Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Takjil Manis Untuk Buka Puasa, Kamu Pilih yang Mana?

List Artikel
19 Mei 2019 | 0 Komentar

Bulan Ramadan merupakan bulan kebanggaan bagi seluruh umat Muslim, karena pada bulan itulah umat Muslim akan menjalankan ibadah puasa menahan lapar dan hawa nafsu selama satu bulan penuh hingga datang hari kemenangannya. Salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu oleh banyak orang adalah momen ketika adzan maghrib. Tanda bahwa waktunya berbuka puasa telah tiba. Sudah menjadi tradisi bagi umat Muslim jika berbuka puasa selalu diawali dengan makanan takjil. Berhubungan kita dianjurkan berbuka dengan yang manis, maka menghidangkan makanan takjil pun harus dengan yang manis-manis. Meski kini telah banyak pedagang dan restoran yang menjual aneka takjil, namun tak ada salahnya jika kamu mencari referensi terlebih dahulu. Biar kamu tidak kebingungan saat membelinya, yuk coba intip 5 menu takjil ini untuk buka puasa. Cita rasa manis sekaligus sensasi menyegarkan akan kamu dapatkan!


1. Es Pisang Ijo



Sumber : Pergikuliner.com


Pisang ijo adalah salah makanan khas Sulewesi Selatan yang terbuat dari bahan dasar pisang dengan adonan tepung berwarna hijau. Rasanya yang manis dan segar dengan tampilan yang menarik mata akan membuatmu bersemangat untuk berbuka puasa. Seporsi es pisang ijo ini pun cukup banyak sehingga biarpun hanya menyantap menu ini sebagai takjil juga sudah menyenyangkan lho!


2. Bubur Kampiun



Sumber : Pergikuliner.com


Bubur kampiun adalah menu sarapan khas Minangkabau yang juga bisa dijadikan santapan utama dalam menu berbuka puasa. Nama bubur ini sendiri berasal dari serapan bahasa asing yaitu champion yang berarti pemenang. Resep bubur kampiun sebenarnya tidak sulit, karena pada dasarnya hanya terdiri atas beberapa jenis bubur saja seperti bubur sumsum, bubur candil, kolak pisang, dan ketan. Jika kamu ingin menjadikannya sebagai menu takjil, kamu dapat menemukannya di beberapa pasar tradisional atau restoran padang yang ada di Jakarta.


3. Sop Buah



Sumber : Pergikuliner.com


Sop buah bukanlah minuman yang baru bagi orang Indonesia, terutama bagi mereka yang tinggal di kota-kota besar seperti Jakarta. Sop buah bukanlah minuman seperti sop, melainkan minuman berupa es yang dicampur dengan susu kental manis dan buah-buahan seperti alpukat, mangga, anggur, stroberi, melon, apel, timun suri, kelapa muda, dan lain-lain. Saat bulan Ramadhan banyak sekali penjual es sop buah dadakan yang menjajahkan dagangannya di pinggiran jalan.


4. Ketan Durian



Sumber : Cateringsemarang.com


Durian merupakan buah yang banyak digemari orang. Sebab selain harum buahnya, rasa buah durian emang enak dan membuat ketagihan. Banyaknya orang yang menyukai buah durian ini memunculkan berbagai makanan yang menggunakan durian sebagai bahan dasarnya. Salah satunya adalah makanan yang bernama ketan durian. Rasanya yang manis dan cukup mengenyangkan menjadi pilihan yang tepat jika kamu ingin menyantap makanan ini sebagai menu takjil.


5. Es teler



Sumber : Hello-pet.com


Ada sop buah, maka ada pula es teler. Minuman ini sebenarnya hampir sama dengan es sop buah. Hanya saja es teler disajikan dengan santan, susu kental manis, dan daun pandan. Isian buah-buahannya pun tidak terlalu banyak yang hanya terdiri dari alpukat, kelapa muda, cincau, dan nangka. Karena minuman ini sangat segar untuk diminum, sayang rasanya jika kamu melewati menu ini dalam daftar takjil berbuka.


Jika teman PergiKuliner ingin mencoba kelima takjil manis seperti di atas, jangan khawatir! PergiKuliner telah menyiapkan beberapa rekomendasi tempat makan dimana kamu bisa mencari takjil manis seperti es pisang ijo, sop buah dan lain sebagainya di bawah ini!

Kedai Es Pisang Ijo Pemuda

Foto Kedai Es Pisang Ijo Pemuda
Foto Kedai Es Pisang Ijo Pemuda
Foto Kedai Es Pisang Ijo Pemuda

Es Campur Ko Acia

Foto Es Campur Ko Acia
Foto Es Campur Ko Acia
Foto Es Campur Ko Acia

Es Teler Sumatera Aho

Foto Es Teler Sumatera Aho
Foto Es Teler Sumatera Aho
Foto Es Teler Sumatera Aho

Yuk cari tempat makan untuk berbuka puasa bareng keluarga atau teman di Pergikuliner.com!


Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?