Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Street Food yang Sempat Viral di Indonesia Tahun 2017

List Artikel
4 Januari 2018 | 0 Komentar

Tahun 2017 telah berganti menjadi tahun 2018. Selama tahun 2017 tentunya ada beberapa kuliner yang sempat menjadi viral di berbagai media sosial sehingga menjadi perbincangan masyarakat Indonesia. Beberapa di antaranya ada yang berupa street food alias kuliner kaki lima yang kerap kali dianggap sebelah mata. Tapi berkat para pecinta makanan, kuliner-kuliner street food ini berhasil terkenal dan banyak diburu karena kelezatannya. Lalu apa saja street food yang sempat viral di Indonesia pada tahun 2017? Kita lihat langsung saja ya teman PergiKuliner!

 

1. Ayam Geprek Mozarella


Sumber: pergikuliner.com


Ayam geprek merupakan kuliner khas Yogyakarta yang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Serupa dengan kuliner pecel lele dan ayam yang dijual di warung tenda, ayam geprek juga merupakan kuliner kaki lima yang dijual di warung tenda. Kuliner ini awalnya hanya merupakan ayam yang digoreng lalu digeprek dan diberi sambal, tapi pada tahun 2017, ayam digoreng dengan baluran tepung krispi, lalu digeprek dan diberi sambal serta keju mozarella yang dilelehkan.

 

2. Sate Taichan


Sumber: pergikuliner.com


Masih dengan bahan utama ayam, ada sate taichan yang keberadaannya sempat menghebohkan karena sate ini tampil berbeda dari sate khas Indonesia kebanyakan. Meski sama-sama terbuat dari ayam, sate taichan memiliki warna putih pucat karena tidak diberi bumbu kacang. Sate ini hanya dibakar dengan bumbu garam saja. Setelah matang, sate taichan diberi kucuran jeruk nipis dan disantap dengan sambal yang pedas.

 

3. Seblak


Sumber: pergikuliner.com


Beralih ke kuliner khas Jawa Barat yang bernam seblak. Kuliner yang termasuk jajanan pinggir jalan ini terkenal karena citarasanya yang super pedas sehingga menantang banyak lidah untuk mencobanya sendiri. Seblak terbuat dari campuran kerupuk basah yang dimasak dengan bumbu bawang merah, bawang putih, kencur, garam, cabe rawit, serta berbagai bahan tambahan seperti ceker, bakso, telur, sosis, hingga udang.

 

4. Banana Nugget


Sumber: pergikuliner.com


Jajanan yang satu ini menjadi hits pada akhir tahun 2017. Sesuai dengan namanya, banana nugget merupakan pisang yang dipotong dan dilumuri tepung roti seperti nugget lalu digoreng hingga matang. Yang membuatnya berbeda dari pisang goreng kebanyakan adalah siraman topping-nya yang beragam, mulai dari serutan cokelat, taburan remah oreo, keju, almond, dan lain sebagainya.

 

5. Bola Ubi


Sumber: pergikuliner.com


Selain banana nugget ada bola ubi yang kini awalnya dijajakan oleh pedagang gorengan pinggir jalan. Tapi berkat inovasi yang beragam, bola ubi menjadi viral di mana-mana. Jika biasanya bola ubi hanya berwarna kekuningan saja, kini bola ubi memiliki beragam warna yang cerah, mulai dari merah muda, hijau, hingga ungu. Selain itu, bola ubi juga memiliki aneka taburan topping yang bisa menambah lezat citarasanya seperti taburan gula halus hingga cokelat.


Nah! Itu dia beberapa street food yang sempat viral di tahun 2017 kemarin. Kira-kira apa saja ya kuliner yang akan viral di tahun 2018? Tapi sebelum menjawabnya, lebih baik cobain nih street food yang viral di tahun 2017 di tempat-tempat ini!

Sate Taichan Bang Toyib

Foto Sate Taichan Bang Toyib
Foto Sate Taichan Bang Toyib

Wow Banana

Foto Wow Banana
Foto Wow Banana
Foto Wow Banana

Bobby Bola Ubi Kopong

Foto Bobby Bola Ubi Kopong
Foto Bobby Bola Ubi Kopong
Foto Bobby Bola Ubi Kopong

Ayam Geprek Mas Eko

Foto Ayam Geprek Mas Eko
Foto Ayam Geprek Mas Eko
Foto Ayam Geprek Mas Eko

Seblak Jeletet Murni

Foto Seblak Jeletet Murni
Foto Seblak Jeletet Murni
Foto Seblak Jeletet Murni

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?