Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Salad Tradisional Indonesia Paling Populer yang Mungkin Kamu Belum Tahu

List Artikel
15 Agustus 2016 | 0 Komentar

Salad, apa yang ada dalam pikiran kamu saat mendengar makanan yang satu ini? Pastinya yang kamu bayangkan adalah makanan dengan sayuran yang melimpah. Salad merupakan makanan berbahan baku sayur-sayuran yang disiram dengan aneka bumbu dan saus dressing. Salad sudah dikonsumsi sejak zaman Romawi dan Yunani kuno. Di Eropa, salad sudah menjadi menu wajib yang disantap sebagai makanan penutup atau pendamping saat tengah mengonsumsi daging. Namun tahukah kamu, tak hanya di Eropa saja yang mempunyai salad, Indonesia juga terkenal dengan aneka salad tradisionalnya lho! Di antaranya mungkin sudah sering kamu temui seperti gado-gado dan karedok. Nah, penasaran apa saja salad asli Indonesia lainnya? Yuk, simak ulasannya berikut ini:



1. Pecel



Sumber: pergikuliner.com


Makanan dengan cita rasa pedas ini memang dijuluki salad dari Jawa. Pecel merupakan makanan yang terbuat dari sayuran seperti kangkung, kacang panjang, tauge, serta kol yang telah dikukus hingga matang lalu disiram saus kacang agar rasanya lebih creamy dan lezat. Pecel biasanya disantap untuk menu sarapan masyarakat Jawa bersama dengan nasi putih serta rempeyek atau kerupuk.



2. Gado-gado



Sumber: pergikuliner.com


Sebagian masyarakat Jakarta pasti bisa dengan mudah menemukan makanan yang satu ini saat makan siang. Gado-gado merupakan makanan rakyat yang banyak dijual di kaki lima. Banyak orang yang keliru antara gado-gado dan pecel. Gado-gado dan pecel memiliki bumbu serta isi sayuran yang berbeda. Gado-gado tak hanya berisi kangkung, kacang panjang, tauge, dan juga kol seperti pecel, namun juga ada kentang rebus, jagung pipil, telur rebus, serta potongan tahu dan tempe.



3. Karedok



Sumber: pergikuliner.com


Meski sama-sama menggunakan bumbu kacang seperti pecel dan gado-gado, namun satu hal yang membuat karedok ini berbeda dari dua makanan di atas adalah bahan utamanya terbuat dari sayuran mentah. Aneka sayuran mentah seperti kubis, kol, tauge, dan mentimun yang sudah dicuci dan dipotong-potong kemudian disiram saus kacang yang ditambah kencur.



4. Selat Solo



Sumber: pergikuliner.com


Selat Solo merupakan kuliner tradisional khas dari Surakarta. Selat Solo terdiri dari wortel, buncis, ketimun, kentang goreng, telur kecap, daun selada, serta irisan daging yang disiram dengan kuah semur dengan rasa segar, manis, dan asam. Makanan yang satu ini dipercaya sebagai makanan adaptasi dari kuliner Belanda yang dibawa pada masa penjajahan.



5. Asinan



Sumber: pergikuliner.com


Asinan selain disebut sebagai salad ala Indonesia juga disebut sebagai kimchinya Indonesia. Asinan merupakan sayuran dan buah-buahan yang difermentasikan sehingga memiliki rasa asam alami. Ada dua jenis asinan yang paling terkenal di Indonesia, yakni asinan Betawi dan asinan Bogor. Perbedaannya hanya terletak pada kuah siramannya saja. Asinan Bogor lebih encer sementara asinan Betawi lebih kental karena dicampur kacang tanah. Asinan biasa disantap dengan pelengkap kerupuk merah dan kuning.

Nasi Pecel Mbak Ira

Foto Nasi Pecel Mbak Ira

Pecel Pincuk Ibu Ida

Foto Pecel Pincuk Ibu Ida

Asinan Kamboja H. Mansyur

Foto Asinan Kamboja H. Mansyur
Foto Asinan Kamboja H. Mansyur

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?