Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Sayuran Ini Kerap Kali Dijumpai Pada Ramen

List Artikel
13 September 2022 | 0 Komentar

Ramen merupakan salah satu kuliner khas Jepang yang memiliki banyak penggemar di Indonesia. Pasalnya kuliner berkuah ini sangat populer sehingga mudah dijumpai. Ada banyak restoran khusus yang menjual ramen di beberapa kota besar di Indonesia. Ramen dibuat dari bahan dasar mie dan diberi kuah dan topping. Meski terdengar sederhana, tapi rasanya bisa berbeda tergantung dari kuah dan isian yang digunakan. Salah satu isian yang kerap kali digunakan dalam ramen adalah sayur-sayuran. Dari sekian banyak sayuran, ada lima yang paling sering dijumpai pada ramen, yaitu:

 

1. Pakcoy

Sumber: Hellosehat.com


Sayuran yang paling sering digunakan dalam ramen adalah pakcoy. Pakcoy adalah sayuran hijau yang sekilasmirip dengan sawi, tapi keduanya ini berbeda, mulai dari tekstur hingga rasanya. Tidak seperti sawi yang punya rasa pahit yang dominan, pakcoy memiliki rasa yang sedikit agak manis. Teksturnya juga lebih renyah, terutama pada bagian bonggol bawah daunnya yang sering diikut sertakan dalam ramen. Dengan adanya tambahan pakcoy, maka kamu tidak merasa eneg setelah mengonsumsi ramen yang berkuah kental.

 

2. Daun Bawang



Sumber: Toriavey.com


Daun bawang pada ramen rasanya sudah menjadi sebuah kewajiban pada kuliner khas Jepang ini. Daun bawang pada ramen bisa dimasukkan ke dalam kuah atau dijadikan sebagai taburan topping saat akan disajikan. Biasanya jika dimasukkan ke dalam kuah, daun bawang yang digunakan adalah bagian putihnya atau bagian bawah. Sementara jika digunakan sebagai taburan, maka bagian yang dipilih adalah bagian atas daun yang berwarna hijau. Dengan penambahan daun bawang, aroma ramen bisa lebih wangi. Ditambah lagi rasanya juga bisa menjadi lebih sedap. 

 

3. Wakame



Sumber: Yukmakan.com


Wakame adalah salah satu jenis rumput laut yang banyak digunakan pada kuliner berkuah khas Jepang seperti ramen. Wakame merupakan ganggang laut yang tumbuhnya di dasar laut. Teksturnya kenyal tapi lembut saat sudah dimasak. Wakame memiliki kandungan serat yang sangat tinggi sehingga bagus untuk dikonsumsi karena bermanfaat untuk kesehatan sistem pencernaan. Dengan penambahan wakame pada ramen, tak hanya tekstur dari dariramen yang bervariasi, tapi aroma dan rasanya juga ikut berbeda.

 

4. Tauge


Sumber: Thespruceeats.com


Tak sedikit orang yang suka menyantap ramen dengan tambahan tauge di dalamnya. Tauge yanng digunakan kebanyakan adalah tauge mentah yang diletakkan di atas mie, baru kemudian akan disiram dengan kuah ramen yang masih panas. Dengan begitu, tauge akan matang tapi teksturnya tetap renyah. Tauge memiliki aroma yang sangat khas sehingga bisa membuat sajian ramen jadi berbeda.Tauge banyak dijumpai pada sajian ramen yang menggunakan irisan daging ayam atau babi.

 

5. Horenzo



Sumber: Kebun-kita.com


Sayuran terakhir yang sering dijumpai pada ramen adalah horenzo. Horenzo adalah bayam Jepang yang sering dijumpai pada ramen berkuah pedas hingga yang berkuah kental. Pasalnya horenzo memiliki rasa yang pahit agak manis. Rasa pahit pada horenzo tidak sepahit pokcoy atau sawi sehingga lebih sering digunakan. Biasanya horenzo akan dimasak setengah matang sehingga teksturnya tidak terlalu lembek. Jika dimasak terlalu lama, maka tekstur horenzoakan menjadi lembek.

 

Itulah beberapa jenis sayuran yang kerap kali dijumpai pada ramen. Kamu sendiri lebih suka sayuran apa untuk ditambahkan ke dalam ramen?

Hibara Ramen

Foto Hibara Ramen
Foto Hibara Ramen
Foto Hibara Ramen

Bariuma Ramen

Foto Bariuma Ramen
Foto Bariuma Ramen
Foto Bariuma Ramen

Marutama Ra-men

Foto Marutama Ra-men
Foto Marutama Ra-men
Foto Marutama Ra-men

Ultramen

Foto Ultramen
Foto Ultramen
Foto Ultramen

Yoiko Ramen 415

Foto Yoiko Ramen 415
Foto Yoiko Ramen 415
Foto Yoiko Ramen 415

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?