Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Takjil Buah Alpukat yang Manis dan Menyegarkan

List Artikel
29 Maret 2023 | 0 Komentar

Alpukat menjadi salah satu buah yang memiliki banyak penggemarnya. Alpukat memiliki tekstur yang empuk dan lembut sehingga saat disantap, akan ada sensasi lumer di mulut yang membuat siapa saja ketagihan. Alpukat di Indonesia sangat mudah didapat dengan harga yang cukup terjangkau sehingga tak heran bila ada banyak olahan alpukat. Beberapa di antaranya adalah olahan minuman dan dessert. Buat yang bingung ingin berbuka puasa dengan apa, bagaimana kalau kamu mengecek beberapa olahan buah alpukat yang cocok untuk takjil, yaitu:

 

1. Es Teler



Sumber: pergikuliner.com


Takjil buah alpukat yang paling sering dicari adalah es teler. Es teler merupakan kuliner yang konon berasal dari Jawa Tengah. Dinamakan es teler karena memang rasanya sangat enak sehingga bisa mengakibatkan siapa saja yang menyantapnya menjadi teler. Es teler dibuat dari bahan dasar buah alpukat yang ditambahkan daging buah kelapa, potongan buah nangka, susu kental manis, santan, dan es serut. Rasa dari es teler sangat gurih dan manis sehingga cocok untuk menu berbuka puasa.

 

2. Es Campur



Sumber: bandungkita.id


Selain es teler, ada es campur yang juga dibuat dari bahan dasar buah alpukat. Sesuai dengan namanya, es campur adalah es yang memiliki banyak isian atau campuran di dalamnya. Mulai dari buah alpukat, mutiara, rumput laut, jelly, daging buah kelapa, dan masih banyak lagi. Berhubung dibuat dari banyak bahan campuran di dalamnya, maka rasanya juga menjadi sangat beragam. Mulai dari rasa manis, asam, hingga menyegarkan. Biasanya es campur akan disantap sebagai makanan penutup, tetapi kamu juga bisa menyantapnya sebagai menu takjil.

 

3. Es Oyen



Sumber: pergikuliner.com 


Selanjutnya ada es oyen yang berasal dari Bandung, Jawa Barat. Es ini sekilas mirip dengan es campur dan es teler karena sama-sama dibuat dari banyak bahan dan terdapat isian buah alpukat di dalamnya. Selain daging buah alpukat, es oyen juga dibuat dengan campuran nangka, kelapa muda, mutiara, susu kental manis, sirup merah, dan es batu. Es oyen paling sering dijumpai di pedagang kaki lima pinggir jalan karena memang dijual dengan menggunakan gerobak.

 

4. Es Cendol



Sumber: cookpad.com/DianaN_17


Selanjutnya ada es cendol yang sudah sangat populer, tidak hanya sebagai dessert tapi juga sebagai takjil. Es cendol memiliki rasa yang manis dan legit sehingga cocok untuk dijadikan sebagai menu berbuka. Es cendol dibuat dari bahan dasar tepung beras yang diberi pewarna hijau dari campuran daun suji dan daun pandan. Adonan tepung beras yang sudah diberi pewarna tersebut akan dimasak hingga matang lalu dicetak dengan cetakan khusus sehingga bentuknya panjang sekitar 3cm dengan ujung mengerucut. Setelah dicetak, cendol akan disajikan bersama dengan kuah santan, sirup gula merah, es serut, buah nangka, dan pastinya buah alpukat. Es cendol yang ditambahkan alpukat akan menjadi lebih creamy.

 

5. Alpukat Kocok



Sumber: kumparan.com


Takjil buah alpukat yang terakhir adalah alpukat kocok. Takjil ini merupakan minuman yang dibuat dari bahan dasar buah alpukat matang yang dihancurkan lalu dicampur dengan daging alpukat potong, susu kental manis, es batu, dan gula pasir. Alpukat kocok nantinya akan disajikan bersama dengan cokelat bubuk atau susu kental cokelat. Biasanya alpukat kocok menggunakan jenis alpukat mentega sehingga tekstur dan rasanya menjadi lebih creamy dan enak.

 

Itulah beberapa varian olahan alpukat yang cocok untuk dijadikan sebagai menu takjil. Dari kelimanya, manakah yang paling cocok dengan selera kamu? Nah, di bawah ini ada rekomendasi takjil buah alpukat untuk menu berbuka puasa kamu!

Es Campur Ko Acia

Foto Es Campur Ko Acia
Foto Es Campur Ko Acia
Foto Es Campur Ko Acia

Avocado Lovers

Foto Avocado Lovers
Foto Avocado Lovers
Foto Avocado Lovers

Kopi Yor

Foto Kopi Yor
Foto Kopi Yor
Foto Kopi Yor

Es Teler Sumatera Aho

Foto Es Teler Sumatera Aho
Foto Es Teler Sumatera Aho
Foto Es Teler Sumatera Aho

Kedai Kopi Kulo

Foto Kedai Kopi Kulo
Foto Kedai Kopi Kulo
Foto Kedai Kopi Kulo

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?