Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Sup Kebanggaan Indonesia, Favoritmu yang Mana?

List Artikel
25 Mei 2017 | 0 Komentar

Sup atau sop merupakan semacam masakan berkuah dari kaldu yang sudah lama menjadi masakan sehari-hari orang Indonesia sejak 5.000 tahun yang lalu. Sup sendiri dibuat dengan cara mendidihkan bahan sambil diberikan aneka bumbu untuk menambah kelezatan rasa. Bahan yang biasanya terdapat dalam sup terdiri atas sayur, daging, atau kacang-kacangan yang direbus hingga mengeluarkan aroma sedap. Umumnya, sup terbagi menjadi dua macam yaitu sup bening dan sup kental. Selain dikenal sebagai makanan yang bisa menghangatkan tubuh, sup juga bermanfaat sebagai makanan yang mudah dicerna oleh lambung sehingga sangat dianjurkan bagi orang sakit atau tidak enak badan untuk menyantapnya. Dibalik kelezatan dan manfaatnya, Indonesia ternyata memiliki 5 jenis sup kebanggaan yang sudah mendunia lho. Ingin tahu apa nama sup tersebut? Yuk baca selengkapnya!


1. Sup Ayam



Sumber: makanajib.com


Sup ayam adalah sup yang berbahan dasar dari ayam yang dicampur dengan berbagai bahan makanan lainnya. Sup ayam tradisional terdiri dari kaldu encer yang dimasukkan bersama potongan ayam, sayuran, dan tambahan pasta. Biasanya, pasta yang ditambahkan adalah sejenis mie seperti bihun atau sohun. Sup ayam biasanya dihidangkan untuk orang yang sedang sakit flu atau bisa pula disajikan untuk santapan keluarga di rumah.


2. Sup Buntut



sumber : pergikuliner.com


Lain negara maka lain pula olahan sup buntutnya. Setidaknya ada lima negara yang memiliki sup buntut dengan versi masing-masing. Di Indonesia, sup buntut identik dengan potongan buntut sapi rebus atau bakar yang dinikmati dengan kuah rempah-rempah berisi irisan wortel, kentang, tomat, dan daun bawang. Sementara di negara-negara lain, sup buntut memiliki versi yang berbeda seperti sup buntut tradisional Korea yang rasanya sedikit hambar dan pekat dengan aroma bawang putih, sup buntut dari Cina yang lebih mirip dengan semur, lalu sup buntut asal Amerika Serikat bagian selatan, serta ada pula sup buntut kuah kental dan gurih yang populer di Britania Raya sejak abad ke 18.


3. Sup Iga



sumber : pergikuliner.com


Iga merupakan bagian dari sapi yang paling enak diolah dengan aneka bumbu rempah-rempah, salah satunya adalah olahan sup iga. Masakan ini berupa kuah bening yang berisi daging iga dan irisan sayuran seperti wortel, kembang kol, dan kacang panjang. Jika kita dapat mengolahnya dengan benar maka tekstur daging dari sup iga ini akan sangat lembut ketika dimakan.


4. Sup Kepala Ikan



Sumber: opensnap.com


Biasanya kalau kita memakan ikan, kepalanya seringkali dibiarkan atau tidak dimakan sama sekali karena memang tidak begitu nikmat untuk disantap. Namun lain halnya dengan kepala ikan yang satu ini, kamu pasti akan ngiler dan ingin segera menyantapnya dengan lahap. Masakan dari kepala ikan ini disebut sup kepala ikan yang diolah dengan kuah kental dan cukup pedas. Biasanya kepala ikan yang digunakan dalam sup kepala ikan ini adalah jenis ikan kakap, mas, atau nila.


5. Sup Brenebon



Sumber: www.goodindonesianfood.com


Brenebon adalah masakan sup kacang merah khas Manado. Awal mulanya masakan ini berasal dari pengaruh masakan Belanda yang diadopsi oleh masyarakat Indonesia bagian timur. Nama brenebon sendiri berasal dari bahasa Belanda yaitu bruine bonen yang artinya kacang merah. Dalam versi aslinya, daging yang biasa dipakai dalam sup brenebon adalah daging atau kaki babi. Karena itulah biasanya sup ini bertekstur lebih kental dan mengkilap. Sementara versi halalnya, kaldu daging atau kaki babi akan digantikan dengan kaldu sapi dan tetelan daging.


Itu dia kelima sup yang menjadi favorit dan kebanggaan orang Indonesia. Nah, kalo kamu jadi laper dan kepingin makan sup, tenang saja! PergiKuliner sudah menyiapkan rekomendasi tempat makan sup terbaik yang bisa kamu kunjungi. Yuk intip tempat makannya di bawah ini!

Sop Sapi Gosyen

Foto Sop Sapi Gosyen
Foto Sop Sapi Gosyen
Foto Sop Sapi Gosyen

Sop Ayam Pak Min Klaten

Foto Sop Ayam Pak Min Klaten

Sinar Lestari

Foto Sinar Lestari

Sop Ikan Batam

Foto Sop Ikan Batam

Sop Buntut Ibu Samino Senayan

Foto Sop Buntut Ibu Samino Senayan

Ada banyak lagi tempat makan di JABODETABEK, Bandung dan Surabaya yang menyediakan menu sup enak lho! Kalo kepo, cari tau di Pergikuliner.com dong!


Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?