Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Saus Populer yang Cocok sebagai Cocolan Sushi

List Artikel
30 Desember 2023 | 0 Komentar

Sushi adalah kuliner khas Jepang yang sangat populer di Indonesia. Kuliner ini terbuat dari bahan dasar nasi yang dipadukan dengan berbagai jenis seafood, seperti ikan tuna, salmon, dan sebagainya. Keunikan sushi terletak pada ukurannya yang mini sehingga bisa disantap dalam sekali suap, serta cita rasanya yang khas. Jadi, meskipun kuliner ini terlihat sederhana, rasanya sangat lezat karena nasi yang digunakan pada sushi sudah dicampur dengan berbagai macam bumbu sehingga memiliki cita rasa yang istimewa. Untuk meningkatkan kenikmatannya, disarankan menyantap sushi dengan aneka saus cocolan. Sebelum disantap, bagian ujung sushi dapat dicelupkan ke dalam saus cocolan terlebih dahulu. Perpaduan sushi dengan saus cocolan ini bisa menghadirkan rasa yang berbeda-beda. Nah, dari sekian banyak saus yang bisa digunakan sebagai cocolan sushi, di bawah ini ada lima jenis saus yang paling populer di kalangan penikmat sushi.

 

1. Saus Shoyu



Sumber: fooddiversity.today


Jenis saus pertama yang populer dan cocok sebagai cocolan sushi adalah shoyu. Shoyu merupakan kecap asin khas Jepang yang rasanya berbeda dari kecap asin pada umumnya. Ini perlu kamu ketahui karena shoyu memiliki rasa yang sedikit manis dan rasa asin yang tidak terlalu tajam di lidah. Hal ini disebabkan oleh bahan pembuatan shoyu yang berbeda dengan kecap asin kebanyakan. Ada penambahan gandum yang memberikan sentuhan rasa manis yang lembut. Nah, untuk membedakan shoyu dari kecap asin lainnya, kamu bisa melihat dari segi tampilannya. Shoyu memiliki warna yang jauh lebih gelap dan teksturnya lebih kental.

 

2. Saus Nitsume



Sumber: livejapan.com


Nitsume merupakan salah satu saus populer yang cocok sebagai cocolan sushi. Nitsume sangat dikenal sebagai saus belut yang bisa digunakan sebagai cocolan sushi. Tampilan saus nitsume ini memang mirip dengan shoyu. Namun, teksturnya lebih kental dan warnanya cenderung agak lebih cokelat. Untuk membuat saus nitsume ini, kamu harus menggunakan campuran kecap asin, gula, dan mirin yang diaduk rata dan dimasak hingga mendidih. Biasanya, saus nitsume ini ditambahkan dengan sedikit tepung maizena yang membuat teksturnya menjadi lebih kental.

 

3. Saus Teriyaki



Sumber: therecipecritic.com


Saus teriyaki pastinya sudah sangat familiar di kalangan masyarakat Indonesia karena sering kali dijadikan sebagai bumbu masakan daging sapi hingga daging ayam. Namun, saus ini ternyata juga bisa dijadikan sebagai cocolan sushi. Saus teriyaki dibuat dari bahan dasar kecap asin, sake, mirin, dan gula sehingga nanti rasanya menjadi lebih manis dan gurih asin. Jika dijadikan sebagai saus cocolan sushi, saus teriyaki ini harus dimasak terlebih dahulu hingga mendidih agar aromanya semakin wangi untuk dicocolkan sushi.

 

4. Saus Ponzu



Sumber: acouplecooks.com


Selanjutnya, ada saus ponzu yang cocok buat kamu penyuka rasa asin, asam, dan menyegarkan. Saus ponzu dibuat dari bahan dasar tamari, salah satu jenis kecap asin Jepang, yang dicampurkan dengan jus jeruk Jepang atau yuzu, mirin, kombu, cuka beras, dan katsuoboshi. Sebelum disajikan, saus ponzu sering kali diperkaya dengan tambahan irisan daun bawang sehingga aromanya menjadi lebih wangi. Dengan mencocolkan sushi ke dalam saus ponzu, maka kamu bisa merasakan cita rasa yang lebih kaya.

 

5. Saus Mayo



Sumber: tastegreatfoodie.com


Saus populer terakhir yang cocok sebagai cocolan sushi adalah saus mayo. Meski bukan berasal dari Jepang, saus mayo atau saus mayonaise merupakan saus yang paling sering digunakan sebagai cocolan sushi. Mayonaise yang berasal dari budaya Barat ini dibuat dari bahan dasar kuning telur mentah yang dikocok dengan minyak hingga membentuk emulsi, kemudian dicampurkan dengan cuka, garam, dan sedikit mustard. Saus mayo yang dijadikan sebagai cocolan sushi biasanya akan ditambahkan dengan saus sambal untuk memberikan sentuhan sensasi pedas.

 

Itulah lima saus populer yang cocok sebagai cocolan sushi. Kelima saus tersebut tentu memiliki cita rasa khasnya masing-masing yang bisa dipilih sesuai preferensi. Dari kelimanya, manakah yang paling kamu suka? Buat yang ingin menyantap sushi, di bawah ini ada beberapa rekomendasi restoran sushi terbaik yang bisa kamu datangi!

Kappa Sushi

Foto Kappa Sushi
Foto Kappa Sushi
Foto Kappa Sushi

Umaku Sushi

Foto Umaku Sushi
Foto Umaku Sushi
Foto Umaku Sushi

Okinawa Sushi

Foto Okinawa Sushi
Foto Okinawa Sushi
Foto Okinawa Sushi

Genki Sushi

Foto Genki Sushi
Foto Genki Sushi
Foto Genki Sushi

Sushi Go!

Foto Sushi Go!
Foto Sushi Go!
Foto Sushi Go!

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?