood
Foto Haiseafood
Foto Haiseafood

Layar Seafood

Foto Layar Seafood
Foto Layar Seafood
Foto Layar Seafood

Cabe Ijo Live Seafood

Foto Cabe Ijo Live Seafood
Foto Cabe Ijo Live Seafood
Foto Cabe Ijo Live Seafood

Sentosa Seafood

Foto Sentosa Seafood
Foto Sentosa Seafood
Foto Sentosa Seafood

Pulau Sentosa Seafood Market

Foto Pulau Sentosa Seafood Market
Foto Pulau Sentosa Seafood Market
Foto Pulau Sentosa Seafood Market

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?