Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Spring Roll Terpopuler di Asia, Lumpia Semarang Termasuk Salah Satunya

List Artikel
24 Agustus 2023 | 0 Komentar

Spring roll merupakan sebutan untuk kuliner yang dibungkus dan digulung. Isiannya bisa beragam, mulai dari sayur-sayuran hingga daging. Sementara itu, bahan pembungkusnya biasanya dibuat dari bahan dasar adonan tepung yang didadar tipis-tipis. Kuliner spring roll ini lebih banyak dijumpai di negara-negara Asia jika dibandingkan dengan negara di Eropa dan Amerika. Spring roll ada yang dimasak dengan cara dikukus, digoreng, hingga ada yang disajikan begitu saja. Kuliner ini menjadi camilan yang bisa disantap saat sedang bersantai. Namun, juga bisa dijadikan sebagai kuliner penahan rasa lapar karena isiannya yang penuh dan beragam serta penuh gizi. Dari banyaknya spring roll yang ada di dunia, inilah lima spring roll terpopuler di Asia yang perlu kamu ketahui.

 

1. Lumpia Shanghai



Sumber: maputingcooking.com


Spring roll terpopuler di Asia yang pertama adalah lumpia Shanghai. Lumpia Shanghai adalah spring roll dari Shanghai yang memiliki ciri khas tekstur yang sangat garing dan renyah. Tidak hanya cocok dijadikan sebagai camilan, lumpia Shanghai ini juga cocok dijadikan sebagai makanan pembuka sebelum menyantap makanan besar. Lumpia Shanghai memiliki ciri khas isian yang sangat banyak, mulai dari ayam cincang, jamur kuping, soun, wortel, dan daun bawang. Setelah semua bahan isian ditumis hingga matang bersama dengan bumbu. Isian akan dibungkus dengan kulit lumpia dan digoreng hingga bagian luarnya garing renyah.

 

2. Chun Juan



Sumber: food52.com


Chun juan adalah spring roll asal Tiongkok yang memiliki ciri khas tekstur garing dengan isian daging yang sangat melimpah. Isian daging untuk chun juan bisa berupa daging babi hingga daging sapi. Ada sebagian chun juan yang diberi tambahan sayuran seperti kubis atau tauge. Dan ada juga yang ditambahkan dengan bihun. Setelah digoreng hingga matang, chun juan ini akan disajikan bersama dengan saus sambal asam manis sehingga nantinya bisa memberikan sensasi rasa yang sangat kaya saat kamu menyantapnya.

 

3. Goi Cuon



Sumber: pergikuliner.com


Selanjutnya, ada goi cuon yang merupakan spring roll dari Vietnam. Kuliner ini sangat populer dan bisa dijumpai di setiap restoran Vietnam. Berbeda dengan spring roll lainnya yang dimasak dengan cara digoreng, goi cuon justru tidak. Inilah yang membuatnya memiliki julukan sebagai salad wrap-nya Vietnam. Goi cuon ini dibuat dari bahan dasar lembaran kulit lumpia berupa kertas dari beras. Lalu di dalamnya terdapat isian aneka sayuran seperti mentimun, daun selada, daun mint, daging, udang, hingga mie. Nantinya, goi cuon akan disantap dengan cocolan saus khusus seperti saus kacang atau saus sambal.

 

4. Lumpia Semarang



Sumber: pergikuliner.com


Kalau spring roll yang satu ini pastinya para pecinta kuliner sudah hafal. Lumpia Semarang merupakan salah satu spring roll yang asalnya dari Semarang, Jawa Tengah. Lumpia Semarang memiliki ciri khas isiannya yang terbuat dari bahan dasar rebung dan bengkuang lalu dibumbui dengan bumbu khusus dan dibungkus dengan kulit lumpia. Lumpia Semarang ini bisa disajikan dalam keadaan digoreng dan tidak digoreng karena kulit dan isiannya sendiri sudah matang. Kamu bisa menyantapnya dengan sambal khusus dan acar mentimun serta cabai rawit hijau.

 

5. Popiah



Sumber: detik.net.id


Spring roll terpopuler di Asia yang terakhir adalah popiah. Sekilas, akan sulit membedakannya dengan lumpia Semarang, tapi keduanya ini sangat berbeda. Popiah yang berasal dari negara Malaysia ini memiliki isian udang kupas, lobak, mentimun, dan tauge. Isian yang padat ini membuatnya cukup mengenyangkan. Popiah bisa disantap begitu saja atau dicocol dengan saus khusus. Selain di Malaysia, popiah juga sangat populer di Singapura dan beberapa negara Asia Tenggara lainnya.

 

Itulah beberapa spring roll terpopuler di Asia. Kamu sendiri pernah mencoba spring roll yang mana nih? Nah, buat kamu yang ingin menyantap spring roll atau lumpia, di bawah ini ada rekomendasi restoran atau tempat makan yang menyajikan berbagai macam spring roll atau lumpia yang bisa kamu coba!

Pho Street

Foto Pho Street
Foto Pho Street
Foto Pho Street

Lumpia Jakarta

Foto Lumpia Jakarta
Foto Lumpia Jakarta
Foto Lumpia Jakarta

Lumpia Basah Ria

Foto Lumpia Basah Ria
Foto Lumpia Basah Ria
Foto Lumpia Basah Ria

Do An Vietnamese Express

Foto Do An Vietnamese Express
Foto Do An Vietnamese Express
Foto Do An Vietnamese Express

Pho Ba Ba

Foto Pho Ba Ba
Foto Pho Ba Ba
Foto Pho Ba Ba

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?