Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Salad Khas Meksiko yang Kaya Nutrisi, Cocok untuk Diet

List Artikel
14 Desember 2022 | 0 Komentar

Salad khas Meksiko mungkin tidak terlalu dikenal oleh masyarakat Indonesia jika dibandingkan dengan salad dari Yunani atau Mediterania. Jika dibandingkan dengan kuliner-kuliner khas Meksiko lainnya seperti taco, burrito, nachos, hingga guacamole, salad memang kalah popularitasnya. Tapi bukan berarti rasa dari salad khas Meksiko ini kalah dengan kuliner Meksiko lainnya. Salad khas Meksiko memiliki ciri khas rasa yang tidak terlalu kuat alias ringan dan menyegarkan sehingga cocok disantap sebagai menu diet. Dari beberapa salad yang ada di negara Meksiko, ada lima yang kaya akan nutrisi dan pastinya populer di negara tersebut, yaitu:

 

1. Caesar Salad



Sumber: Jocooks.com


Varian salad khas Meksiko yang pertama adalah caesar salad. Kuliner ini menjadi varian salad khas Meksiko yang paling terkenal di dunia. Tak sedikit orang yang menyangka kalau caesar salad ini berasal dari Italia atau Yunani. Padahal aslinya kuliner ini asli Meksiko. Caesar salad pertama kali dibuat di Tijuana, Meksiko pada tahun 1924. Caesar salad merupakan jenis salad yang dibuat dari bahan dasar daun selada romaine yang dicampur dengan roti panggang yang dipotong dadu, perasan lemon, telur rebus, minyak zaitun, dan ikan teri. Biasanya caesar salad disantap sebagai pendamping saat menyantap kuliner berbahan dasar daging ayam atau sapi.

 

2.  Chicken Quesadilla Salad



Sumber: Youtotallygotthis.com


Chicken Quesadilla Salad merupakan salah satu kuliner salad khas Meksiko yang namanya juga tak kalah populer jika dibandingkan dengan caesar salad. Chicken quesadilla salad adalah salad yang dibuat dari tiga bahan dasar, yakni roti tortilla, daging ayam, dan daun selada. Daging ayam yang digunakan adalah dada ayam yang dimarinasi terlebih dahulu lalu dipanggang hingga matang dan diiris-iris sebelum dicampur dengan bahan lainnya. Jika dibandingkan dengan varian salad khas Meksiko lainnya, chicken quesadilla salad ini punya komponen nutrisi yang sangat lengkap karena ada karbohidrat, protein, dan pastinya serat.

  

3. Ensalada de Nopales



Sumber: Hola.com


Selanjutnya ada ensalada de nopales yang dibuat dari campuran potongan daun kaktus sehingga seringkali dijuluki dengan nama Mexican cactus leaves salad. Kuliner salad ini dibuat dari daun kaktus yang dibersihkan lalu diiris dan dicampur dengan daun ketumbar, air lemon, minyak zaitun, garam, dan oregano. Salad ini harus didiamkan selama beberapa jam sebelum bisa disajikan dan disantap. Berhubung didiamkan cukup lama, salad ini memiliki rasa yang cukup asam dan menyegarkan.

 

4. Betabeles



Sumber: Kiwilimon.com


Betabeles adalah salad khas Meksiko yang dibuat dari bahan dasar buah bit. Salad ini merupakan salad klasik yang dibuat dengan mencampurkan buah bit bersama sayuran yang lainnya. Untuk jenis sayuran yang digunakan bisa berbeda-beda, mulai dari daun selada hingga irisan wortel. Nantinya setelah dicampurkan dengan sayuran lainnya, betabeles akan dibumbui dengan perasan jeruk lemon dan gula. Rasa dari betabeles cenderung asam dan manis.

 

5. Berros Regionales



Sumber: Yummly.com


Salad khas Meksiko yang terakhir adalah berros regionales yang dibuat dari bahan dasar daun selada yang diberi campuran daging bacon, kacang kenari, kacang walnut, hingga dada ayam. Semua bahan dicampur dengan siraman perasan lemon, kecap Inggris, garam, dan bahan rempah lainnya. Berhubung menggunakan banyak daun selada, maka salad ini harus segera disajikan supaya daun tidak layu dan tetap garing saat disantap.  

 

Terlihat enak-enak bukan, aneka salad khas Meksiko yang ada di atas? Dari kelima varian tersebut, kira-kira mana yang membuatmu tertarik ingin mencobanya? Jika ingin menyantap salad sebagai menu diet, di bawah ini ada beberapa rekomendasi tempat mencicip salad yang dikenal dengan kelezatannya, yaitu:

SaladStop!

Foto SaladStop!
Foto SaladStop!
Foto SaladStop!

Crunchaus Salads

Foto Crunchaus Salads
Foto Crunchaus Salads
Foto Crunchaus Salads

Coquito

Foto Coquito
Foto Coquito
Foto Coquito

Cantinero

Foto Cantinero
Foto Cantinero
Foto Cantinero

Salad Point ID

Foto Salad Point ID
Foto Salad Point ID
Foto Salad Point ID

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?