Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Street Food Khas Arab yang Cita Rasanya Sangat Menggugah Selera

List Artikel
13 Juli 2017 | 0 Komentar

Arab Saudi tak hanya menjadi destinasi wisata rohani umat muslim, tapi juga menjadi destinasi wisata kuliner bagi pecinta kuliner Timur Tengah. Ada banyak kuliner khas Arab yang sangat terkenal di dunia, misalnya nasi biryani, nasi kebuli, shawarma, hingga kuliner berbahan baku daging domba atau kambing. Tak hanya kuliner tersebut yang memiliki cita rasa menggugah selera, tapi juga street food khas Arab. Selain harganya yang sangat terjangkau dan aman di kantong, street food khas Arab juga memiliki porsi yang lumayan besar sehingga bisa membuat kamu kenyang. Ingin tahu ada street food khas Arab apa saja? Mari kita lihat listnya!

 

1. Yugmish



Sumber: gregetan.com


Dari segi tampilannya, banyak yang mengira kalau street food khas Arab yang satu ini memiliki cita rasa yang manis. Padahal saat kamu menggigitnya, yugmish memiliki cita rasa yang gurih asin dengan tekstur agak renyah di luar namun lembut di dalam. Yugmish merupakan roti yang diisi dengan daging cincang lalu di panggang atau di pan fry hingga matang. Yugmish banyak dijual di siang hari sebagai pengganjal rasa lapar bagi yang tak sempat makan siang.

 

2. Falafel



Sumber: wikimedia.org


Falafel menjadi salah satu street food yang paling terkenal di Arab dan juga mancanegara. Falafel termasuk dalam golongan kuliner tradisional yang bisa disantap oleh vegetarian karena terbuat dari biji faca atau buncis tanah, bawang bombay, parsley, bawang putih, tepung, dan aneka rempah lainnya. Falafel disajikan bersama dengan salad, acar, dan saus pedas.

 

3. Manakish



Sumber: maayeka.com


Manakish sering dijuluki sebagai flat bread atau pizza mini dari Arab. Yang membuat unik dari street food Arab ini adalah toppingnya yang berisi aneka rempah-rempah (za’atar) seperti oregano, biji wijen, thyme, dan sumac. Manakish yang bercita rasa asin gurih ini biasanya disajikan bersama dengan yoghurt, salad, dan daging domba muda.

 

4. Mutabbaq



Sumber: radissonblu.com


Berbicara street food khas Arab pasti tak akan lepas dari yang namanya mutabbaq atau yang lebih dikenal di Indonesia dengan nama martabak telur. Mutabbaq awalnya sangat popular di Yaman dan menjadi salah satu kuliner pembuka yang popular di kerajaan Arab Saudi. Mutabbaq terbuat dari roti tipis yang diberi isian daging cincang, tomat, bawang, telur, jalapeno, dan peterseli. Cita rasanya cenderung lebih pedas jika dibandingkan dengan martabak telur Indonesia.

 

5. Luqaimat



Sumber: pinterest.com


Terakhir ada street food bercita rasa manis yang cocok untuk dijadikan sebagai dessert. Luqaimat berbentuk bulatan lonjong yang berwarna kecoklatan dengan siraman gula caramel di atasnya. Luqaimat sering dijuluki sebagai donat khas Arab karena teksturnya yang renyah di luar namun lembut di dalam.

 

Enak-enak bukan street food khas Arab di atas. Jadi ingin makan kuliner khas Arab? Kamu bisa datang ke salah satu restoran Timur Tengah yang ada di bawah ini!

Abunawas

Foto Abunawas
Foto Abunawas
Foto Abunawas

Yalla Middle East Streetfood

Foto Yalla Middle East Streetfood
Foto Yalla Middle East Streetfood
Foto Yalla Middle East Streetfood

Oasis Shisha

Foto Oasis Shisha
Foto Oasis Shisha
Foto Oasis Shisha

Al Zein Restaurant and Cafe

Foto Al Zein Restaurant and Cafe
Foto Al Zein Restaurant and Cafe
Foto Al Zein Restaurant and Cafe

Turkuaz

Foto Turkuaz
Foto Turkuaz
Foto Turkuaz

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?