Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Street Food Khas Turki yang Nikmatnya Bikin Ngiler

List Artikel
15 Oktober 2017 | 0 Komentar

Turki merupakan negara di Timur Tengah yang sektor pariwisatanya sangat maju. Majunya pariwisata di Turki membuat kuliner-kuliner jadi lebih terkenal, terutama street food-nya. Street food di Turki kebanyakan terbuat dari bahan campuran daging dan roti sehingga rasanya cenderung asin dan gurih, contohnya saja seperti kuliner kebab khas Turki yang sangat terkenal hingga ke mancanegara, terutama di Indonesia. Tapi selain kebab ternyata masih ada lima street food lainnya yang tak kalah enaknya dengan kebab. Ingin tahu ada apa saja? Yuk, kita lihat!

 

1. Kokorec



Sumber: www.beingatouristinturkey.com


Selain kebab, kokorec menempati urutan kedua dalam daftar street food khas Turki yang menjadi favorit para warga lokal hingga turis mancanegara. Kokorec merupakan roti isi khas Turki yang terbuat dari roti yang bentuknya mirip baquet dengan isian cincangan usus domba panggang. Kokorec biasanya dijual oleh pedagang kaki lima di malam hari secara satu paket dengan segelas teh.

 

2. Kumpir


Sumber: pattayadailynews.com


Kumpir adalah olahan kentang khas Turki yang sering dijual pedagang kaki lima di siang hari sebagai menu camilan. Kumpir terbuat dari kentang yang tidak dikupas tapi sudah dicuci bersih kemudian dipanggang dengan cara dibungkus dengan alumunium foil. Setelah matang, bagian tengahnya dibelah dan diisi dengan jagung acar bit, jagung manis, wortel, jamur, sosis, lalu kemudian ditambahkan yoghurt atau mayonaise, margarin tawar, saus tomat, dan keju parut.

 

3. Durum


Sumber: turkeyforlife.com


Durum banyak dijual oleh pedagang kaki lima di siang atau malam hari karena kuliner ini sangat mudah disantap sehingga bisa kamu santap untuk menu makan siang atau dibawa pulang untuk makan malam. Durum merupakan perpaduan dari kuliner doner dan kebab. Kuliner ini terdiri dari daging sapi atau ayam yang dipanggang lalu diiris tipis-tipis kemudian dibumbui dengan rempah-rempah lalu disajikan dengan daun selada serta tomat kemudian dan dibungkus dengan roti tortila gandum.

 

4. Midye


Sumber: ggpht.com


Suka seafood? Kamu harus mencoba midye yang merupakan salah satu olahan kerang khas Turki. Ada yang unik dari kuliner seafood yang satu ini. Jika biasanya kerang di Indonesia dimasak dengan cara direbus begitu saja lalu disiram dengan aneka bumbu rempah, di Turki kerang yang sudah direbus kemudian dicampur dengan nasi dan dimasukkan lagi ke dalam cangkangnya. Midye disantap dengan perasan lemon segar, irisan cabai serta lada hitam. Street food yang satu ini lebih banyak ditemukan malam hari.

 

5. Simit


Sumber: www.turkiyenewspaper.com


Buat kamu yang ingin mencoba street food khas Turki dengan cita rasa manis gurih, kamu bisa mencoba kuliner yang stau ini. Simit merupakan roti khas Turki yang berbentuk cincin raksasa dengan ukurannya yang sangat besar. Simit sering dijuluki dengan nama Turkish Bagel karena teksturnya yang sangat garing di luar tapi kenyal dan padat di dalamnya. Roti ini memiliki warna cokelat denga semburat putih yang menyembul dari dalam bagian roti. Simit biasa dijual di troli kecil pinggir jalan saat pagi hari sebagai menu sarapan. 


Nah, ternyata bukan hanya kebab ya yang jadi street food favorit di Turki. Kebetulan, di Jakarta sudah banyak lho tempat makan bergaya khas Turki. Jadi, buat teman PergiKuliner yang ingin menyantap aneka street food khas Turki, kamu bisa datang ke tempat makan di bawah ini!

Turkuaz

Foto Turkuaz
Foto Turkuaz
Foto Turkuaz

Doner Kebab

Foto Doner Kebab

Oasis Shisha

Foto Oasis Shisha
Foto Oasis Shisha
Foto Oasis Shisha

Warung Turki

Foto Warung Turki
Foto Warung Turki
Foto Warung Turki

Kebab AB Mayestik

Foto Kebab AB Mayestik

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?