Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Tanda Tubuh Kamu Kurang Minum Air Putih, Jangan Anggap Remeh!

List Artikel
15 Agustus 2020 | 0 Komentar

Indonesia adalah negara beriklim tropis sehingga hanya ada dua musim, yakni musim hujan dan kemarau. Meski ada dua musim, tapi sepertinya cuaca di Indonesia cenderung panas terus setiap harinya. Kondisi udara yang terik ini membuatmu agar selalu menjaga stok cairan tubuh dengan rutin minum air putih. Konsumsi air putih yang cukup bisa membuat fungsi organ dan anggota tubuh bisa tetap berjalan secara optimal. Tapi jika konsumsi air putih kurang, maka akibatnya tubuh bisa mengalami beragam risiko kesehatan. Konsumsi air putih yang cukup seharinya berkisar sekitar minimal 8 gelas. Terkadang kita memang lupa atau tidak terlalu memperhatikan apakah kebutuhan air putih sudah tercukupi dengan baik. Untuk mengetahuinya, ternyata ada beberapa tanda yang bisa membuktikan kalau konsumsi air putihmu kurang, yaitu:

 


Sumber: Timesofisrael.com


Sembelit

Tanda yang pertama kalau kamu kurang minum air putih adalah sembelit. Sembelit atau susah buang air besar bisa terjadi karena kekurangan minum air putih. Kenapa bisa demikian? Air putih ternyata bisa membantu untuk membawa makanan ke dalam saluran pencernaan. Jadi tak heran kalau kekurangan air putih bisa mengganggu sistem pencernaan sehingga berakibat sembelit hingga masalah pencernaan lainnya.


Sering Merasa Gerah

Selain sembelit, salah satu tanda kalau kami kekurangan air putih adalah tubuh yang sering merasa gerah. Cuaca di Indonesia memang terik sehingga kamu bisa saja merasa gerah, tapi gerah yang dimaksud di sini adalah rasa gerah yang tidak wajar seperti gerah dalam ruangan ber-AC atau gerah pada saat di tempat yang teduh. Normalnya, orang akan mengeluarkan keringat untuk menstabilkan suhu tubuh, tapi jika asupan air putih kurang, maka tubuh tidak bisa mengeluarkan keringat sehingga yang kamu rasakan hanya rasa gerah terus menerus karena suhu tubuh yang terus meningkat.


Tekanan Darah Menurun

Tahukah kamu kalau tubuh yang kekurangan air putih bisa membuat tekanan darah menurun. Tekanan darah menurun ini diakibatkan dari dehidrasi akibat penurunan volume plasma yang merupakan bagian cair dalam darah yang mengandung protein. Plasma ini bisa terbentuk dari protein yang diserap tubuh dari makanan dan untuk dapat menyerap protein ini dibutuhkan kadar air dalam tubuh yang mencukupi.


Kram Otot

Salah satu pertanda dari kurang minum air putih adalah kram otot. Hal ini sering terjadi jika kamu termasuk orang yang aktif beraktivitas maupun berolahraga sehingga mengeluarkan banyak keringat. Ketika kamu mengeluarkan keringat, maka plasma dan kadar elektrolit dalam tubuh bisa berkurang. Hal ini bisa berakibat kram otot. Tapi jika kamu minum air putih yang cukup, maka cairan dalam tubuh bisa kembali normal pada saat berkeringat sehingga plasma dan kadar elektrolit dalam tubuh bisa tetap stabil.


Mual dan Muntah

Pertanda yang terakhir adalah tanda yang bisa dikatakan merupakan risiko terburuk dari kurangnya minum air putih yakni dapat berakibat mual dan muntah. Akibat suhu tubuh yang meningkat dan tekanan darah yang terus menurun, maka efek sampingnya adalah tubuh yang merasa mual dan ingin muntah.

 

Itulah beberapa tanda-tanda kalau kamu kurang minum air putih. Jadi mulai sekarang jangan menyepelekan minum air putih ya teman kuliner. Apapun kuliner yang kamu makan, air putih tetap wajib diminum dalam jumlah yang cukup ya!

Tropicale Juice Bar

Foto Tropicale Juice Bar
Foto Tropicale Juice Bar
Foto Tropicale Juice Bar

Happy Lemon

Foto Happy Lemon
Foto Happy Lemon
Foto Happy Lemon

Tea Station

Foto Tea Station
Foto Tea Station
Foto Tea Station

Juicy Bar

Foto Juicy Bar
Foto Juicy Bar
Foto Juicy Bar

Re.Juve

Foto Re.Juve
Foto Re.Juve
Foto Re.Juve

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?