Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Saus Kekinian yang Paling Populer di Restoran, Apa Aja Ya?

List Artikel
20 Februari 2020 | 0 Komentar

Saus menjadi salah satu bahan pelengkap hidangan yang selalu tersaji di atas meja. Beberapa negara punya saus khasnya masing-masing, contohnya saja Indonesia yang selalu menyajikan saus sambal pada setiap jenis masakan. Penggunaan saus tak hanya bisa dijadikan bahan cocolan saja, tapi juga bisa diolah menjadi satu dengan kuliner utama sehingga cita rasanya bisa menyatu dengan sempurna. Selama ini kita mengenal beberapa jenis saus klasik seperti saus sambal, saus asam manis, saus teriyaki, hingga saus BBQ. Selain saus-saus tersebut, masih ada jenis saus lainnya yang saat ini banyak digunakan di beberapa restoran serta cafe. Berhubung saus-saus ini terbilang sangat populer, maka dijuluki sebagai saus kekinian. Ada saus apa saja memangnya? Coba langsung kita lihat yuk!

 

1. Saus Cajun



Sumber : Detik.net.id


Pertama ada saus cajun yang sudah sangat populer untuk dipadukan dengan beragam kuliner. Mulai dari ayam goreng tepung hingga olahan seafood. Saus cajun ini merupakan saus asal Amerika yang dibuat dari bahan dasar rempah-rempah kering. Mulai dari bawang putih, bawang bombay, paprika, lada, garam dan lain sebagainya. Cita rasa saus ini cenderung pedas sehingga cocok buat pecinta kuliner pedas.

 

2. Saus Telor Asin



Sumber : Ytimg.com


Jika kamu tak suka pedas, maka bisa mencoba saus telor asin. Saus telor asin ini menjadi sangat populer sejak dipadukan dengan ayam goreng tepung. Sesuai dengan namanya, saus telur asin memang terbuat dari telur asin, tapi hanya bagian kuning telurnya saja. Cara membuatnya adalah dengan menghaluskan kuning telur asin dan mencampurkannya dengan beragam bumbu rempah. Cita rasa dari saus telur asin ini gurih asin dengan tekstur creamy.

 

3. Saus Smoked BBQ



Sumber : Bradleysmoker.com


Saus BBQ pasti terdengar tak asing bagimu, tapi bagaimana dengan saus smoked BBQ. Saus smoked BBQ ini sebenarnya hampir mirip dengan saus BBQ, tapi yang membedakannya adalah adanya aroma smoked atau asap yang menjadi ciri khasnya. Saus ini biasa dibuat dari saus cabai, saus tomat, kecap Inggris, bawang putih, mustard, garam, lada, madu dan lain sebagainya. Cita rasanya gurih dan ada sedikit rasa asamnya.

 

4. Saus Garlic Butter



Sumber : Simplyrecipes.com


Berikutnya ada saus garlic butter yang punya citarasa serta aroma yang sangat khas. Saus ini memiliki aroma yang sangat wangi karena menggunakan bahan utama bawang putih dan mentega. Teksturnya terbilang cukup kental dan cita rasanya gurih asin. Saus garlic butter lebih banyak dijumpai sebagai bahan cocolan pada ayam goreng, kentang goreng, steak, hingga beragam olahan seafood.

 

5. Saus Lemon Butter



Sumber : Lovefoodies.com


Terakhir ada saus lemon butter yang sebenarnya tak jauh berbeda dengan saus garlic butter karena sama-sama menggunakan mentega sebagai campurannya. Perbedaannya adalah saus ini menggunakan bahan campuran lemon di dalamnya. Berhubung menggunakan lemon, maka sudah pasti cita rasanya agak sedikit asam. Selain itu ada rasa gurih serta aroma wangi yang membuatmu ketagihan menyantapnya.

 

Itulah beberapa saus kekinian yang populer di restoran. Dari semuanya, kamu lebih suka menggunakan saus yang mana? Jika ingin mencicipi aneka kuliner yang menggunakan saus tersebut, kamu bisa mampir aja ke salah satu tempat di bawah ini ya!

Wingstop

Foto Wingstop
Foto Wingstop
Foto Wingstop

Chir Chir

Foto Chir Chir
Foto Chir Chir
Foto Chir Chir

Young Dabang

Foto Young Dabang
Foto Young Dabang

Fish Streat

Foto Fish Streat
Foto Fish Streat
Foto Fish Streat

Fish & Co.

Foto Fish & Co.
Foto Fish & Co.
Foto Fish & Co.

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?