Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Saus Ini Bikin Chinese Food Jadi Terasa Semakin Lezat

List Artikel
4 Juli 2019 | 0 Komentar
Chinese food atau biasa yang kita sebut dengan nama masakan China memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat Indonesia dikarenakan cita rasanya yang lezat. Masakan China memang memiliki cita rasa yang lezat dan berbeda sehingga bisa membuat kita selalu ketagihan mencicipnya. Jika kamu perhatikan dengan seksama, kalau masakan Indonesia terasa lezat karena penggunaan bumbu rempahnya, masakan China justru terasa lezat dikarenakan penggunaan aneka sausnya. Coba saja kamu lihat ketika para koki memasak masakan China, saat saus dituangkan, maka aroma wangi masakan tersebut akan langsung merebak dan membuat nafsu makanmu bertambah. Terdapat sekitarnya lima saus yang bisa membuat cita rasa masakan China menjadi lezat, yaitu:

 

1. Kecap Asin



Sumber : Thespruceeats.com


Pertama ada kecap asin yang paling banyak digunakan pada masakan China. Rasanya hampir semua masakan China menggunakan kecap asin sebagai pengganti garam. Kenapa menggunakan kecap asin? Tidak seperti garam yang mudah menggumpal ketika dimasak alias tidak mudah larut, kecap asin yang bersifat larutan ini bisa dengan mudah menyatu dalam masakan dan tidak menggumpal. Selain itu, kecap asin juga biasa dipakai untuk masakan yang memiliki bahan utama ikan karena bisa menghilangkan bau amis pada ikan. Kecap asin memiliki tekstur yang cukup cair dengan warna yang hitam.

2. Saus Tiram



Sumber : Organicfacts.com


Kalau saus yang satu ini jangan dipertanyakan lagi ya Teman Pergi Kuliner karena penggunaannya memang sangat sering pada masakan China. Rasanya semua masakan China yang ditumis menggunakan campuran saus tiram. Saus ini merupakan saus yang terbuat dari campuran tiram yang dimasak hingga mengental. Cita rasanya cenderung gurih, manis, dan asin karena di dalamnya ada tambahan gula dan garam di dalamnya. Tapi ada saus tiram yang tidak memiliki kandungan garam sama sekali di dalamnya. Saus tiram memiliki tekstur yang agak kental dengan warna yang kehitaman.

3. Kecap Ikan


Sumber : Reluctantgourment.com


Berikutnya ada kecap ikan yang dari aromanya memang sangat menusuk hidung ketika belum masuk ke dalam masakan. Tapi kalau sudah dimasak dalam masakan, maka bisa membuat citarasa masakan jadi sangat lezat. Kecap ikan dibuat dengan cara memfermentasikan ikan dengan garam dan air atau cairan yang didapat disebut dengan nama kecap ikan. Kecap ikan biasanya digunakan pada masakan China berjenis tumisan dan juga masakan yang tim. Kecap ikan memiliki tekstur yang agak cair dengan warna yang kecoklatan. Cita rasanya cukup asin sehingga kamu tak boleh banyak-banyak menggunakannya ya!

4. Kecap Inggris



Sumber : Draxe.com


Meski namanya kecap Inggris, tapi bukan berarti tidak pernah digunakan pada masakan China. Kecap Inggris justru banyak digunakan pada masakan China seperti tumisan dan masakan yang memiliki bahan utama daging. Kecap Inggris dibuat dari campuran cuka, molase, gula jagung, air, cabai, kecap asin, lada hitam dan bahan rempah lainnya. Tak heran kalau cita rasanya sangat kaya akan rempah. Kecap Inggris memiliki tekstur yang cair sedikit kental dengan warna kecoklatan.

 

5. Saus Hoisin



Sumber : Omnivorescookbook.com


Terakhir ada saus hoisin yang tidak banyak diketahui orang karena banyak yang belum familiar dengan saus ini. Padahal saus ini juga banyak digunakan pada masakan China. Misalkan saja untuk membuat ayam panggang atau bebek peking. Saus hoisin ini memang lebih banyak digunakan untuk merendam ayam, daging, hingga ikan sebelum dipanggang atau dibakar. Saus ini terbuat dari bahan utama kecap manis, madu, minyak wijen, merica dan bawang putih. Saus hoisin ini terbilang lebih kental dibanding keempat saus di atas dengan warna cenderung kecoklatan.

Itulah kelima saus yang bikin masakan China jadi lebih lezat. Jadi kepengen makan masakan China? Mampir ke sini aja yuk!

Liyen Restaurant

Foto Liyen Restaurant
Foto Liyen Restaurant
Foto Liyen Restaurant

Fook Yew

Foto Fook Yew
Foto Fook Yew
Foto Fook Yew

Golden Sense International Restaurant

Foto Golden Sense International Restaurant
Foto Golden Sense International Restaurant
Foto Golden Sense International Restaurant

New Cahaya Lestari

Foto New Cahaya Lestari
Foto New Cahaya Lestari
Foto New Cahaya Lestari

Hong He by Angke Restaurant

Foto Hong He by Angke Restaurant
Foto Hong He by Angke Restaurant
Foto Hong He by Angke Restaurant

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?