Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Solusi Pereda Sakit Tenggorokan Saat Musim Hujan

List Artikel
4 Januari 2016 | 0 Komentar

Saat musim hujan, sakit tenggorokan sering kali datang melanda. Gejala sakit tenggorokan awalnya adalah gatal dan rasa sakit saat menelan. Selain karena faktor cuaca dingin dan musim hujan, kondisi tubuh yang sedang tidak fit juga bisa mempengaruhi sakit tenggorokan. Tapi kamu tidak perlu khawatir karena PergiKuliner punya beberapa solusi pereda sakit tenggorokan kamu. Apa saja ya? Yuk simak!



1. Jahe



Sumber: pergikuliner.com


Secangkir jahe yang hangat bisa memberikan ketenangan bagi tenggorokan. Hal ini sudah dipercaya sejak lama oleh orang Indonesia bila tenggorokannya terasa sakit atau gatal. Jahe juga bisa memberikan efek lega pada hidung sehingga batuk dan pilek bisa segera ditangani. Kalau kamu tidak suka minum jahe polos begitu saja, sekarang jahe bisa dinikmati dalam bentuk olahan seperti wedang jahe, sekoteng, susu jahe, dan lain-lain.



2. Putih telur



Sumber: pergikuliner.com


Banyak yang tidak tahu kalau putih telur mampu untuk meredakan rasa sakit di tenggorokan. Namun dalam mengonsumsinya jangan mencampurkan bumbu seperti penyedap karena bisa memperparah sakit di tenggorokan. Konsumsilah putih telur yang sudah direbus.



3. Air Garam Hangat



Sumber: www.searchhomeremedy.com


Air garam hangat sangat ampuh untuk mengobati batuk dan juga sakit tenggorokan. Caranya mudah, kamu cukup mencampurkan setengah sendok garam dalam setengah liter air hangat lalu berkumur. Ini bisa membunuh bakteri dalam tenggorokan dan meningkatkan sirkulasi darah pembawa sel infeksi ke kerongkongan sehingga lebih cepat sembuh.



4. Lada



Sumber: www.jurnalasia.com


Berbeda dengan cabai yang bisa memperparah sakit tenggorokan kamu. Rasa pedas dan panasnya yang dihasilkan lada dapat merangsang otakmu sehingga mengurangi rasa sakit di tenggorokan. Hal ini juga bisa melancarkan hidung yang tersumbat karena flu. Tambahkan lada dalam sajian makanan kamu. Lebih bagus jika ditambahkan dalam makanan berkuah hangat.



5. Teh Herbal



Sumber: pergikuliner.com


Teh herbal juga bisa kamu jadikan alternatif untuk mengobati rasa sakit di tenggorokanmu. Teh herbal mengandung imun yang mampu berperan aktif sebagai antiviral dan aktibakterial. Apalagi jika dinikmati selagi masih hangat, bisa membuat tubuh kamu terasa rileks dan nyaman.


Fantasi Ronde

Foto Fantasi Ronde

The Writers Bar - Raffles Jakarta Hotel

Foto The Writers Bar - Raffles Jakarta Hotel
Foto The Writers Bar - Raffles Jakarta Hotel

Tea Et Al - Leaf Connoisseur

Foto Tea Et Al - Leaf Connoisseur
Foto Tea Et Al - Leaf Connoisseur
Foto Tea Et Al - Leaf Connoisseur

Sunny Side Up

Foto Sunny Side Up
Foto Sunny Side Up
Foto Sunny Side Up

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?