Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Resep Tertua di Dunia yang Ternyata Sangat Populer di Dunia

List Artikel
6 Maret 2019 | 0 Komentar
Sejak zaman manusia pertama kali memasak makanan yang mereka santap, berbagai macam resep masakan mulai diciptakan. Seiring dengan berjalannya waktu, jika kita kumpulkan semua resep masakan di dunia pasti jumlahnya bisa mencapai jutaan ribu lebih karena masing-masing negera memiliki resep masakan yang berbeda-beda meskipun jenis masakannya sama. Tapi tahukah kamu kalau ternyata ada lima resep masakan tertua yang sangat populer di dunia. Coba kita lihat apa saja resep tertuanya!

1. Pancake

Sumber : Pergikuliner.com

Pancake menjadi salah satu kuliner yang sering dijadikan sebagai menu sarapan masyarakat barat. Selain menjadi menu sarapan, pancake juga bisa dijadikan sebagai menu dessert. Jika kamu lihat dari sejarahnya, pancake ternyata sudah ada sejak tahun 3300 sebelum Masehi. Hal ini dibuktikan saat oleh Otzi the Iceman yang hidup pada masa tersebut. Ketika tubuhnya diotopsi, di dalam perutnya ditemukan daging rusa dan pancake kuno.

2. Cheese Cake


Sumber : Pergikuliner.com

Dessert lain yang ternyata resepnya sudah ada sejak zaman dahulu adalah cheese cake. Camilan ini sudah ada sejak zaman Yunani Kuno yakni sekitar 5000 tahun lalu. Pada masa itu, mereka membuat campuran sederhana dari tepung, madu, dan keju untuk membuat cheese cake yang akan disajikan di pesta pernikahan dan perayaan-perayaan lainnya. Di Amerika resep cheese cake ditemukan pada tahun 1872. Resep cheese cake Amerika menambahkan krim keju di dalamnya sehingga teksturnya jadi lebih tebal dan berat.

3. Stew

Sumber : Simplyrecipes.com

Selanjutnya ada stew yang merupakan hidangan berkuah khas masyarakat barat. Resep stew dikabarkan sudah ada sejak 7000 hingga 8000 tahun yang lalu. Hal ini dibuktikan oleh arkeolog yang menunjukkan kalau banyak suku Amazon yang menggunakan cangkang moluska besar sebagai peralatan untuk membuat stew. Stew merupakan kuliner berkuah yang di dalamnya berisi daging sapi atau ayam dan sayur-sayuran seperti wortel, kentang, bawang bombay dan lain sebagainya.

4. Kare


Sumber : Informasiku.online

Kare menjadi kuliner khas Indonesia yang ternyata sudah ada sejak zaman 200 tahun yang lalu. Tapi kabarnya juga, kare pertama kali dibuat oleh pemerintah Inggris yang saat itu ada di India. Semenjak itu, masyarakat India jadi lebih sering memasak kare sebagai makanan sehari-hari mereka karena rempah-rempahnya sangat mudah ditemukan. Curry dalam bahasa Inggris berasal dari kata ‘kari’ yang dalam bahasa Tamil artinya saus. Inilah mengapa tekstur kari mirip dengan tekstur saus kental.

5. Pilaf

Sumber : Food.detik.com

Yang terakhir ada pilaf yang merupakan kuliner nasi yang dicampur dengan sayur dan daging, lalu diberi tambahan bumbu rempah dan herbal. Kabarnya resep pilaf sudah ada sejak 500 hingga 1000 tahun sebelum Masehi. Nama pilaf berasal dari bahasa Persia yaitu ‘polow’ dan ‘pulaka’ yang berarti bola nasi. Pilaf banyak dikonsumsi oleh masyarakat Timur, Asia Tenggara, dan Afrika Selatan. 

Tua-tua bukan resep masakan yang ada di atas? Namun meskipun tua, resep ini masih digunakan lho hingga sekarang, bahkan menjadi menu favorit pula. Setuju? Nah, jika kamu kangen dan ingin makan makanan-makanan yang ada di atas, kamu bisa contek beberapa referensi di bawah ini ya!

Pancious

Foto Pancious
Foto Pancious
Foto Pancious

Go! Curry

Foto Go! Curry
Foto Go! Curry
Foto Go! Curry

Coco Ichibanya

Foto Coco Ichibanya
Foto Coco Ichibanya
Foto Coco Ichibanya

B'Steak Grill & Pancake

Foto B'Steak Grill & Pancake

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?