Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Saus Steak Ayam Ini Bisa Membuat Sajian Berbuka Jadi Lebih Nikmat

List Artikel
27 Maret 2024 | 0 Komentar

Di bulan Ramadhan ini, steak bisa jadi pilihan menarik sebagai hidangan berbuka puasa yang istimewa. Steak merupakan kuliner asal Barat yang sangat terkenal di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Steak terbuat dari bahan dasar daging yang dipanggang di atas panggangan dan disajikan dengan siraman saus, sayuran rebus, dan kentang goreng atau mashed potatoJenis daging yang digunakan untuk steak dapat bervariasi, mulai dari sapi, domba, kambing, hingga ayam. Di antara jenis-jenis daging tersebut, daging ayam merupakan jenis yang paling disukai mayoritas masyarakat Indonesia. Salah satu alasannya ialah karena harganya yang jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan jenis daging lainnya. Bagian daging ayam yang paling sering digunakan untuk steak ialah bagian dada, tapi ada juga yang menggunakan daging bagian paha. Lantas, bagaimana dengan sausnya? Apakah saus yang digunakan untuk steak sapi juga bisa digunakan untuk steak ayam? Tentu saja bisa, tetapi ada beberapa saus yang lebih cocok untuk disajikan dengan steak ayam sehingga bisa membuat sajian berbuka puasamu jadi lebih nikmat. Yuk, kita lihat jenis saus apa saja yang cocok untuk steak ayam!

 

1. Saus BBQ



Sumber: kitchensanctuary.com


Saus BBQ atau saus barbeque menjadi salah satu saus steak ayam yang paling sering digunakan di dunia kuliner. Saus BBQ terbuat dari bawang bombay, bawang putih, saus tiram, kecap inggris, mustard, pasta tomat, margarin, dan air. Rasa dari saus BBQ ini cenderung gurih agak asam. Saus BBQ bisa menjadi olesan dan juga bisa menjadi saus cocolan atau siraman untuk kuliner yang berbahan dasar daging, baik itu daging sapi maupun daging ayam yang dimasak dengan cara dipanggang seperti steak.

 

2. Saus Black Pepper



Sumber: sagamission.com.my


Selain saus BBQ, ada saus black pepper yang memiliki ciri khas dari segi aroma dan rasanya. Saus black pepper memiliki aroma dan rasa khas yang cenderung agak pedas karena menggunakan merica hitam. Jika dilihat sekilas, saus black pepper terlihat mirip dengan saus BBQ karena warnanya cokelat tua. Tapi jika diperhatikan lebih saksama, saus black pepper ini memiliki bintik-bintik hitam yang berasal dari campuran lada hitam yang melimpah. Warnanya juga cenderung lebih gelap karena ada tambahan sedikit kecap manis di dalamnya.

 

3. Saus Mushroom



Sumber: bbcgoodfood.com


Selanjutnya, ada saus mushroom yang tampilannya jauh berbeda dari kedua saus di atas. Sesuai dengan namanya, saus mushroom adalah saus yang dibuat dengan tambahan jamur di dalamnya. Warnanya cenderung putih pucat dan agak keruh. Saus mushroom ini memiliki tekstur yang lebih kental jika dibandingkan dengan jenis saus steak ayam lainnya. Jenis jamur yang digunakan adalah jamur kancing atau champignon. Jamur yang sudah ditumis bersama dengan bawang bombay dan bawang putih dicampur dengan krim atau susu, kaldu jamur, garam, thyme, dan merica hitam. Sebelum disajikan, saus ini biasanya dipanaskan dan diberi tambahan mentega.

 

4. Saus Keju



Sumber: dontgobaconmyheart.co.uk


Saus keju juga menjadi jenis saus yang cocok disajikan dengan steak ayam. Tak jauh berbeda dari saus jamur, saus keju ini punya tekstur yang kental dan creamy sehingga lebih cocok dijadikan sebagai saus steak ayam daripada jenis daging lainnya. Saus keju ini juga menjadi jenis saus yang populer digunakan sebagai cocolan ayam goreng tepung. Akan tetapi, tidak hanya cocok untuk ayam goreng saja, saus keju juga cocok disajikan dengan steak ayam. Saus keju sendiri terbuat dari berbagai jenis keju yang dimasak dengan krim dan kaldu sehingga memberikan rasa gurih dan asin yang lezat.

 

5. Brown Sauce



Sumber: fromthelarder.co.uk


Jenis saus terakhir yang cocok disajikan dengan steak ayam adalah brown sauce. Saus ini juga kerap kali dijumpai sebagai saus steak ayam daripada jenis daging lainnya. Sesuai dengan namanya, brown sauce adalah saus berwarna kecokelatan yang terbuat dari kaldu daging, saus tomat, bawang bombay, margarin, kecap inggris, kecap manis, pala bubuk, gula, merica, dan garam. Ciri khas dari saus cokelat ini adalah kombinasi cita rasa manis, gurih, dan sedikit asam.


Itulah beberapa saus steak ayam yang bisa membuat sajian berbuka puasa kamu jadi lebih nikmat. Dari kelima saus tersebut, manakah saus steak ayam yang paling kamu sukai? Jika kamu ingin menikmati steak sebagai hidangan berbuka puasa yang istimewa, di bawah ini ada beberapa rekomendasi restoran steak yang rasanya patut diacungi jempol!

Justus Steakhouse

Foto Justus Steakhouse
Foto Justus Steakhouse
Foto Justus Steakhouse

B'Steak Grill & Pancake

Foto B'Steak Grill & Pancake
Foto B'Steak Grill & Pancake
Foto B'Steak Grill & Pancake

Steak On Top

Foto Steak On Top
Foto Steak On Top
Foto Steak On Top

Joni Steak

Foto Joni Steak
Foto Joni Steak
Foto Joni Steak

Double U Steak by Chef Widhi

Foto Double U Steak by Chef Widhi
Foto Double U Steak by Chef Widhi
Foto Double U Steak by Chef Widhi

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?