Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Street Food Jepang yang Sangat Populer di Dunia

List Artikel
13 Agustus 2023 | 0 Komentar

Setiap negara pasti selalu memiliki street food-nya masing-masing, termasuk Jepang. Street food merupakan kuliner jalanan atau yang lebih dikenal oleh masyarakat Indonesia dengan isitilah kuliner kaki lima. Dinamakan street food karena memang kuliner ini dijajakan di pinggir jalan menggunakan gerobak. Biasanya, street food ini memiliki harga yang sangat terjangkau karena hanya dijajakan di pinggir jalan. Meski demikian, rasa dari street food tak kalah enak dari jajanan yang dijual di kafe hingga restoran. Di Jepang, ada banyak sekali street food yang bisa dijumpai dan beberapa di antaranya ini sangat populer di dunia. Berikut adalah beberapa street food Jepang yang terkenal di dunia.

 

1. Takoyaki



Sumber: pergikuliner.com


Street food Jepang yang paling populer di dunia adalah takoyaki. Kuliner ini memiliki tampilan yang unik karena berbentuk bulat seperti bola golf. Takoyaki dibuat dari bahan dasar adonan tepung yang di dalamnya diisi dengan aneka seafood seperti gurita dan udang. Selain itu, ada juga isian yang lainnya seperti keju, sosis, dan sebagainya. Setelah dimasak dengan cetakan khusus hingga matang, takoyaki akan disajikan bersama dengan mayones, rumput laut, dan katsuobushi.

 

2. Okonomiyaki



Sumber: pergikuliner.com


Selain takoyaki, ada okonomiyaki yang juga sangat digemari sehingga populer di dunia. Pedagang okonomiyaki biasanya juga menjual takoyaki karena dua kuliner ini bahan dasarnya agak mirip. Okonomiyaki disebut dengan sebutan pancake atau dadar ala Jepang karena dibuat dari bahan dasar adonan tepung yang diisi dengan aneka sayuran lalu didadar di atas wajan panas. Cara penyajian okonomiyaki mirip dengan takoyaki karena disajikan dengan mayones, saus cabai atau tomat, rumput laut, dan katsuobushi.

 

3. Yakitori



Sumber: pergikuliner.com


Selanjutnya, ada yakitori yang tak hanya dikenal sebagai street food Jepang melainkan sebagai kuliner malam karena banyak dijumpai di malam hari. Selain itu, yakitori sering kali dijadikan sebagai camilan saat minum sake. Yakitori adalah sate khas Jepang yang dibuat dari bahan dasar daging ayam yang dipotong sekali gigit lalu ditusuk dengan tusukan bambu, kemudian dibumbui dan dibakar hingga matang. Biasanya, di sela-sela daging ayam akan diberi tambahan daun bawang untuk menambah aroma wangi dan kelezatan rasanya.

 

4. Taiyaki



Sumber: pergikuliner.com


Jika ketiga street food Jepang di atas memiliki rasa gurih, kuliner ini memiliki rasa manis sehingga sering dijadikan sebagai makanan penutup atau camilan. Taiyaki adalah kue tradisional khas Jepang yang unik karena berbentuk ikan. Di dalamnya terdapat isian pasta kacang merah yang membuat rasanya semakin lezat. Taiyaki banyak dijumpai di pedagang kaki lima pada saat musim dingin hingga musim gugur, karena kuliner ini selalu disajikan dalam keadaan masih hangat.

 

5. Dango



Sumber: chopstickchronicles.com


Street food Jepang terakhir yang juga sangat populer adalah dango. Kepopuleran dango tak lepas dari kemunculannya dalam berbagai serial animasi maupun manga. Dango adalah kue tradisional khas Jepang yang berbentuk bulat dengan warna-warni yang cerah. Beda warna, maka berbeda pula rasanya. Teksurnya kenyal karena dibuat dari campuran tepung beras dan ketan. Kuliner ini disajikan dengan cara ditusuk dengan tusukan bambu sehingga memudahkan orang untuk menyantapnya sambil jalan. Setelah ditusuk, kue dango bisa disajikan dengan siraman saus gula, bubuk kedelai, hingga biji wijen.

 

Itulah beberapa street food Jepang yang sangat populer di dunia. Dari kelima street food Jepang tersebut, manakah yang paling kamu suka? Kalau kamu ingin berburu street food Jepang yang enak, di bawah ini ada beberapa rekomendasi tempat yang bisa kamu datangi!

Koiyaki

Foto Koiyaki
Foto Koiyaki
Foto Koiyaki

Momokino

Foto Momokino
Foto Momokino
Foto Momokino

Gindaco

Foto Gindaco
Foto Gindaco
Foto Gindaco

Moo Taiyaki

Foto Moo Taiyaki
Foto Moo Taiyaki
Foto Moo Taiyaki

Irotikay

Foto Irotikay
Foto Irotikay
Foto Irotikay

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?