Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Roti Klasik dari Perancis Buat Kamu yang Bosan Makan Roti Tawar

List Artikel
27 Juni 2019 | 0 Komentar
Apakah kamu sudah bosan makan roti tawar? Berbicara mengenai roti tawar, kita teringat akan negara yang terkenal akan romantisnya, yaitu Perancis. Bagi orang Perancis, roti merupakan salah satu jenis makanan pokok yang sering dikonsumsi, sama halnya dengan orang Indonesia yang mengonsumsi nasi sebagai makanan pokok. Budaya makan roti di Perancis sudah sangat lama diterapkan oleh mereka, sehingga sulit untuk dilepaskan. Oleh karena itu banyak sekali ragam jenis aneka roti di Perancis, mulai dari yang klasik, hingga yang modern modifikasi. Roti klasik tersebut juga sering diolah menjadi berbagai macam santapan yang sangat nikmat. Hal ini dikarenakan roti-rotinya memiliki bentuk tampilan yang unik dan  cita rasanya yang begitu khas. Kali ini PergiKuliner akan memberikan beberapa jenis roti klasik khas Perancis yang terkenal untuk kamu yang bosan makan roti tawar, yuk dicek!

Baguette


Sumber : Pergikuliner.com

Roti  klasik khas Perancis yang pertama adalah baguette. Roti ini sangat populer di kalangan masyarakat Perancis, karena sudah dikenal sejak lama. Baguette memiliki arti dalam bahasa Perancis yang berarti tongkat. Hal ini dikarenakan bentuknya yang panjang dan memiliki berat sekitar 250 gram serta terbuat dari gandum. Biasanya baguette sering diolah menjadi sandwich, atau garlic bread sebagai pendamping sup atau pasta maupun appetizer. Kamu bisa mencoba membuatnya di rumah bila kamu tidak ingin makan roti tawar, ya!

Ficelle


Sumber : Idntimes.com

Roti ficelle memiliki bentuk yang hampir mirip dengan baguette, tetapi juga memiliki perbedaan tersendiri. Perbedaan tersebut terletak dari tingkat ketebalannya, ficelle memiliki tingkat ketebalan yang lebih tipis dibandingkan dengan baguette. Ficelle memiliki arti tali dalam bahasa Perancis, karena bentuknya yang panjang dan sedikit pipih. Biasanya ficelle memiliki topping taburan biji wijen atau keju agar memiliki cita rasa yang lebih gurih. Warna yang dimiliki oleh ficelle cenderung sedikit lebih gelap dibandingkan baguette.

Fougasse


Sumber : Bbc.co.uk

Fougasse yang berasal dari bagian selatan Perancis ini memiliki bentuk yang unik, pada umumnya berbentuk daun dan terdapat adanya lubang-lubang serat yang terdapat didalam roti. Lubang tersebut memiliki fungsi agar membuat roti lebih cepat terpanggang. Fougasse yang disajikan dengan cara dipanggang memiliki tekstur yang lebih renyah sehingga masyarakat Perancis juga menyukai jenis roti yang satu ini. Biasanya roti ini dikonsumsi pada saat musim panas, karena sangat cocok untuk disantap dengan topping isian sesuai selera.

Brioche


Sumber : Spar.co.uk


Membuat roti brioche hampir sama dengan membuat roti pada umumnya, hanya saja dalam membuat brioche membutuhkan  telur dan mentega yang cenderung lebih banyak. Hal ini dikarenakan agar hasil yang didapatkan memiliki tekstur yang lembut saat dimakan dan rasa yang gurih yang didapat dari mentega. Bentuk brioche juga unik, tidak seperti roti tawar pada umumnya. Brioche sangat nikmat bila disajikan dengan topping selai buah segar ataupun butter dan dinikmati bersama secangkir teh atau kopi.

Pain de Complet


Sumber : Pourquoidocteur.fr

Roti pain de complet terbuat dari gandum utuh yang kaya akan serat. Biasanya roti ini sering dijadikan sebagai salah satu menu diet, karena cocok untuk dikonsumsi tanpa khawatir akan kadar gula dan lemak yang terdapat didalamnya. Namun tak hanya itu saja, pain de complet juga bisa diolah sebagai sandwich ataupun olahan lainnya. Tekstur yang dimiliki oleh pain de complet cenderung lebih padat dan rasanya gurih, tidak seperti roti tawar yang cenderung sedikit manis dan lembut.

Dari kelima jenis roti klasik khas Perancis, mana yang cocok untuk kamu santap saat bosan dengan roti tawar? Jika bingung mencarinya, kamu bisa contek beberapa referensi dari PergiKuliner berikut ini ya!

SandShack

Foto SandShack
Foto SandShack

Quiznos

Foto Quiznos
Foto Quiznos
Foto Quiznos

Francis Artisan Bakery

Foto Francis Artisan Bakery
Foto Francis Artisan Bakery
Foto Francis Artisan Bakery

Sophie Authentique French Bakery

Foto Sophie Authentique French Bakery
Foto Sophie Authentique French Bakery
Foto Sophie Authentique French Bakery

Tous Les Jours Cafe

Foto Tous Les Jours Cafe
Foto Tous Les Jours Cafe

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?