Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Saus Marinasi yang Bisa Bikin Sajian Daging Jadi Lebih lezat

List Artikel
4 April 2019 | 0 Komentar
Ketika menyantap daging dan ikan, kita kerap kali merasa bagian luar daging berbumbu sekali, tapi bagian dalamnya kurang berbumbu. Penyebab dari bagian dalam daging yang kurang berbumbu adalah tidak termarinasi dengan benar. Marinasi merupakan proses merendam daging dan ikan dalam saus berbumbu dengan jangka waktu tertentu, biasanya proses marinasi memakan waktu minimal 30 menit sampai 1 jam. Semakin lama proses marinasi, maka saus yang digunakan akan semakin meresap ke dalam daging. Saus marinasi ini bisa digunakan untuk segala macam jenis daging seperti ayam, sapi, babi, kambing dan juga ikan. Ada banyak sekali jenis saus marinasi, tetapi PergiKuliner mencatat ada lima saus marinasi yang paling banyak digunakan, yaitu:


 Sumber : Pergikuliner.com


1. Saus BBQ

Pertama ada saus BBQ yang sering digunakan untuk memarinasi steak dan juga daging BBQ. Warna dari saus BBQ ini cokelat agak kemerahan seperti layaknya saus tomat dan teksturnya cukup kental. Cita rasanya sangat gurih dengan perpaduan sedikit rasa manis. Saus ini terbuat dari campuran bawang bombay, bawang putih, paprika merah, gula palem, kecap inggris, saus tomat, cuka, garam dan lada. Semua bahan yang pembuat saus BBQ harus dimasak dengan cara ditumis terlebih dahulu sehingga kamu bisa menyimpannya untuk beberapa kali pakai.
 
2. Saus Teriyaki
Selanjutnya ada saus teriyaki yang merupakan saus asal Jepang yang bercita rasa manis dan gurih dengan tampilan luar yang agak glossy. Saus teriyaki biasa digunakan untuk daging sapi atau ayam yang akan dibakar atau ditumis dan juga. Saus ini dibuat dengan menggunakan gula merah, madu, kecap asin, jahe dan bawang putih. Jika tidak mau repot meracik saus teriyaki, kamu bisa membelinya dalam bentuk kemasan botol yang sudah jadi sehingga kamu bisa langsung menggunakannya.
 
3. Saus Lada Hitam
Saus lada hitam menjadi salah satu saus marinasi yang paling sering digunakan dalam sajian steak. Saus ini dibuat dengan menggunakan campuran bawang putih, bawang bombay, saus tiram, kecap manis, margarin, air kaldu, gula pasir dan pastinya lada hitam. Cita rasa dari saus lada hitam ini adalah gurih dan ada sedikit rasa pedas dari lada hitamnya. Jika saus ini mengalami karamelisasi saat dipanggang, maka aromanya menjadi lebih wangi menggoda. Jika tidak sempat membuatnya, saus lada hitam juga banyak dijual di supermarket dalam bentuk kemasan botolan.
 
4. Saus Balsamic
Saus balsamic memang terdengar sedikit asing di telingamu, tapi saus ini banyak digunakan sebagai bumbu marinasi ikan dan seafood. Saus balsamic dibuat dari bahan campuran cuka balsamic, daun thyme, garam dan merica saja. Meski bahan-bahannya sangat simpel, tapi cita rasa yang dihasilkan sangat lezat. Daging atau ikan yang dimarinasi dengan saus balsamic memiliki cita rasa yang gurih dan asam. Selain dibuat untuk saus marinasi, saus balsamic juga sering digunakan untuk saus salad.
 
5. Saus Greek
Terakhir ada saus Greek yang merupakan saus marinasi dengan cita rasa kaya akan rempah. Saus Greek ini seringkali dijuluki sebagai saus Italian juga karena di dalamnya ada banyak rempah khas Italia. Kamu bisa membuat saus Greek dengan menggunakan bawang putih, daun oregano, basil, tyhme, kulit lemon, perasan lemon dan merica. Selain sering digunakan untuk saus marinasi daging, saus Greek ini juga banyak digunakan untuk olahan ikan dan seafood karena bisa menghilangkan rasa amis.
 
Itulah beberapa saus marinasi yang bisa membuat sajian daging jadi lebih lezat. Jika tdak percaya, kamu bisa coba menyantap aneka sajian nikmat dari salah satu referensi tempat makan di bawah ini ya!

AB Steakhouse by Chef Akira Back

Foto AB Steakhouse by Chef Akira Back
Foto AB Steakhouse by Chef Akira Back
Foto AB Steakhouse by Chef Akira Back

Abuba Steak

Foto Abuba Steak
Foto Abuba Steak
Foto Abuba Steak

Magal Korean BBQ

Foto Magal Korean BBQ
Foto Magal Korean BBQ
Foto Magal Korean BBQ

Holycow! STEAKHOUSE by Chef Afit

Foto Holycow! STEAKHOUSE by Chef Afit
Foto Holycow! STEAKHOUSE by Chef Afit
Foto Holycow! STEAKHOUSE by Chef Afit

WAKI Japanese BBQ Dining

Foto WAKI Japanese BBQ Dining
Foto WAKI Japanese BBQ Dining
Foto WAKI Japanese BBQ Dining

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?