Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Rempah yang Jadi Andalan pada Kuliner Thailand

List Artikel
25 Februari 2016 | 0 Komentar

Kuliner Thailand dikenal sebagai salah satu kuliner sehat yang ada di dunia. Ada banyak rempah herbal yang digunakan sehingga memberikan manfaat kesehatan bagi para penikmatnya. Jenis rempah yang digunakan dalam masakan Thailand sangat familiar sehingga cita rasanya sangat cocok di lidah orang Indonesia. Berikut lima rempah yang menjadi andalan bumbu kuliner Thailand:



1. Lengkuas



Sumber: missoulafoodcoop.com


Rempah yang satu ini seringkali digunakan dalam sup Thailand terutama sup yang menggunakan bahan baku ikan atau seafood. Lengkuas mampu menghilangkan bau amis serta berfungsi seperti jahe yang bisa mengurangi rasa mual dan sakit perut. Selain itu, lengkuas juga sering digunakan untuk curry Thailand untuk menambah citarasa dan aroma.



2. Daun Jeruk Purut



Sumber: www.seasonwithspice.com


Rempah yang satu ini memang memiliki aroma khas yang tidak akan bisa digantikan dengan apapun. Daun jeruk purut memiliki aroma kesegaran yang khas seperti lemon. Penggunaan daun jeruk purut dalam kuliner Thailand memang sangat sering, seperti dalam tumisan dan juga sup seperti Tom Yum.  



3. Serai



Sumber: thaifood.about.com


Tak jauh berbeda dengan daun jeruk purut, serai juga memiliki aroma lemon segar yang sangat kuat. Keberadaannya mampu menambah citarasa serta aroma masakan yang khas. Jika di Indonesia, serai digunakan dengan cara digeprek, di Thailand serai kebanyakan diiris tipis-tipis dan dicampur dalam masakan seperti tumisan.



4. Thai Basil



Sumber: www.specialtyproduce.com


Bukan hanya Italia saja yang memiliki rempah basil, Thailand juga punya daun basil yang memiliki aroma kuat dan tajam. Thai Basil memiliki sensasi rasa pedas yang menyegarkan. Thai Basil sering digunakan dalam masakan Thailand yang mengandung santan dan cream seperti green curry.



5. Cabai Rawit Thailand



Sumber: www.rareseeds.com


Cabai rawit Thailand biasanya berwarna hijau saat kecil dan berubah warna menjadi merah saat matang dan siap dipetik. Sengatan rasa pedasnya sangat maknyus di lidah sehingga bisa membuat lidah kamu menari-nari.


Jittlada Restaurant

Foto Jittlada Restaurant
Foto Jittlada Restaurant
Foto Jittlada Restaurant

Thai Alley

Foto Thai Alley
Foto Thai Alley
Foto Thai Alley

Ying Thai

Foto Ying Thai
Foto Ying Thai
Foto Ying Thai

Tamnak Thai

Foto Tamnak Thai
Foto Tamnak Thai
Foto Tamnak Thai

Chandara

Foto Chandara
Foto Chandara
Foto Chandara

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?