Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Susu Non Hewani yang Cocok untuk Campuran Kopi Susu Para Vegetarian

List Artikel
26 November 2019 | 0 Komentar

Susu dikenal sebagai minuman yang sangat menyehatkan tubuh karena di dalamnya terdapat aneka protein tinggi, vitamin, mineral, kalsium, fosfor, hingga vitamin B. Susu pada umumnya memang dihasilkan dari hewan menyusui seperti sapi, kuda, kerbau, unta, dan lain sebagainya. Tapi bagaimana jika kamu seorang vegetarian? Tenang saja, ternyata tidak semua susu dihasilkan dari hewan. Ada beberapa susu yang dibuat dari kacang-kacangan dan biji-bijian alias dari tumbuhan sehingga bisa dikonsumsi oleh para vegetarian. Lantas ada susu non hewani apa saja yang punya nilai nutrisi tinggi untuk disantap sehari-hari?

 

1. Susu Kedelai



Sumber : Brilio.net


Pertama ada susu kedelai yang keberadaannya di Indonesia sudah bukan hal yang asing lagi karena kamu bisa mendapatkannya dijual di warung-warung dekat rumah dalam bentuk kemasan plastik atau botol. Susu kedelai memang dibuat dari kacang kedelai. Warnanya agak sedikit lebih butek jika dibandingkan dengan susu sapi. Tapi kandungan protein di dalamnya tidak boleh kamu ragukan lagi. Cita rasa dari susu kedelai ini creamy dan gurih sehingga selain bisa diminum langsung begitu saja juga bisa kamu jadikan campuran pada kopi. Belakangan ini kedai kopi sudah banyak yang menggunakan susu kedelai atau yang lebih dikenal dengan nama soya milk.  

 

2. Susu Almond



Sumber : Thespruceeats.com


Berikutnya ada susu almond yang merupakan susu non hewani yang dibuat dari kacang almond utuh atau mentega almond yang dicampur dengan air. Cita rasanya creamy dan ada rasa manis alaminya. Susu almond mengandung banyak protein dengan kandungan kalori dan lemak yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan susu sapi. Biasanya susu almond ini lebih banyak dijadikan sebagai campuran minuman atau dijadikan puding serta aneka olahan dessert lainnya. Tapi kamu juga bisa meminumnya begitu saja kok.

 

3. Susu Oat



Sumber : Quickanddirtytips.com


Bagi masyarakat Indonesia pastinya masih terasa asing dengan susu oat karena memang agak susah mendapatkannya di sini. Susu oat dibuat dari bahan utama oatmeal dengan air. Susu oat ini punya cita rasa yang manis dan ringan alias tidak creamy seperti dua jenis susu non hewani di atas. Berbeda dengan susu almond, susu oat ini justru punya kadar kalori tinggi sehingga cocok dikonsumsi di pagi hari. Selain itu kandungan serat dan beta glucan di dalamnya sangat tinggi sehingga bisa menurunkan kolesterol dan kadar gula darah dalam tubuh.

 

4. Susu Quinoa



Sumber : Cradlerockingmama.com


Berikutnya ada susu quinoa yang menjadi susu non hewani dengan kandungan nutrisi yang tinggi, mulai dari kandungan karbohidrat, protein, kalori dan lemak di dalamnya. Sesuai dengan namanya, susu quinoa memang dibuat dari biji quinoa. Cita rasa dari susu quinoa ini cenderung nutty dan manis dengan aroma quinoa yang kuat. Jenis susu ini lebih sering dijadikan sebagai sereal atau dicampurkan dengan bubur.

 

5. Susu Macadamia



Sumber : Pamperechef.com


Terakhir ada susu macadamia yang dibuat dari kacang macadamia. Susu ini banyak dijumpai di Australia karena memang kacang macadamia banyak dibudidayakan di sana. Susu macadamia ini sebagian besarnya terdiri dari air. Jadi peresentase air dan kacang macadamia ini adalah 7:3. Untuk cita rasanya creamy dengan tekstur yang lembut. Susu macadamia punya kandungan kalori dan karbohidrat yang rendah sehingga sering dikonsumsi orang-orang yang menderita diabetes.  

 

Itulah beberapa susu non hewani untuk vegetarian yang bisa kamu pilih. Meski dibuat dari biji-bijian dan kacang-kacangan, bukan berarti hanya orang-orang vegetarian saja yang boleh meminumnya. Jika kamu bukan vegetarian, kamu juga bisa meminumnya lho. Sekarang, nikmati dulu yuk aneka minuman dengan campuran susu yang sudah PergiKuliner rangkum di bawah ini!

Bukanagara Coffee

Foto Bukanagara Coffee
Foto Bukanagara Coffee
Foto Bukanagara Coffee

Kopi Susu Bu Lurah

Foto Kopi Susu Bu Lurah
Foto Kopi Susu Bu Lurah
Foto Kopi Susu Bu Lurah

Yatta Coffee

Foto Yatta Coffee
Foto Yatta Coffee
Foto Yatta Coffee

Kopi Soe

Foto Kopi Soe
Foto Kopi Soe
Foto Kopi Soe

Bach Vietnam's Favourite Coffee

Foto Bach Vietnam's Favourite Coffee
Foto Bach Vietnam's Favourite Coffee
Foto Bach Vietnam's Favourite Coffee

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?