Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Susu Nabati yang Cocok untuk Dikonsumsi Vegetarian

List Artikel
29 Juli 2022 | 0 Komentar

Susu menjadi salah satu minuman yang memiliki kandungan nutrisi tinggi sehingga banyak orang mengonsumsinya. Tak hanya anak-anak saja, tapi juga remaja hingga orang dewasa. Susu secara umum terbagi menjadi dua jenis tergantung dari bahan pembuatannya. Ada susu hewani dan susu nabati. Susu hewani memang lebih banyak beredar di pasaran karena punya citarasa yang lebih creamy dan punya citarasa lebih manis. Tapi bukan berarti susu nabati tidak banyak pengegmarnya. Meski tidak semanis susu hewani, tapi susu nabati dinilai lebih sehat karena memiliki kandungan lemak yang sangat rendah sehingga sering dijadikan sebagai minuman pilihan bagi orang yang sedang berdiet. Tak hanya orang yang sedang berdiet saja yang suka mengonsumsi susu nabati, tapi juga orang-orang yang menjadi vegetarian. Susu nabati bisa dibuat dari bahan kacang-kacangan, biji-bijian, hingga beras. Dari sekian banyaknya jenis susu nabati yang ada di pasaran, lima di bawah inilah yang banyak diburu dan cocok untuk dikonsumsi vegetarian, yaitu:

 

1. Susu Kedelai



Sumber: Mashed.com


Susu nabati yang cocok untuk konsumsi vegetarian adalah susu kedelai. Keberadaan susu kedelai di Indonesia sangat populer sekali dan sering dijadikan sebagai minuman pendamping saat sarapan. Susu kedelai dibuat dari bahan dasar kacang kedelai yang dihaluskan lalu diambil sari susunya. Susu kedelai memiliki kandungan nutrisi yang hampir sama persis dengan susu sapi, tapi kandungan lemaknya tidak setinggi susu sapi. Kalorinya juga lebih rendah tapi kandungan proteindan kalsiumnya sangat tinggi. Susu kedelai mengandung bernama isoflavones dan phytosterols yang dapat membantu tubuh melawan penyakit kanker dan mencegah penyakit jantung dan osteoporosis. Selain dikonsumsi begitu saja, susu kedelai juga kerap kali dipadukan dalam minuman kopi atau dijadikan campuran dalam kue.

 

2. Susu Almond



Sumber: Mashed.com


Susu almond menjadi salah susu nabatai yang banyak dikonsumsi oleh vegetarian. Susu almond terbuat dari kacang almond utuh atau mentega almond yang diolah bersama air sehingga teksturnya menyerupai susu sapi, tapi sedikit agak encer. Cita rasanya manis alami dengana aroma wangi almond yang khas. Meski kalorinya sangat rendah jika dibandingkan susu nabati lainnya, tapi manfaat dari susu almond ini sangat banyak bagi kesehatan karena punya kandungan vitamin D dan E yang sangat tinggi.

 

3. Susu Hazelnut



Sumber: Shopify.com


Susu hazelnut menjadi susu nabati yang juga terbuat dari kacang-kacangan. Susu hazelnut tak kalah populer dari susu almond. Susu nabati yang cocok untuk dikonsumsi vegetarian ini memiliki tekstur yang lebih creamy dibanding susu nabati lainnya dan kalorinya lebih tinggi. Meski demikian, dalam susu hazelnut lebih banyak kandungan seratnya sehingga bisa membuatmu kenyang lebih lama. Cita rasa dan aroma susu hazelnut ini sangat kuat sehingga kebanyakan orang suka menambahkannya dalam minuma kopi atau teh, serta kue dan cookies dibanding meminumnya begitu saja.

 

4. Susu Beras



Sumber:  Verywellfit.com


Selanjutnya ada susu beras. Kamu pasti sedikit aneh mendengarnya. Susu beras ini ternyata juga banyak dikonsumsi oleh vegetarian. Ada orang-orang vegetarian yang alergi dengan kacang-kacangan sehingga mau tak mau mereka harus mengganti susu berbahan dasar kacang-kacangan dengan susu beras. Susu beras ini bebas gluten dan punya cita rasa yang lebih manis dibanding susu yang terbuat dari kacang-kacangan. Tapi manisnya ini manis alami loh. Susu beras memiliki kandungan kalori yang sangat rendah. Teksturnya terbilang lebih encer dibanding susu nabati lainnya. Berhubung teksturnya encer, maka susu beras ini lebih sering diminum begitu saja atau dijadikan smoothie yang dicampur dengan buah-buahan.

 

5. Susu Oat



Sumber: Medcom.id


Susu nabati yang terakhir adalah susu oat. Susu oat ini adalah susu nabati yang cocok untuk dikonsumsi oleh vegetarian karena dibuat dari oat yang dicampur dengan air. Cita rasanya terbilang cukup manis dengan tekstur yang tidak terlalu kental. Kebanyakan orang minum susu oat sebagai pengganti susu sapi. Biasanya susu oat ini dikonsumsi bersama dengan sereal atau diminum begitu saja saat sarapan. Susu oat punya kalori yang juga rendah dengan kandungan serat yang lebih tinggi dibandingkan susu nabati lainnya sehingga bisa menyehatkan pencernaanmu. 

 

Itulah beberapa susu nabati yang cocok untuk dikonsumsi para vegetarian. Dari kelimanya ini, kamu bisa bergantian mengonsumsinya untuk menambah asupan protein tubuh.

 

Pinku Milk Bar

Foto Pinku Milk Bar
Foto Pinku Milk Bar
Foto Pinku Milk Bar

Xing Fu Tang

Foto Xing Fu Tang
Foto Xing Fu Tang
Foto Xing Fu Tang

Grandma Soya Milk

Foto Grandma Soya Milk
Foto Grandma Soya Milk
Foto Grandma Soya Milk

Susu Mbok Darmi

Foto Susu Mbok Darmi
Foto Susu Mbok Darmi
Foto Susu Mbok Darmi

Milk N Crumbs

Foto Milk N Crumbs
Foto Milk N Crumbs
Foto Milk N Crumbs

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?