Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Street Food Berlapis Keju dari Berbagai Negara yang Gurih Banget

List Artikel
6 April 2020 | 0 Komentar

Keju menjadi salah satu makanan olahan susu yang punya banyak sekali penggemar. Cita rasanya yang gurih asin seolah membuat kamu tak bosan menyantapnya setiap hari. Keju memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi, mulai dari vitamin, protein, hingga mineral. Tak hanya punya nutrisi yang tinggi saja, keju juga punya banyak olahan yang membuatmu tergoda untuk menyantapnya. Di Indonesia, beberapa olahan keju yang terkenal kebanyakan adalah street food seperti martabak mozarella, martabak keju, pisang bakar keju, jasuke, dan ayam geprek mozarella. Selain di Indonesia, ternyata ada beberapa negara yang punya street food berlapis keju yang enaknya nagih banget, yaitu:

 

1. Roasted Cheese dari Korea



Sumber : Seoulsearchingdotnet.wordpress.com


Street food berlapis keju yang pertama ada di Korea, tepatnya Korea Selatan. Di sini ada olahan keju utuh yang dipotong kotak-kotak lalu ditusuk dengan tusukan bambu dan dibakar hingga bagian luarnya kecoklatan. Inilah yang membuatnya dinamakan roasted cheese karena memang benar-benar keju bakar. Nantinya setelah bagian luarnya kecoklatan, keju akan disiram dengan saus manis yang dibuat dari campuran susu dan gula. Cita rasanya tentu gurih, asin, dan manis dengan tekstur yang meleleh di mulut.

 

2. Falafel dari Timur Tengah



Sumber : Grubafare.wordpress.com


Beberapa dari kamu mungkin sudah pernah ada yang mendengar falafel atau bahkan sudah pernah mencicipinya. Falafel adalah street food khas Timur Tengah yang ada campuran kejunya. Falafel dibuat dari bahan dasar kacang-kacangan dan sayuran yang dihaluskan lalu dibentuk bulat dan diberi potongan keju mozarella yang cukup besar pada bagian tengahnya. Kemudian digoreng hingga matang. Nantinya setelah matang, falafel bisa disantap dengan cocolan mayonaise atau saus sambal.

 

3. Jini Dosa dari India



Sumber : Shitals-kitchen.blogspot.com


Selanjutnya ada jini dosa yang asalnya dari India. Jini dosa ini bentuknya ada yang seperti crepes dan ada juga yang seperti risoles, tergantung dari penjual yang menjualnya. Tapi pada dasarnya jini dosa ini dibuat dari bahan yang sama yakni adonan tepung yang dibuat dadar tipis lalu diberi isian atau topping keju mozarella di atasnya. Selain keju, kamu juga bisa menambahkan sayuran agar kandungan nutrisinya lebih tinggi.

 

4. Poutine dari Kanada



Sumber : Seriouseats.com


Suka kentang dan keju? Ada poutine yang merupakan street food khas Kanada dengan bahan dasar kentang dan keju. Kentang yang disajikan ini tidak digoreng tetapi dipanggang dengan bumbu yang simpel seperti garam dan lada dengan minyak zaitun. Setelah matang, kentang disajikan bersama dengan saus keju yang kental dan taburan keju parut atau potongan keju segar yang teksturnya masih lembek. Citarasanya sudah pasti sangat gurih dan nikmat banget kamu icip.

 

5. Prince Potato dari Taiwan



Sumber : Goodyfeed.com


Terakhir ada prince potato yang asalnya dari Taiwan. Mendengar namanya pasti kamu akan merasa aneh karena arti dari prince potato adalah pangeran kentang. Padahal kuliner ini tak ada hubungannya dengan kentang. Prince potato merupakan sajian kentang yang bagian dalamnya dikeluarkan lalu diisi dengan keju dan dipanggang lalu dibalut dengan lapisan tepung dan panir dan digoreng hingga matang. Setelah itu kentang akan disajikan dengan aneka topping seperti sayuran dan smoked beef lalu disiram dengan saus keju yang kental.

 

Itulah beberapa street food berlapis keju yang bisa masuk list wajib icip kamu. Nah, di bawah ini ada beberapa referensi tempat makan serba keju yang bisa kamu nikmati ya!

Master Cheese Pizza

Foto Master Cheese Pizza
Foto Master Cheese Pizza
Foto Master Cheese Pizza

Ohayou! Cheese Toast

Foto Ohayou! Cheese Toast
Foto Ohayou! Cheese Toast
Foto Ohayou! Cheese Toast

Richeese Factory

Foto Richeese Factory
Foto Richeese Factory
Foto Richeese Factory

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?